ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Berbagi Sandi WiFi di HP OPPO, Langsung Terhubung!

Ilustrasi ponsel wifi pixabay

Gadgetren – Seiring berjalannya waktu, fitur-fitur yang hadir di ponsel OPPO pun telah mengalami peningkatan untuk lebih menunjang rutinitas harian dari penggunanya.

Dalam hal akses internet, ponsel OPPO telah dilengkapi dengan fitur untuk berbagi password atau sandi WiFi ke perangkat lain. Dengan begitu, kamu yang lupa dengan sandi dari jaringan WiFi yang sudah terhubung dapat kembali mengetahuinya dengan mudah.

Selain itu, kamu juga dapat berbagi sandi WiFi kepada orang lain dengan lebih cepat berkat hadirnya fitur WiFi Share yang secara bawaan dapat diakses dengan mudah melalui Settings.

Cara Berbagi Sandi WiFi di HP OPPO

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Wi-Fi.
    Berbagi WiFi OPPO - 1
  3. Cari dan pilih jaringan WiFi yang telah tersambung dengan ponsel.
    Berbagi WiFi OPPO - 2
  4. Pada halaman About this network, pilih tombol Share berikon QR Code.
    Berbagi WiFi OPPO - 3
  5. Selanjutnya, kamu diminta memasukkan password, Pattern, PIN, atau sidik jari.
  6. Pada menu pop-up yang muncul, kamu akan diperlihatkan nama jaringan WiFi, password, dan QR Code.
  7. Kamu dapat mengetahui sandi WiFi dengan melihat bagian password.
    Berbagi WiFi OPPO - 4

Namun apabila orang lain malas untuk mengetikkan password pada jaringan WiFi yang sudah tampil, maka dapat memindai QR Code yang sudah tampil melalui aplikasi seperti Google Lens, QR Code Scanner, dan lainnya.

Setelah QR Code berhasil dipindai, maka secara otomatis perangkat lain akan langsung terhubung dengan jaringan WiFi tersebut tanpa perlu mengetikkan kata sandi terlebih dulu.

Sementara jika perangkat seperti PC, laptop, atau lainnya tidak memiliki kamera yang memadai untuk memindai QR Code, maka kamu harus memasukkan password yang sudah muncul ketika ingin memasuki jaringan WiFi yang dituju.

Perlu dicatat juga bahwa berbagi sandi ini hanya berguna bagi jaringan yang sudah terhubung sebelumnya. Apabila jaringan WiFi belum pernah dihubungkan sama sekali, maka kamu perlu memasukkan sandi seperti biasa terlebih dahulu di ponsel OPPO.

Biasanya untuk jaringan WiFi di area publik terkadang sudah disediakan nama SSID mana beserta password yang bisa digunakan untuk mendapatkan akses internet yang mana kemudian bisa kamu bagikan setelah terhubung.

Perlu diketahui bahwa kamu harus berhati-hati ketika menggunakan jaringan WiFi publik yang baru dikenal karena sifatnya yang terbuka. Jangan pernah melakukan transaksi pembayaran menggunakan jaringan WiFi di area publik untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar