ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi Handphone

Ini 15 HP Gaming 1-2 Jutaan yang Bisa Bikin Main Jadi Lebih Asik

HP Gaming 1-2 Jutaan Header

Gadgetren – Kita memang memerlukan perangkat dengan spesifikasi yang tepat apabila ingin memperoleh pengalaman lebih menyenangkan saat bermain game di ponsel apapun judul maupun genrenya.

Spesifikasi perangkat yang digunakan soalnya akan mempengaruhi banyak hal mulai dari kelancaran, kualitas gambar, hingga fitur-fitur di dalam game. Semakin baik maka tentu bisa semakin menyenangkan saat kita menikmati permainannya.

Kabar baiknya, kita kini tidak perlu membeli perangkat mahal untuk bermain game karena sebagian ponsel kelas entri sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni. Walaupun memang kemampuannya lumayan standar dan kita pun tak boleh berharap banyak.

Kita bahkan sudah bisa menemukan ponsel untuk gaming sejak di rentang harga Rp1 juta hingga Rp2 juta. Mengacu kepada spesifikasi dapur pacunya, perangkat-perangkat tersebut sudah cukup untuk memainkan judul-judul populer seperti Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, hingga PUBG Mobile.

1. Redmi 12C

HP Gaming 1-2 Jutaan - 2

Tak hanya sekadar menjadi salah satu ponsel baru Xiaomi di Tahun 2023, Xiaomi Redmi 12C juga bisa untuk solusi bagi kita yang ingin bermain game secara lebih terjangkau. Perangkat tersebut sudah membawa MediaTek Helio G85 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz.

Meskipun termasuk produk lawas, kemampuan Helio G85 tidak boleh dipandang sebelah mata. Chipset tersebut termasuk lini keluarga MediaTek yang dirancang khusus untuk menghadirkan pengalaman bermain game lebih baik dengan penambahan teknologi seperti MediaTek HyperEngine Gaming.

Baterai Redmi 12 juga berkapasitas sebesar 5.000mAh yang mana diklaim mampu bertahan selama seharian penuh. Bahkan jika dipakai untuk bermain game, perangkat tersebut disebut-sebut sudah bisa bertahan hingga selama 13 jam penuh.

Harga dari perangkat ini terbilang cukup murah karena kita bisa meminangnya dengan dana mulai dari Rp1.299.000 di Xiaomi Official Store untuk memori 3GB + 32GB. Hanya saja saya menyarankan untuk mengambil varian yang lebih tinggi mengingat silsilahnya hanya sedikit.

2. POCO C65

HP Gaming 1-2 Jutaan - POCO C65

Turut mengandalkan MediaTek Helio G85, POCO C65 pun bisa menjadi salah satu pilihan saat kita memerlukan ponsel mumpuni untuk bermain game. Perangkat ini apalagi juga mempunyai konfigurasi memori yang besar sebagai penunjang kemampuannya.

Tersedia dengan harga mulai dari Rp1.399.000 di Xiaomi Official Store, POCO C65 mempunyai RAM minimal 6GB dan media penyimpanan 128GB. Terdapat juga opsi hingga konfigurasi 8GB dan 256GB meskipun kita perlu mengeluarkan uang lebih banyak.

Selain mempunyai jeroan yang mumpuni, POCO C65 juga dilengkapi dengan layar yang membentang hingga seluas 6,74 inci. Lebih dari cukup untuk menampilkan berbagai macam konten game yang sedang dimainkan secara lebih baik.

Pengaturan animasi yang ditawarkan oleh layar POCO C65 juga terbilang cukup tinggi. Untuk konten-konten game yang mendukung, kita dapat pun memainkannya secara mulus dengan setelan refresh rate maksimal hingga 90Hz.

Disokong dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, perangkat ini pun dapat digunakan untuk bermain game dalam durasi waktu yang lama. Bahkan dalam klaimnya mampu bertahan hingga 23 jam jika untuk menonton video daring, 31 jam untuk menelepon, atau 114 jam memutar musik.

3. Redmi 13C

 HP Gaming 1-2 Jutaan - Redmi 13C

Alternatif ponsel yang dapat dipertimbangkan selanjutnya adalah Redmi 13C. Perangkat yang turut mengandalkan chipset MediaTek Helio G85 sebagai dapur pacu ini juga mempunyai kinerja mumpuni untuk bermain game.

Bahkan jika mengacu klaim dari Pihak Xiaomi, perangkat ini dapat mengumpulkan skor hingga 290 ribu poin saat diuji dengan menggunakan aplikasi AnTuTu versi 10. Lumayan tinggi untuk sebuah ponsel yang menyasar pasar entri.

Pada perangkat ini, Xiaomi juga menyematkan dukungan memori yang terkonfigurasi lumayan tinggi. Redmi 13C tersedia dalam dua varian memori yang dapat dipilih dengan RAM 6GB atau 8GB dan media penyimpanan internal 128GB atau 256GB.

Spesifikasi layar Redmi 13C pun tak kalah menarik dari perangkat-perangkat di kelasnya. Perangkat ini soalnya juga sudah mengemas panel dengan ukuran seluas 6,74 inci yang mendukung pengaturan refresh rate hingga 90Hz.

Untuk bermain game dengan durasi waktu yang lama, layar perangkat ini pun bakalan tetap nyaman di mata. Xiaomi sudah menyematkan perlindungan terhadap paparan cahaya biru berbahaya serta bebas kedipan tersertifikasi TÜV Rheinland.

Di pasar Indonesia, perangkat kelas entri ini dapat dipinang dengan dana mulai dari Rp1.499.000 jika mengacu harga normalnya di Xiaomi Official Store. Hanya saja kita nanti sayangnya masih perlu membeli adaptor pengisi daya 18W secara terpisah jika ingin memakai dukungan tersebut karena aksesori bawaannya hanya 10W.

4. Samsung Galaxy A05

HP Gaming 1-2 Jutaan - 9

Sebagai pendatang baru di kelas entri, Samsung Galaxy A05 juga termasuk salah satu perangkat yang cukup menjanjikan untuk bermain game. Ponsel tersebut sudah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G85 sebagai salah satu peningkatannya.

Galaxy A05 di sisi lain juga sudah mengombinasikan dapur pacunya dengan konfigurasi memori berkapasitas lumayan besar. Kita dalam hal ini dapat menemukan beberapa model pilihan yang terdiri mulai dari RAM 4GB dan penyimpanan 64GB.

Samsung pun tak ketinggalan menghadirkan baterai berkapasitas besar pada perangkat ini. Dengan penyimpanan daya mencapai 5.000mAh, berbagai macam aktivitas yang kita kerjakan di mana termasuk bermain game bisa berlangsung lebih lama.

Yang sangat menarik, ponsel besutan Samsung ini pun dilengkapi dengan dukungan teknologi 25W Super Fast Charging. Kita tak perlu lagi menunggu lama saat perlu mengisi daya sampai perangkat dapat digunakan beraktivitas kembali.

Meskipun menawarkan beberapa hal yang menarik, perangkat baru ini untungnya bisa dipinang dengan harga relatif terjangkau. Varian termurah dari Galaxy A05 sudah bisa dibawa pulang dengan dana senilai Rp1.499.000 di Samsung Official Store.

5. Redmi 10C

HP Gaming 1-2 Jutaan - 4

Selanjutnya ada Xiaomi Redmi 10C. Meskipun sudah diluncurkan cukup lama, perangkat ini masih bisa menjadi alternatif menarik saat kita butuh ponsel untuk bermain game dengan nyaman tetapi enggan mengeluarkan banyak biaya.

Redmi 10C soalnya hanya dibanderol dengan harga mulai Rp1.599.000 di Xiaomi Official Store. Meskipun begitu, perangkat ini sudah mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 680 (6nm) berkecepatan hingga 2,4GHz sebagai dapur pacu.

Chipset tersebut sudah cukup untuk pemakaian kasual yang mana termasuk bermain game sebagai hiburan. Varian terendah dari Redmi 10C yang bisa dipinang sekarang apalagi juga sudah membawa RAM dengan kapasitas 4GB dan media penyimpanan internal sebesar 64GB.

Untuk pemakaian dengan durasi lama, kita pun tak perlu mengkhawatirkannya. Perangkat ini soalnya sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Terdapat juga teknologi 18W yang bisa dipakai untuk mengisi secara lebih singkat.

6. realme C33

HP Gaming 1-2 Jutaan - 5

Jika sedang mencari ponsel untuk bermain game dengan harga murah, kita juga tak boleh melewatkan realme C33 sebagai salah satu alternatif pilihan. Perangkat ini juga memuat chipset Unisoc T612 untuk menangani berbagai pengolahan data.

Spesifikasinya lumayan mirip dengan realme narzo 50i Prime. Hanya saja dengan banderol harga lebih mahal di mana mulai dari Rp1.599.000 untuk RAM berkapasitas 3GB dan media penyimpanan internal 32GB (link realme Official Store), perangkat ini mempunyai beberapa peningkatan.

Salah satu peningkatannya terdapat pada bagian kameranya. realme narzo 50i Prime membawa lensa utama yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 50MP. Artinya, perangkat ini bisa membuat foto yang tidak mudah pecah meskipun diperbesar beberapa kali.

Selain itu, perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan dukungan sensor pemindai sidik jari terintegrasi di tombol power yang memungkinkan kita membuka kunci layar secara lebih praktis dan membuat tampilan bodinya terlihat lebih menawan tanpa ornamen tambahan.

7. realme C51

HP Gaming 1-2 Jutaan - 10

Disokong juga oleh chipset Unisoc T612, realme C51 pun dapat menjadi salah opsi yang bisa dipertimbangkan saat kita memerlukan ponsel gaming dengan harga terjangkau. Tim Gadgetren pun sudah pernah menjajal ponsel ini untuk memainkan beberapa judul seperti Mobile Legends.

Perpaduan antara Unisoc T612 dengan RAM berkapasitas 4GB yang didukung fitur Dynamic RAM hingga total menjadi 8GB dapat menangani game tersebut dengan baik. Kami bahkan bisa memainkan Mobile Legends dengan lancar meski pada pengaturan grafis dan refresh rate tinggi.

Perlu diingat bahwa ponsel entri ini juga dilengkapi layar 6,74 inci dengan dukungan refresh rate hingga 90Hz. Beberapa judul game makanya bakalan bisa dimainkan dengan animasi gambar yang terlihat lebih halus menyesuaikan pengaturan tertingginya.

Dibandingkan dengan realme C33, ponsel ini sedikit lebih unggul terutama di sektor dayanya. realme C51 menemani baterai berkapasitas 5.000mAh miliknya dengan teknologi 33W SuperVOOC yang mampu mengisi hingga sekitar 50 persen hanya dalam waktu 28 menit.

Kita yang tertarik untuk meminang ponsel ini sayangnya harus mengeluarkan dana sedikit lebih banyak. Perangkat realme C51 soalnya tersedia dengan harga mulai dari Rp1.699.000 jika melihat data dari laman realme Official Store.

8. Tecno SPARK 20

HP Gaming 1-2 Jutaan - TECNO SPARK 20

Tecno SPARK 20 yang tersedia dengan banderol harga sekitar Rp1.749.000 di Tokopedia juga dapat menjadi alternatif berikutnya. Perangkat ini juga dilengkapi dengan MediaTek Helio G85 yang dipasangkan bersama RAM 8GB dan penyimpanan 128GB.

Bagian layar juga menarik karena sudah memakai desain Punch Hole sebagai tempat kamera depan. Jadi dapat menyajikan gambar yang terlihat lebih luas. Panel yang digunakan Tecno SPARK 20 sendiri sudah berukuran 6,56 inci.

Tak ketinggalan dari ponsel-ponsel entri di masa sekarang, layar perangkat satu ini juga sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz. Animasi gambar makanya bisa terlihat lebih mulus untuk menampilkan konten-konten dari game atau video yang mendukung.

Dukungan daya yang digunakan Pihak Tecno Mobile untuk perangkat ini juga sangat lumayan. Selain baterai berkapasitas 5.000mAh yang secara teknis mampu bertahan dengan durasi waktu lama, Tecno SPARK 20 pun sudah membawa dukungan pengisian 18W.

9. realme C51s

HP Gaming 1-2 Jutaan - realme C51s

Hadir sebagai penyempurnaan dari realme C51, realme C51s juga menawarkan dukungan yang baik untuk bermain game. Perangkat yang dilabeli dengan harga Rp1.799.000 ini (link Tokopedia) soalnya turut mengandalkan chipset Unisoc T612.

Chipset kelas entri tersebut dikombinasikan bersama RAM 6GB dan media penyimpanan internal sebesar 128GB. Jadi secara teknis sudah dapat digunakan untuk melakukan multitasking secara lancar dan menyimpan data yang sangat banyak.

Yang tak kalah menarik, perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian daya 33W SuperVOOC. Di dalamnya pun terdapat baterai berkapasitas 5.000mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 23,7 jam untuk menjalankan aplikasi media sosial, 32,2 jam menelepon, atau 106,4 jam memutar lagu.

Dibanderol dengan harga yang lebih mahal, realme C51s pun menawarkan tingkat keandalan pemakaian yang lebih baik. Perangkat ini soalnya sudah dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu tersertifikasi IP54.

10. Itel P55 5G

HP Gaming 1-2 Jutaan - itel P55 5G

Menggebrak pasar entri dengan teknologi jaringan 5G, Itel P55 5G tentu dapat menjadi opsi yang menarik saat kita membutuhkan ponsel bertenaga untuk bermain game. Chipset MediaTek Dimensity 6080 yang dibawanya di atas kertas bahkan berkinerja lebih tinggi ketimbang perangkat-perangkat sekelasnya.

Chipset berkecepatan hingga 2,4GHz tersebut tercatat mampu menembus skor AnTuTu versi 10 hingga lebih dari 400 ribu poin dan biasanya dipasarkan untuk harga Rp2,5 juta atau lebih tinggi. Sementara untuk kelas entri umumnya hanya berkisar 200 ribuan saja.

Bagi kamu yang belum tahu, perangkat ini dapat dibeli melalui halaman Tokopedia dengan harga normal Rp1.799.000. Kita pun masih berkesempatan untuk mendapat potongan harga hingga Rp200 ribu dan bonus tambahan selama masa promosi.

Versi 5G dari Itel P55 ini pun tersedia dengan konfigurasi RAM 6GB yang dikombinasikan bersama media penyimpanan internal sebesar 128GB. Di atas kertas, sudah cukup untuk menangani berbagai macam aktivitas di masa sekarang.

Jaringan 5G yang ditawarkan Itel P55 5G juga menjadi aspek penting saat kita memilih perangkat untuk bermain game. Di wilayah yang sudah mendukung teknologi tersebut, kita soalnya dapat mengakses layanan internet secara lebih baik.

11. Redmi 10 (2022)

HP Gaming 1-2 Jutaan - 6

Alternatif lainnya, kita dapat mempertimbangkan Xiaomi Redmi 10 (2022). Perangkat ini bahkan lebih bertenaga dari beberapa ponsel sebelumnya karena sudah mengusung dapur pacu yang dikembangkan dengan MediaTek Helio G88 (12nm) hingga 2GHz.

Dalam mengimbangi chipset menengah tersebut, Xiaomi juga menyematkan minimal RAM 4GB dan media penyimpanan internal 64GB ke dalam Redmi 10 (2022). Kita dalam hal ini pun bisa meminangnya dengan harga mulai dari Rp1.799.000 di Xiaomi Official Store.

Banderol harga yang lebih mahal ini pun cukup wajar. Selain membawa chipset yang lebih bertenaga, perangkat ini juga mempunyai layar 6,5 inci yang beresolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel). Redmi 10 (2022) pun menjanjikan animasi yang terlihat lebih halus karena mendukung refresh rate hingga 90Hz.

12. OPPO A18

HP Gaming 1-2 Jutaan - 11

OPPO A18 yang ikut meluncur dengan dapur pacu berbasis MediaTek Helio G85 juga bisa menjadi pilihan tak kalah menarik jika kita membutuhkan ponsel terjangkau di masa sekarang. Termasuk buat kita yang menjadikan bermain game sebagai hobi pengisi waktu senggang.

Bisa dibeli dengan harga Rp1.799.000 dari laman web OPPO Official Store, perangkat ini mempunyai RAM 4GB yang bisa diekspansi hingga total 8GB sebagai penunjangnya. Penyimpanannya pun mampu menampung data dengan kapasitas sampai 128GB.

Meningkat dari generasi sebelumnya, OPPO A18 pun hadir dengan layar yang mendukung refresh rate hingga 90Hz. Tampilan animasi dari konten-konten di dalam game secara teknis dapat terlihat lebih mengalir pada panelnya yang berukuran 6,56 inci.

Sama seperti kebanyakan ponsel masa kini, perangkat dari OPPO ini juga sudah dipersenjatai dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Kita maka dari itu disebut-sebut dapat memainkan game hingga selama lebih dari 7 jam ketika memakainya.

Meskipun bukan penunjang untuk bermain game, fitur tahan percikan air dan debu IP54 yang diusung oleh OPPO A18 juga dapat menjadi nilai tambah saat mempertimbangkannya. Kita bisa lebih tenang saat memakai perangkat di berbagai macam kondisi.

13. TECNO POVA Neo 3

HP Gaming 1-2 Jutaan - 12

Turut melengkapi pilihan ponsel Rp1 hingga 2 juta untuk bermain game, TECNO POVA Neo 3 juga ikut memperkenalkan diri bersama seri TECNO POVA 5. Perangkat ini hadir dengan harga paling murah di mana hanya sekitar Rp1.799.000 di Tokopedia.

TECNO Mobile secara khusus juga mempercayakan kemampuan perangkat ini kepada MediaTek Helio G85. Dikombinasikan bersama RAM 8GB yang mendukung fitur ekspansi dengan tambahan 8GB, chipset tersebut tentu sudah bisa dipakai bermain game dengan nyaman.

Terlebih lagi, ponsel ini mempunyai dukungan baterai 7.000mAh atau lebih besar daripada kebanyakan perangkat di masa sekarang. Sangat cocok untuk bermain game dengan durasi lama yang mana diklaim mampu bertahan hingga lebih dari 14 jam untuk memainkan Free Fire.

Layar TECNO POVA Neo 3 juga sangat besar, yakni membentang hingga seluas 6,78 inci jika kita mau mengukurnya. Terdapat juga dukungan refresh rate hingga 90Hz yang dapat membuat animasi gambar dalam game terlihat lebih halus sesuai pengaturan terbaiknya.

Generasi baru dari lini TECNO POVA Neo ini menariknya juga sudah dilengkapi dengan dukungan speaker ganda yang dapat membuat kita bermain game secara lebih baik. Untuk memastikan kualitasnya, TECNO Mobile apalagi juga memakai teknologi dari DTS.

14. Infinix HOT 30

HP Gaming 1-2 Jutaan - 7

Infinix HOT 30 yang baru diluncurkan pada Bulan Mei 2023 kemarin juga termasuk opsi sangat menarik jika mencari perangkat mumpuni untuk menangani berbagai macam judul game. Perangkat ini soalnya mempercayakan kemampuannya kepada MediaTek Helio G88.

Di atas kertas, chipset 12nm yang mampu dipacu hingga 2GHz tersebut mampu menjalankan game dengan lancar. Infinix HOT 30 terlebih lagi memasangkannya bersama RAM berkapasitas 8GB dan media penyimpanan internal sebesar 128GB.

Guna menunjang kebutuhan bermain game, Infinix HOT 30 pun dilengkapi dengan berbagai macam fitur khusus seperti Xarena 3.0 dan Dar-Link Engine yang dapat mengoptimalkan kinerja. Tersedia juga teknologi MemFusion yang memungkinkan kita mengekspansi RAM dengan tambahan memori virtual hingga 8GB.

Hanya saja untuk meminang perangkat ini, kita perlu menyiapkan dana sekitar Rp1.899.000 jika mengacu harga di platform Tokopedia. Infinix HOT 30 sendiri menariknya juga hadir dengan edisi khusus Free Fire yang membuatnya semakin terlihat seperti ponsel gaming.

15. POCO M5

HP Gaming 1-2 Jutaan - 8

Deretan perangkat dari lini keluarga POCO pun umumnya dapat menjadi opsi tepat saat kita sedang mencari ponsel bertenaga. Di rentang harga Rp1 hingga 2 juta, mereka mempunyai POCO M5 yang kini tersedia mulai dari Rp1.899.000 di Xiaomi Official Store.

POCO M5 sangat menarik untuk rentang harganya karena sudah dilengkapi dengan MediaTek Helio G99 (6nm) berkecepatan hingga 2,2GHz. Padahal, chipset versi upgrade dari Helio G88 ini kini umumnya masih tersedia untuk kelas Rp2 jutaan ke atas.

Tak hanya dari sisi dapur pacunya saja, POCO M5 juga terlihat menggoda karena membawa layar 6,58 inci yang mendukung resolusi Full HD+ (2408 x 1080 piksel). Perangkat ini ditambah lagi juga mendukung fitur DynamicSwitch dengan refresh rate hingga 90Hz.

Perangkat ini juga sudah mengusung baterai berkapasitas 5.000mAh yang dikombinasikan dengan teknologi 18W. Jadi bermain game bisa berlangsung lebih lama dan proses pengisian daya dapat berjalan lebih cepat jika diperlukan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar