Tips dan Trik

Kenapa Tiba-Tiba Tidak Bisa Isi Pulsa Telkomsel? Berikut Alasan dan Solusinya!

Kenapa Tidak Bisa Isi Pulsa Telkomsel - Header

Gadgetren – Beberapa waktu lalu, saya sempat kebingungan karena tidak bisa mengisi pulsa untuk nomor Telkomsel yang saya gunakan sehari-hari padahal sudah mengikuti berbagai macam metodenya.

Adapun dalam hal ini, saya sudah mencoba mengisi pulsa melalui layanan e-commerce, pembelian lewat mobile banking, hingga transaksi melalui layanan dompet digital (termasuk Link Aja yang notabene milik Telkomsel sendiri).

Karena sangat mendesak, saya bahkan sampai perlu meluangkan waktu untuk mencari-cari penyebab serta cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hingga pada akhirnya saya menemukan jawaban dan solusi yang pas.

Kenapa Tidak Bisa Isi Pulsa Telkomsel?

Masuk Akhir Masa Tenggang

Waktu itu, nomor yang saya miliki memang sedang berada di akhir masa tenggang. Perubahan kebijakan Telkomsel terkait masa aktif membuat saya sedikit kagok karena perlu rajin mengisi pulsa padahal sebelumnya hanya ditetapkan berdasarkan pemakaian.

Informasi mengena masa aktif dan tenggang untungnya akan diinformasikan oleh Telkomsel melalui SMS maupun panggilan telepon. Jika tidak, kita pun bisa mengeceknya sendiri melalui aplikasi MyTelkomsel atau kode UMB *888#.

Saya sendiri baru sadar kalau nomor sudah berada di akhir masa tenggang ketika memperoleh SMS notifikasi dari pihak Telkomsel. Saya pada waktu itu langsung berusaha melakukan proses pengisian pulsa meskipun gagal saat memakai sejumlah metode favorit saya.

Beruntung saya ingat bahwa Telkomsel mempunyai opsi untuk melakukan pengisian pulsa lewat aplikasi MyTelkomsel yang mana pada akhirnya membuat saya merasa lega karena bisa berhasil digunakan.

Kamu yang mengalami masalah serupa dengan saya mungkin bisa juga mencobanya. Menu pembelian pulsa MyTelkomsel bisa ditemukan di bagian Shop dengan mengetuk tombol Top Up di bagian balance.

Pembelian pulsa melalui MyTelkomsel mendukung beberapa dompet digital seperti Link Aja, Gopay, ShopeePay, OVO, dan dana. Supaya berhasil, jangan lupa memastikan terlebih dahulu bahwa saldo dari layanan yang mau dipakai sudah cukup.

Apabila masih belum berhasil melakukan top-up pulsa, coba gunakan metode pengisian yang lain lagi. Termasuk di antaranya lewat toko yang menyediakan jasa atau bisa juga langsung ke kantor GraPARI terdekat.

Nomor Mati

Selain seperti apa yang saya alami, masalah nomor tidak bisa diisi pulsa juga dapat terjadi saat kartu SIM sudah mati atau hangus. Biasanya nomor yang mati akan ikut ditandai dengan sinyal jaringan di handphone menghilang.

Seperti apa yang kita tahu, nomor telepon seluler yang sudah mati tidak akan bisa dipakai untuk melakukan apapun. Termasuk menerima atau membuat panggilan telepon, bertukar pesan SMS, hingga mengisi ulang pulsa di dalamnya.

Agar bisa dipakai seperti semula, kita terlebih dahulu perlu mengaktifkannya kembali. Ada tiga cara yang bisa dipakai dalam hal ini mulai dari memakai Kode UMB *888*89#, lewat saluran Telkomsel E-care, atau datang langsung ke GraPARI.

Namun perlu diingat bahwa mengaktifkan nomor Telkomsel kembali dengan beberapa cara di atas hanya berlaku sebelum 60 hari setelah hangus. Jika melewatinya, maka kita perlu mencari kartu perdana baru karena kemungkinan tidak akan bisa terselamatkan.

Saluran Isi Pulsa Telkomsel Bermasalah

Jika sudah mengecek masa aktif serta memastikan bahwa nomor masih hidup tetapi belum bisa melakukan transaksi pengisian pulsa, maka ada kemungkinan saluran Telkomsel itu sendiri yang sedang bermasalah.

Kasus ini biasanya akan terjadi secara masal. Jadi kita dapat mengeceknya dengan melihat portal berita seperti Gadgetren, bertanya di forum-forum handphone di media sosial, hingga bertanya langsung ke customer service Telkomsel.

Menunggu sampai jaringan kembali normal tentu menjadi satu-satunya cara yang bisa dicoba ketika tidak bisa mengisi pulsa karena masalah ini. Sembari menunggu, kita pun bisa mencoba layanan dari operator lain atau sambungan internet dari WiFi.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar