Aplikasi Berita

Hati-Hati, Ada Broadcast iMessage Mencatut TikTok yang Rentan Penipuan

TikTok Feature Landscape

Gadgetren – Kabar penipuan melalui media sosial semakin hari kian marak beredar. Salah satunya penipuan yang mencatut platform video singkat TikTok yang belakangan ini dirasakan oleh beberapa penggunanya.

Sebelumnya dalam laporan tim Gadgetren, pengguna aktif TikTok telah menerima SMS yang menyebarkan undian hadiah 10 jutaan rupiah dari platform TikTok. Setelah ditelusuri oleh pengguna yang meneruskan SMS tersebut melalui WhatsApp ternyata pihaknya harus mengeluarkan uang sebesar Rp300.000 sebagai validasi pengurusan biaya.

Kini penipuan yang mencatut nama platform video singkat TikTok kembali muncul namun kali ini berupa iming-iming bekerja secara online untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang diterima melalui iMessage pada perangkat iPhone.

iMessage merupakan aplikasi pesan berupa teks, foto, atau video yang dikirim ke iPhone, iPad, iPod touch, atau Mac lainnya melalui Wi-Fi atau jaringan data seluler. Adapun isi pesan penipuan tersebut kurang lebih berisi mengajak penerima pesan untuk bekerja dengan TikTok secara online dan akan mendapatkan penghasilan tambahan sebesar 600 rupiah per hari.

Dalam pesan iMessage juga mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi. Nomor kontak yang tertera pada pesan tersebut adalah nomor biasa. Hal ini sudah dipastikan bahwa pesan tersebut adalah berisi penipuan karena nomor asli biasanya memiliki angka khusus.

SMS-Catut-TikTok-Penghasilan-Tambahan

Mengenai penipuan iMessage ini, tim Gadgetren pun mencoba untuk mengonfirmasi kepada TikTok Indonesia. Namun pihak TikTok sendiri belum merespon terkait pesan tawaran penghasilan tambahan yang mencatut namanya.

Seperti yang sebelumnya diinfokan oleh TikTok kepada tim Gadgetren, untuk berkomunikasi kepada pengguna maupun masyarakat TikTok tidak pernah menggunakan nomor pribadi atau layanan email pihak ketiga lainnya.

TikTok juga sudah mengingatkan bahwa pengguna harus berhati-hati terhadap pesan, situs web, atau saluran komunikasi lainnya yang mencurigakan dengan mencantumkan nama maupun logo TikTok. TikTok sendiri hanya mempunyai satu email dan situs web resmi yaitu tiktok.com.

Bagi pengguna yang menemukan pesan penipuan serupa baik lewat SMS atau aplikasi pesan lainnya maka bisa melaporkan kepada pihak TikTok. Caranya bisa dengan mengirim pesan melalui email feedback@tiktok.com untuk melaporkannya.

Tinggalkan Komentar