ASUS TUF Gaming FX507
Tekno

MediaTek Helio G99 Ultimate Setara dengan Apa? Ini Jawabannya!

Helio G99 Ultimate Setara Dengan - Header

Gadgetren – Meskipun cukup lawas karena sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 2022, MediaTek Helio G99 masih banyak digunakan oleh manufaktur dalam mengembangkan perangkatnya hingga sekarang.

Namun dalam pemakaiannya, tipe chipset yang digunakan memang bukan selalu versi standar. Beberapa merek seperti Infinix dan itel di antaranya menggunakan MediaTek Helio G99 Ultimate untuk memberikan pengalaman yang lebih baik.

Pertanyaannya, bagaimana kinerja yang ditawarkan oleh chipset menengah versi Ultimate tersebut? Apakah kemampuannya lebih unggul dibandingkan dengan Helio G99 versi standar?

MediaTek Helio G99 Ultimate Setara dengan Apa?

Pada saat artikel diterbitkan, Helio G99 Ultimate setidaknya sudah digunakan pada lini Infinix Note 40 dan itel RS4. Kita pun dapat melihat kemampuan chipset tersebut dengan melirik hasil uji coba benchmark dari keduanya.

Mengacu data hasil benchmark yang dilakukan oleh halaman NanoReview, Infinix Note 40 dalam hal ini berhasil mengemas skor hingga 417.485 saat diuji dengan aplikasi AnTuTu versi 10. Sementara itel RS4 dalam saluran YouTube TeknoLoGue mencatatkan angka 411.840.

Perolehan skor dari Helio G99 Ultimate terlihat masih cukup setara dengan versi standarnya sehingga tidak terpaut terlalu jauh. Dalam uji coba pemakaian yang pernah Tim Gadgetren lakukan, ponsel dengan chipset Helio G99 umumnya mengemas skor AnTuTu versi 10 di kisaran angka 410 ribuan.

Karena mempunyai skor serupa, kemampuan Helio G99 Ultimate bisa dikatakan serupa dengan versi standarnya. Ini mengartikan bahwa chipset tersebut juga setara dengan sejumlah chipset yang mempunyai kinerja sekuat Helio G99.

Adapun dalam hal ini termasuk di antaranya meliputi Qualcomm Snapdragon 695, Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2, Qualcomm Snapdragon 720G, MediaTek Dimensity 700, MediaTek Dimensity 810, maupun MediaTek Dimensity 6080.

Spesifikasi yang diusung oleh Helio G99 Ultimate memang tidak banyak berubah dari versi standar. Chipset tersebut juga masih mengandalkan basis inti berarsitektur ARM Cortex-A76 dan Cortex-A55 berkecepatan 2,2GHz, pemroses grafis ARM Mali-G57 MC2, maupun manufaktur 6nm.

Berdasarkan informasi yang kami terima dari Pihak Infinix, perbedaan utama dari Helio G99 Ultimate dengan standar terletak pada optimalisasi di sisi peranti lunaknya. Chipset tersebut disebut-sebut mempunyai kemampuan AI atau kecerdasan buatan yang ditingkatkan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar