Aplikasi Berita

Hati-Hati, SMS Berhadiah Jutaan Rupiah Catut Nama TikTok Tengah Bersebaran!

TikTok Handphone Feature

Gadgetren – Sejak awal bulan November 2021, marak bermunculan SMS berhadiah puluhan juta yang mencatut nama platform penyedia video singkat TikTok di Indonesia.

Hal ini berdasarkan pantauan tim Gadgetren melalui kabar dari beberapa pengguna aktif TikTok yang mengirimkan kebenarannya lewat WhatsApp. Dalam SMS tersebut disebutkan bahwa penerima mendapatkan hadiah uang hingga Rp 45 juta.

Yuni seorang asisten rumah tangga yang mengaku sebagai pengguna aktif TikTok menjadi salah satu yang menerima pesan teks tersebut lewat SMS. Ia pun kemudian coba meneruskannya ke nomor pribadi yang tercantum pada SMS lewat WhatsApp.

Setelah mengirim pesan dengan bukti SMS berhadiah Rp 10 juta, Yuni kemudian mendapatkan keterangan lebih lanjut dari oknum yang memberikan syarat biaya validasi dan pengurusan hadiah.

Dalam balasannya, Yuni harus membayar senilai Rp 300.000 jika ingin proses hadiah diselesaikan dan diterima setelahnya dalam waktu 10-20 menit. Merasa ragu, Yuni kemudian menanyakan kebenarannya kepada tim Gadgetren untuk memastikan apakah benar atau tidak.

Selain Yuni, seorang tukang bangunan bernama Dede juga mendapatkan SMS serupa yang turut mengatasnamakan TikTok. Bedanya kali ini menawarkan nominal hadiah mencapai Rp 45 juta. Untuk mengetahui kebenaran SMS hadiah puluhan juta rupiah yang mencatut nama TikTok ini, tim Gadgetren pun coba mengonfirmasi langsung kepada TikTok.

SMS-Berhadiah-Jutaan-Catut-Nama-TikTok-1.

Lebih jauh, TikTok menegaskan bahwa pesan teks tersebut adalah penipuan dan bukan pesan resmi dari pihak TikTok. “TikTok tidak pernah menggunakan nomor pribadi atau layanan email pihak ketiga lainnya untuk memberikan dan/atau menawarkan hadiah kepada pengguna,” ujar perwakilan dari TikTok.

Demi mencegah tindakan yang tidak diinginkan, pihak TikTok pun menyarankan agar pengguna dapat lebih waspada dan berhati-hati terhadap pesan, situs web, atau saluran komunikasi lainnya yang mencurigakan dengan mencantumkan nama maupun logo TikTok.

Sejalan dengan hal itu, TikTok pun hanya memiliki satu email dan situs web resmi, yakni tiktok.com. Apabila kamu menemukan SMS berhadiah puluhan juta dengan mencatut nama TikTok maupun lewat situs web mencurigakan, TikTok menyebutkan agar segera melaporkan kepada pihak TikTok.

SMS-Hadiah-Catut-TikTok

Kamu bisa langsung berkirim pesan melalui email [email protected] untuk melaporkannya. Sementara untuk informasi terkait TikTok LIVE, gifts, and wallet bisa kamu akses dan lihat lewat https://support.tiktok.com/en.

Masih rendahnya literasi keamanan digital membuat pesan teks lewat SMS, WhatsApp, maupun situs web menjadi sarana bagi para oknum melancarkan tindakan penipuan. Dengan begitu sasaran empuknya pun merupakan kalangan masyarakat tertentu yang minim pengetahuan teknologi sehingga perlu adanya edukasi di sekitar lingkungannya maupun dari pihak TikTok.

Tinggalkan Komentar