ASUS TUF Gaming FX507
Laptop / PC

MSI Prestige 13 AI Evo, Laptop Ringkas dan Ringan Idaman Pekerja Digital

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Bagi para pekerja yang sering bepergian, laptop ringan dan ringkas tapi bertenaga untuk berbagai pekerjaan bisa jadi sebuah kebutuhan utama. Nah sekarang tidak perlu pusing mencari laptop yang cocok untuk itu karena ada MSI Prestige 13 AI Evo A1M.

Laptop terbaru dari MSI ini mengusung prosesor teranyar Intel® Core™ Ultra 7 155H yang telah tersertifikasi Intel® Evo™ Edition. Dan sesuai namanya, prosesor tersebut memiliki NPU terintegrasi untuk mendukung fitur-fitur AI yang saat ini semakin canggih.

Seperti apa kelebihan dan kekurangan dari Prestige 13 AI Evo ini? Simak artikel hasil uji coba tim Gadgetren berikut ini.

Desain

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Prestige 13 AI Evo menggunakan sasis bermaterial Magnesium Aluminium Alloy yang terasa kokoh dan sekaligus memberikan kesan premium. Desain yang elegan membuat laptop ini dapat berbaur dengan baik di lingkungan kerja.

Bobot laptop ini hanya 0,99 kg saja sehingga membuatnya sangat mudah dibawa kemana-mana. Mau itu ditenteng di tangan, di tas selempang, ataupun di ransel, laptop ini tidak akan terasa begitu memberatkan. Selain itu Prestige 13 AI Evo pun sangat ramping dengan ketebalan hanya 16,9mm.

Untuk menunjang aktivitas sehari-hari, MSI menyematkan beragam port pada laptop ini yang mencakup 2x Thunderbolt 4 USB Type-C (mendukung DisplayPort dan Power Delivery), HDMI 2.1, dan headphone jack di sisi kiri. Sedangkan di sisi kanan laptop terdapat sebuah USB 3.2 Gen1 Type-A, pembaca kartu microSD, dan Kensington Lock.

Laptop ini juga telah lolos uji ketahanan standar militer MIL-STD-810H sehingga mampu digunakan di berbagai kondisi yang ekstrim seperti area bertekanan rendah hingga temperatur tinggi.

Keyboard dan Touchpad

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Walaupun Prestige 13 AI Evo berukuran ringkas, keyboard yang disediakan tergolong lengkap dan menariknya untuk tombol Power memiliki fungsi tambahan sebagai pemindai sidik jari untuk mempermudah proses otentikasi.

Ukuran tiap tombol keyboard terasa pas di jari dan feedback yang dihasilkan ketika memencet tombol tersebut terasa memuaskan. Hanya saja untuk tombol navigasi ukurannya agak sedikit kekecilan dan berdempetan dengan tombol Page Up dan Page Down.

Guna membantu proses pengetikan ketika berada di area yang gelap, terdapat fitur backlit pada keyboard laptop ini yang dapat mengiluminasikan tiap tombol dengan cahaya putih yang bisa disetel di beberapa tingkat kecerahan.

Pada jejeran tombol Function, terdapat beberapa fungsi menarik seperti F7 yang bisa untuk mengganti mode performa laptop dengan cepat dan F12 untuk memutar balikkan konten layar.

Touchpad pada laptop ini memiliki fungsi standar layaknya laptop pada umumnya. Namun begitu touchpadnya dapat melakukan tugasnya dengan sangat baik berkat permukaan yang lembut sehingga jari bisa mudah berselancar di atasnya. Begitu juga dengan proses memencet touchpad terasa taktil.

Layar

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Keunggulan lain dari MSI Prestige 13 AI ini terletak pada layarnya yang menggunakan panel OLED 13.3” bersolusi QHD+ (2880×1800 piksel).

Oleh karenanya, layar laptop ini mampu menghasilkan tampilan yang sangat tajam dan juga kaya akan warna dengan 100% DCI-P3. Kecerahan layarnya pun cukup tinggi dan dapat dengan mudah digunakan di luar ruangan tanpa kendala.

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Rasio layar laptop ini mengadopsi Golden Ratio Display 16:10 yang membuat tampilan layarnya terlihat lebih luas dan nyaman dibanding layar konvensional. Manfaat ini sangat terasa ketika sedang mengedit dokumen seperti Excel di mana bisa lebih banyak data yang terlihat tanpa perlu scrolling.

Layar ini juga bisa dibuka hingga 180 derajat sehingga membuatnya menjadi sejajar dengan keyboard. Dikombinasikan dengan fitur rotasi tampilan layar membuatnya bisa digunakan untuk memperlihatkan konten misal presentasi meeting ke lawan bicara dengan mudah tanpa perlu memutar laptop.

Webcam dan Audio

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Pada bagian atas layar laptop ini terdapat bezel yang terlihat lebih lebar dibanding sisi lainnya. Ini bukan tanpa alasan karena MSI menyematkan komponen tambahan pada area tersebut seperti webcam dan juga beragam sensor yang salah satunya berfungsi untuk memindai wajah kita untuk otentikasi.

Jadi laptop ini tidak hanya punya 1 fitur otentikasi, melainkan 2 yakni pemindaian sidik jari dan pemindaian wajah. Webcamnya dapat ditutup dengan shutter manual sehingga bagi yang mementingkan privasi mungkin akan senang dengan fitur ini yang lebih aman dibanding menonaktifkan webcam secara elektronik.

Hasil rekaman webcamnya pun sangat tajam karena mendukung resolusi hingga 1920 x 1080 piksel. Ketika digunakan untuk meeting virtual, lawan bicara saya bisa melihat wajah saya dengan sangat jelas.

Ini ditambah dengan kualitas perekaman suara dari mikrofon dalam laptop yang tak kalah mumpuni. Canggihnya, terdapat fitur noise cancelling berteknologi AI untuk meredam suara yang tidak diinginkan.

Untuk mengeluarkan audio, terdapat speaker stereo dengan lubang terletak di bagian bawah laptop. Kualitas keluaran audio akan lebih optimal jika laptop diletakkan di atas permukaan keras. Jika diletakkan di permukaan yang lembut seperti kasur, suara menjadi sedikit teredam.

Software dan Fitur

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

MSI Prestige 13 AI Evo sudah menggunakan sistem operasi Windows 11 Home yang dilengkapi dengan fitur privasi Tobii Aware. Dengan fitur tersebut, laptopnya bisa dengan cerdas mengaburkan konten pada layar ketika kita sedang tidak melihat layar atau bahkan ketika ada orang lain yang melihat layar kita.

Fitur ini akan sangat bermanfaat buat yang sering mengedit dokumen yang butuh privasi tinggi misalnya keuangan dan perbankan apalagi jika digunakan di area terbuka seperti kafe atau kantor konsep open space. Efek sampingnya, selama fitur ini aktif maka lampu notifikasi webcam akan terus menyala yang mungkin akan mengganggu bagi sebagian orang.

Aplikasi Tobii Experience kini mendukung fitur untuk streaming seperti misalnya video akan diganti dengan gambar yang telah diset ketika kita menjauhi laptop untuk sementara. Rekaman video webcam pun bisa diatur untuk mengikuti arah kepala sehingga wajah kita akan tetap menjadi fokus utama.

Untuk mengatur berbagai macam fungsi yang ada dalam laptop, terdapat aplikasi MSI Center yang bisa digunakan. Dari sini kita bisa mengatur mode performa laptop, mengatur fitur AI Noise Cancellation Pro untuk speaker dan mikrofon, hingga memonitor hardware laptop.

Sebagai laptop yang ditargetkan untuk produktivitas, MSI juga telah memberikan lisensi Microsoft Office Home and Student 2021 gratis sehingga kita bisa menggunakan laptop ini untuk melakukan berbagai pekerjaan tanpa perlu membeli software tambahan.

Performa

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Prestige 13 AI Evo menggunakan prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru untuk dapur pacunya yang dikombinasikan dengan prosesor grafis Intel® Arc Graphics, RAM LPDDR5 32GB, dan penyimpanan internal NVMe PCIe Gen4x4 SSD 1TB.

Prosesor ini memiliki AI NPU khusus yang bisa mengoptimalkan fitur kecerdasan buatan seperti Microsoft Copilot dan Stable Diffusion yang belakangan ini semakin populer.

Selama pengujian tim Gadgetren untuk aktivitas kerja sehari-hari, performa laptop ini sangat lancar tanpa ada kendala. Semua pekerjaan bisa dilakukan dengan baik oleh laptop ini baik itu multitasking aplikasi, membuka banyak tab di browser Chrome, hingga mendesain grafis.

Hasil Benchmark

  • PCMark 10: 7.892
  • Cinebench R23: 1.712 (single core), 10.252 (multi-core)
  • 3DMark Time Spy: 3.565 (skor grafis: 3.283, skor CPU: 6.947)
  • 3DMark Fire Strike: 7.689 (skor grafis: 9.054, skor CPU: 18.043)

Performa dari laptop ini bisa diatur secara otomatis melalui fitur MSI AI Engine di aplikasi MSI Center. Fitur ini akan menganalisa aktivitas kita dan aplikasi apa saja yang digunakan untuk kemudian ditentukan setelan performa apa yang paling pas.

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Nah dari tadi lebih banyak dibahas laptop ini untuk penggunaan bekerja, namun begitu laptop ini juga tetap dapat digunakan untuk bermain game. Genshin Impact di setelan grafis Medium dan resolusi 1920 x 1200 piksel dapat dimainkan oleh laptop ini dengan cukup lancar di mana rata-rata FPS berkisar di angka 48.

Setelah setengah jam memainkan game tersebut di ruangan tidak ber-AC, suhu laptop tercatat di kisaran 51° di sekitar tombol WASD dan area sebelah kanan keyboard terasa lebih adem dengan suhu di kisaran 40°.

Menariknya area bawah laptop di mana telapak tangan bersandar tercatat hanya sekitar 41° di sisi kiri dan 35° di sisi kanan. Ya ini masih tergolong wajar melihat bentuk laptopnya yang ringkas sehingga untuk pengaturan suhu tentu tidak semaksimal lini laptop gaming MSI.

Untuk konektivitas nirkabel, laptop ini menggunakan teknologi Intel® Killer™ Wi-Fi 7 BE1750(w) terbaru yang mendukung kecepatan transfer data nirkabel jauh lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Baterai

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

Prestige 13 AI Evo menggunakan baterai berkapasitas 75Whr sebagai sumber dayanya yang ketahanannya bisa dibilang cukup memuaskan. Tim Gadgetren bisa menggunakan laptop ini hingga 4 jam 46 menit untuk penggunaan kerja sehari-hari hingga baterai tersisa 10%.

Ketika diuji coba menggunakan aplikasi PCMark 8 dengan parameter kecerahan layar 50%, resolusi 1920 x 1200 piksel, backlit keyboard nonaktif, dan baterai dari kondisi penuh, laptop ini mendapatkan skor 4 jam 31 menit. Angka ini tergolong baik jika dibandingkan dengan laptop lain di kelasnya.

Untuk pengisian daya baterai laptop ini dilakukan melalui kedua port USB Type-C di sisi kiri laptop. Menggunakan charger bawaan laptop ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam 27 menit untuk mengisi daya baterai dari level 10% ke 91%.

Semakin mendekati level 100%, pengisian daya baterai akan semakin lambat yang tampaknya untuk menjaga performa baterai untuk jangka panjang.

Kesimpulan

MSI Prestige 13 AI Evo A1M

MSI Prestige 13 AI Evo bisa jadi adalah laptop impian para pekerja yang mendambakan laptop ringan dan ringkas namun tangguh untuk berbagai jenis pekerjaan mulai dari mengedit dokumen Office hingga editing video.

Beratnya yang ringan membuatnya sangat mudah dibawa ke mana-mana. Buat pekerja yang sering bepergian apalagi misalnya naik kereta berjam-jam atau meeting di berbagai tempat nonstop akan sangat merasa manfaat keringanan laptop ini yang tidak cepat membuat pundak pegal.

Laptop ini dibandrol dengan harga Rp20.999.000 dan sudah bisa dibeli baik secara offline di dealer resmi MSI maupun online melalui toko resmi MSI di ecommerce. Setiap pembelian laptop ini diberikan garansi resmi selama 2 tahun yang mana cukup lama.

Tinggalkan Komentar