ASUS TUF Gaming F15
Berita Tekno

Hati-Hati Penipuan Pinjaman Catut Nama Bank BNI di TikTok

Hati-Hati Penipuan Pinjaman Catut Nama Bank BNI di TikTok

Gadgetren – Belakangan ini beredar kembali penipuan di dunia digital yakni pada platform TikTok yang ramai melalui postingan menawarkan pinjaman uang dengan mencatut Bank BNI. Postingan tersebut dibuat oleh akun yang mengatasnamakan Bank BNI dengan nama akun @pinjaman.bankbni pada platform TikTok.

Informasi tersebut pun telah dikonfirmasi oleh situs tunrbackhoax.id sebagai konten Hoaks atau adanya indikasi penipuan pinjaman yang juga dilansir pula oleh situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada postingannya melalui kategori publikasi hoaks.

Akun yang mencatut Bank BNI ini memiliki pengikut yang sudah terbilang banyak hingga 9084 pengikut. Bahkan akun tersebut menuliskan pada kolom deskripsi bio dengan kata-kata silahkan hubungi WhatsApp BNI 083867617878. Menurut situs turnbackhoax.id, akun tersebut bukanlah akun resmi milik BNI karena nama akun Tiktok BNI yang asli bernama @bni46.

Menurut pantauan tim Gadgetren pada halaman profil @bni46 dengan ceklis biru resmi justru tidak ada sama sekali ditemukan video mengenai pinjaman dengan menghubungi nomor WhatsApp apapun.

Ketika mencoba mencari akun @pinjaman.bankbni kembali di TikTok, akun tersebut sudah hilang dan kemungkinan diblokir oleh pihak TikTok. Namun akun serupa kini banyak beredar dengan menggunakan nama akun yang sama mulai dari @pinjaman.bank.bni3, @pinjaman.bank.bni.9, @pinjaman_bank_bni0, @pinjamanbankbni7, dan masih banyak lagi.

Pada salah satu akun membuat postingan bahwa menawarkan pinjaman tanpa agunan (KTA) yang memungkinkan pengguna bisa pinjam uang tanpa jaminan di Bank dan mencoba berusaha menarik pelanggan dengan jargon pinjaman tanpa syarat.

Hal ini pun membuat banyak terpancing pengguna TikTok untuk berkomentar dan membagikan video tersebut sehingga baik nasabah BNI maupun yang bukan harus berhati-hati karena tidak resmi.

 pinjaman-bni-hoaks-1.

Pihak BNI juga telah membuat himbauan kepada konsumen melalui akun Twitter agar nasabah dapat berhati-hati mengontak akun yang menyebut nama BNI menggunakan tawaran pinjaman.

Akun BNI dengan centang verified merupakan akun resmi sedangkan yang tidak adalah bukanlah akun resmi sehingga nasabah dan masyarakat harus waspada dengan info pinjaman online di TikTok dan dapat memastikan setiap informasi resmi BNI dari akun resmi bercentang verified pada setiap media sosial yang terletak di sebelah nama akun dan bukan sebelah photo profile yang digunakan pada kebanyakan akun penipuan.

Selain itu BNI juga tidak pernah meminta OTP, PIN, Exp Date, CVC, User ID dan password e-Banking untuk alasan apapun.
Adapun WhatsApp resmi BNI 0811-588-1946 dan 0811-861-1946 dengan centang hijau dibagian profile dan BNI Call 1500046 tanpa atribut apapun.

Sebelumnya penipuan digital atau kejahatan cyber yang mencatut nama BNI juga telah terjadi melalui broadcast WhatsApp yang menginformasikan perubahan tarif layanan transfer Bank BNI ke Bank lain. Broadcast tersebut mencoba membujuk penerima untuk membuka link situs blog yang tidak resmi dan memungkinkan nasabah bisa ditipu dengan modus penarikan sejumlah uang.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar