ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan realme C51s, Cukup Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan realme C51s Header

Gadgetren – Dibanderol dengan harga Rp1.899.000, realme C51s dihadirkan untuk bersaing pada segmen entry-level di Indonesia.

Perangkat yang satu ini hadir dengan SIM Tray yang memiliki tiga slot sehingga memungkinkan dua kartu SIM dan satu microSD dapat disematkan secara bersamaan di realme C51s.

Selain realme UI berbasiskan Android 13, realme C51s juga sudah membawa dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan GPS.

Kelebihan realme C51s

1. Layar Nyaman di Mata

realme C51s sudah mengusung layar penuh 6,74 inci dengan bezel kecil dan rasio 90,3% yang membuatnya dapat menampilkan konten secara luas.

Layarnya sudah menggunakan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel) dan tingkat kecerahan 560 nits sehingga dapat menampilkan konten dengan jelas. Adapun refresh rate 90Hz mampu menampilkan gerakan transisi yang halus.

Terdapat fitur mini capsule yang dapat menampilkan kotak dinamis seperti Dynamic Island di sekitar poni waterdrop yang dapat memberikan informasi penting seperti persentase baterai, proses charging, dan langkah harian.

2. Desain Menarik

Dengan harga Rp1 jutaan, ponsel ini mempunyai desain menarik dan terasa tidak murahan. Bodi belakang perangkat ini mempunyai dua tekstur yang digabungkan untuk menciptakan proses bubuk kaca berkilauan yang unik dimana tekstur atas cemerlang yang kontras dan tekstur bawah berkilau sehingga bersatu menciptakan efek dinamis yang menonjol.

Untuk memberikan pilihan beragam, realme C51s hadir dengan dua varian warna Shiny Green yang terlihat stylish dan Mighty Black yang terlihat kalem ketika dilihat secara kasat mata.

3. Multitasking Aplikasi Lancar

Handphone yang satu ini hadir dengan komposisi chipset Unisoc T612 Octa-Core dan RAM 6 GB sehingga mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar.

Terdapat juga fitur DRE (Dynamic RAM Expansion) hingga 6 GB agar aktivitas multitasking berjalan lebih mulus. Sementara penyimpanan internal 128 GB diklaim mampu menampung 28.000 foto, 28.000 lagu, atau 450 video.

4. Kamera 50 MP

Walaupun berada di kelas entry-level, namun realme C51s sudah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama dan kamera depth. Kamera utamanya dapat menghasilkan foto dengan kualitas baik.

Sementara kombinasi kamera utama dan depth dapat menghasilkan foto bokeh yang instan. Terdapat fitur Night Mode yang memungkinkan foto malam hari lebih terang dan minim noise dibandingkan Auto Mode.

5. Baterai Tahan Lama dan 33W SUPERVOOC

Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, realme C51s diklaim mampu bertahan selama 23,7 jam untuk menjalankan aplikasi media sosial, 32,2 jam untuk panggilan telepon, atau 106,4 jam untuk memutar lagu.

Hadirnya fitur Super Power Saving Mode memungkinkan realme C51s dapat bertahan lama ketika berada di titik kritis 5% hingga 15%. Dukungan fitur 33W SUPERVOOC mampu mengisi daya dari 1% ke 50% hanya 28 menit saja.

6. Ketahanan Teruji

Perangkat yang satu ini hadir dengan sertifikasi IP54 yang membuktikannya telah tahan terhadap debu dan cipratan air. Fitur NFC (Near Field Communication) memudahkanmu untuk melakukan pembayaran digital dan pengecekan atau pengisian saldo kartu e-money.

Perangkat ini juga sudah melakukan lebih dari 320 pengujian ketat, 500.000 kali uji tombol daya, 1.000 kali uji tekanan dengan beban 25kg, 20.000 kali uji colokan USB, dan 14.000 kali uji micro drop.

Kekurangan realme C51s

1. Bagian Depan Kurang Modern

Meskipun sudah menggunakan layar yang memenuhi bagian depan, namun realme C51s masih menggunakan poni berbentuk waterdrop di bagian atasnya sehingga terlihat kurang modern dibandingkan perangkat dengan punch hole.

Bisa dibilang penggunaan punch hole akan lebih mengurangi bezel bagian atas layar dibandingkan dengan waterdrop. Selain itu, punch hole yang terlihat melayang di layar membuat bagian depan dari ponsel akan terasa lebih menarik.

2. Kamera Depan 5 MP

realme C51s menggunakan kamera depan 5 MP yang mana resolusinya terasa kurang untuk menghasilkan foto selfie di era sekarang karena ponsel lain sudah banyak yang menggunakan kamera depan 8 MP maupun 13 MP.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar