ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menggunakan Fitur Snap Cards di HP realme Untuk Duplikasi Kartu

Cara Menggunakan Fitur Snap Cards di HP realme Header

Gadgetren – Pada beberapa ponsel realme masa kini telah dibekali dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengguna dapat mengecek atau mengisi saldo kartu e-money, menduplikasi kartu akses, hingga membayar transaksi digital.

Untuk menduplikasi kartu akses seperti apartemen maupun kantor, kamu dapat menggunakan fitur Snap Cards yang tersedia secara bawaan pada ponsel realme yang sudah resmi dijual di Indonesia.

Namun sebagai catatan, Snap Cards hanya tersedia pada ponsel realme dengan dukungan NFC dan hanya untuk kartu akses dengan keamanan yang diizinkan saja yang dapat diduplikasi secara mudah sehingga tidak semua kartu bisa.

Cara Menggunakan Fitur Snap Cards realme

  1. Buka kunci layar ponsel realme.
  2. Akses aplikasi Settings.
  3. Pilih menu Snap Cards.
    realme - Snap Cards - 1
  4. Pada halaman Snap Cards, pilih tombol + Access Card.
    realme - Snap Cards - 2
  5. Apabila NFC belum aktif, tekan tombol Turn on every time pada menu pop-up aktivasi NFC.
  6. Selanjutnya, tempelkan kartu akses tepat di belakang ponsel dekat sensor NFC berada.
    realme - Snap Cards - 3
  7. Proses Copying card akan berjalan.
  8. Lalu pilih Card Face, tentukan Card name, dan tekan tombol Next.
  9. Apabila berhasil, maka kartu kamu akan muncul di halaman Snap Cards.

Dengan tersimpannya kartu akses kamu di fitur Snap Cards, kamu jadi bisa membuka pintu apartemen, kantor, dan lainnya dengan menggunakan ponsel. Namun kartu akan sulit diduplikasi oleh perangkat realme jika memiliki keamanan tingkat tinggi.

Misalnya saja kartu terenkripsi seperti e-money maupun kartu hotel terkadang akan mengalami kendala saat menggunakan Snap Cards karena keamanannya yang tingkat tinggi sehingga tidak mampu diduplikasi.

Menariknya lagi, fitur Snap Cards bisa diaktifkan secara cepat diakses dengan menekan dua kali tombol power untuk menampilkan kartu yang sudah digandakan dengan cepat dan kamu hanya perlu mengarahkannya ke pembaca kartu di pintu saja.

Meskipun fitur Snap Cards praktis dan membantu, namun sebaiknya kamu gunakan bijak dan tidak berniat jahat kepada orang lain. Bisa dibilang memang Snap Cards sudah menjadi fitur kekinian yang mulai banyak digunakan sehingga realme melihat hal ini dan langsung menghadirkannya pada beragam ponsel realme dengan NFC.

Selain itu, kamu harus berhati-hati agar ponsel tidak hilang ketika sudah berhasil menduplikasi kartu karena bisa disalahgunakan oleh orang jahat yang berniat buruk, seperti membobol rumah.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar