Smartphone

realme C30s – Lebih Nyaman dan Lebih Gaya Untuk Sehari-Hari

realme C30s (1)

Bersaing di kelas harga Rp1 jutaan, realme membawa smartphone yang sangat menarik ke Tanah Air bernama realme C30s.

Bahkan smartphone yang satu ini sampai membawa slogan HP canggih sejutaan #PastiStylish yang mana jelas memperlihatkan target pasarnya.

Namun apa memang secanggih itu realme C30s? Kamu yang penasaran bisa melihat lebih jauh mengenai apa saja yang membuatnya berbeda dari smartphone lain di kelasnya.

realme C30s dari segi desain secara mengejutkan terlihat cukup premium dengan menghadirkan desain Anti-slip Micro-texture di bagian belakangnya. Guratan-guratan halus yang melintang secara vertikal membuat permukaan tidak licin sehingga terasa lebih nyaman saat digenggam. Cocok bagi para pengguna yang sering menggunakan smartphone saat sedang melakukan aktivitas lain.

realme C30s (5)

Bodinya sendiri cukup tipis dengan ketebalan 8,5mm dan memiliki bentuk yang sangat presisi mengikuti tren smartphone masa kini. Bahkan permukaannya mempunyai tekstur yang sekilas tampak seperti dari bahan metal yang tentu membuatnya terlihat menarik.

Pada bagian belakangnya pun terlihat ada satu modul kamera cukup besar yang terlihat serasi dengan desain bodinya tersebut. Tersedia dalam varian warna Stripe Blue dan Stripe Black, realme C30s tampil elegan seperti smartphone yang berada di kelas atasnya.

Hal tersebut semakin dikuatkan lewat penempatan sensor sidik jari yang dimilikinya. Kebanyakan handphone di kelas ini menyematkan sensor sidik jari di belakang atau mungkin tidak memilikinya sama sekali untuk menekan harga.

Namun berbeda pada realme C30s yang menjadi pertama dalam menempatkan sensor sidik jari di samping untuk smartphone segmen sejutaan. Dengan begitu, melakukan otentikasi biometrik bakal menjadi lebih praktis lagi dan tentunya lebih aman.

realme C30s (6)

Membuka kunci layar hingga memberikan aksen untuk pembayaran digital menjadi terasa lebih natural karena jari jempol sudah berada pada posisi yang pas sehingga tidak perlu lagi meraba-raba bagian belakang atau mengubah posisi tangan.

Sensor pun dapat mendeteksi sidik jari dengan sangat cepat dan area yang besar membuat penempatan jari jadi lebih akurat. Alhasil mengakses sensor sidik jari tidak terkendala dan tetap mudah mengingat realme C30s punya layar yang terbilang luas.

Dengan bentang mencapai 6,5 inci, layar smartphone ini tampil dengan gaya fullscreen mini-drop yang memiliki notch untuk kamera depan. Bentuknya seperti tetesan air agar bisa memberikan rasio layar-ke-bodi mencapai 88,7%.

Layar tersebut pun menyajikan gambar dalam resolusi HD+ 1600 x 720 piksel dengan tingkat kecerahan mencapai 400 nits sehingga dapat tetap terlihat jelas di bawah terik matahari sekalipun. Menikmati konten yang tampil pun jadi nyaman berkat layarnya yang terasa luas.

realme C30s (4)

Sementara itu di dalam smartphone ini terdapat dapur pacu yang ditenagai prosesor Octa Core untuk menjalankan sistem operasi realme UI Go Edition berbasis Android 12. Lalu untuk menemani prosesor tersebut, realme menghadirkan dua varian memori yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tersedia varian RAM 3GB (+3GB RAM Expansion) dengan penyimpanan 32GB serta RAM 4GB (+4GB RAM Expansion) dengan penyimpanan 64GB untuk menunjang kebutuhan aplikasi maupun multitasking masa kini.

Ketika diuji menggunakan AnTuTu V9, menariknya realme C30s meraih skor mencapai 101.309 poin yang mana cukup mengejutkan untuk smartphone di harga sejutaan. Performa yang dihadirkan sendiri sudah cukup memadai untuk berbagai kebutuhan ringan dalam aktivitas keseharian.

realme C30s Performa

Oleh karena itu tidak mengherankan kalau smartphone ini dapat menjalankan game Mobile Legends dengan tingkat pengaturan grafis pada High dan HD Mode aktif dengan cukup baik.

Sementara itu dalam hal sumber daya, baterai berkapasitas 5.000mAh dipercaya sebagai energi kehidupan dari realme C30s. Kapasitasnya sudah tergolong cukup besar, apalagi untuk kinerja komputasi yang disajikan pada smartphone di kelas ini.

Dalam pengujian menggunakan PCMark for Android dengan konfigurasi kecerahan layar di tingkat 50%, realme C30s berhasil mendapatkan skor 10 jam 48 menit. Sudah cukup seharusnya untuk menemani aktivitas di siang hari.

realme C30s Baterai

Untuk pengisian dayanya sendiri memakan waktu sekitar 2 jam 36 menit dari yang tadinya tersisa 17% menjadi kembali penuh. Dalam paket penjualan tersedia charger 10W yang dapat dihubungkan melalui port micro USB pada realme C30s.

Sebagai smartphone masa kini, realme C30s tak ketinggalan dilengkapi kamera belakang 8MP dengan fitur kecerdasan buatan dan kamera depan 5MP untuk kebutuhan selfie. Sudah cukup memadai rasanya untuk digunakan fotografi maupun video call.

Foto-Kamera-realme-C30s-7

Foto-Kamera-realme-C30s-3

Foto-Kamera-realme-C30s-6

Foto-Kamera-realme-C30s-1

Foto-Kamera-realme-C30s-2

Foto-Kamera-realme-C30s-5

Hasil foto dari baik kamera belakang maupun depan terbilang dapat terlihat dengan baik, khususnya ketika mendapatkan pencahayaan optimal. Kualitas gambarnya sesuai dengan apa yang bisa diharapkan untuk smartphone di kelas harga ini.

Tentunya ada fitur seperti Beautification yang dapat semakin mempercantik foto selfie. Namun yang cukup menarik, pada fitur Portrait tersedia pengaturan tingkat bukaan rana secara virtual.

realme C30s (2)

Di samping itu semua, realme C30s juga sudah membawa 2.4GHz Wi-Fi, Bluetooth 4.2, 3,5mm audio jack, serta slot yang mendukung untuk dipasang dua buah nano SIM ditambah sebuah microSD. Fitur-fitur yang dibawa oleh smartphone ini pastinya dapat membantu aktivitas sehari-hari jadi lebih praktis.

Secara keseluruhan realme C30s sebagai smartphone pertama yang punya sensor sidik jari di segmen sejutaan terlihat cukup memikat. Desainnya yang modern serta fitur kekinian membuat smartphone ini menawarkan nilai yang bisa dikatakan sedikit melebihi kelasnya. realme C30s bisa didapatkan dengan harga Rp1.399.000 (3GB+32GB) dan Rp1.599.000 (4GB+64GB), dan bisa dapatkan mulai 11 Februari 2023 pukul 00:00 WIB di realme.com dan berbagai platform ecommerce.

Tinggalkan Komentar