ASUS TUF Gaming FX507
Tekno

Mengenal Apa Itu Local Dimming Pada Layar yang Penting Untuk Konten HDR

Apa Itu Local Dimming Layar - Header

Gadgetren – Banyak perusahaan televisi dan laptop yang kini mulai mengadopsi teknologi mini LED ke dalam perangkat-perangkat buatannya untuk menghadirkan pengalaman menonton lebih baik.

Teknologi anyar tersebut salah satunya mempunyai dukungan local dimming yang lebih baik dari sejumlah pendahulunya. Jadi secara sederhana layar perangkat nantinya diharapkan dapat menghasilkan tayangan yang lebih memesona.

Dukungan local dimming sendiri memang sangat penting saat kita memilih perangkat dengan layar seperti televisi, monitor, hingga laptop sebelum membelinya. Aspek ini soalnya akan sangat mempengaruhi rasio kontras dalam menayangkan sebuah konten.

Apa Itu Local Dimming Pada Layar?

Bagi kamu yang belum tahu, local dimming adalah sebuah istilah yang mengacu kepada teknologi untuk meredupkan bagian tertentu pada sebuah panel LED LCD supaya bisa terlihat lebih gelap sekaligus membuat sisi terang tetap berwarna.

Sudah bukan rahasia lagi, panel LCD memang tidak mempunyai rasio kontras yang lebih baik daripada OLED (Organic Light Emitting Diode) maupun plasma. Local dimming pun menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan hal tersebut.

Teknologi ini memungkinkan sebuah layar mempunyai rasio kontras lebih tinggi dengan memanfaatkan sejumlah LED yang ditanamkan di beberapa sisi sebagai pengganti sumber pencahayaan. Jadi nanti bisa dinyalakan atau dimatikan secara lokal untuk menghasilkan bagian gelap yang benar-benar hitam sesuai konten yang ditayangkan.

Local dimming pun akan sangat diperlukan saat kita memutar tayangan dengan dukungan gambar HDR (High Dynamic Range). Teknologi inilah yang nantinya akan membuat sorotan-sorotan cahaya di dalam konten terlihat secara lebih intensif.

Sayangnya sampai pada saat artikel ini diterbitkan, local dimming masih diadopsi secara terbatas untuk perangkat-perangkat kelas atas. Kemampuannya pun bisa berbeda-beda di mana sejumlah tipe bisa menghasilkan rasio kontras lebih baik dari pada lainnya.

Jenis Local Dimming

Jenis local dimming sendiri digolongkan berdasarkan tata letak dan penempatan LED sebagai pencahayaan di dalam panel layar berkaitan. Adapun di antaranya meliputi full-array, back-lit, dan edge-lit.

Full-array merujuk kepada penempatan ratusan LED pencahayaan yang menyebar secara tertata di seluruh layar LCD. Masing-masing nantinya akan menangani produksi gelap terang untuk sebuah bagian khusus yang disebut dengan zona local dimming.

Mirip seperti full-array, back-lit juga menggunakan banyak LED pencahayaan yang disusun rapi menyebar di seluruh bagian layar. Hanya saja jumlah memang lebih sedikit sehingga zona local dimming-nya pun tidak seberapa. Bahkan biasanya kurang dari 12 zona.

Sementara edge-lit mengacu pada pemakaian LED pencahayaan yang hanya ditempatkan sisi-sisi samping layar. Meskipun dapat digunakan untuk menghasilkan panel dengan ukuran lebih ramping, kemampuan untuk meredupkan bagian tertentu secara lokal kalah jika dibandingkan beberapa teknologi sebelumnya.

Semakin banyak jumlah zonal local dimming yang bisa dikontrol maka rasio kontras pada sebuah layar akan semakin baik. Hal inilah yang memicu kelahiran teknologi Mini LED yang memanfaatkan ribuan LED berukuran sangat kecil untuk menghasilkan lebih banyak zona.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar