ASUS TUF Gaming FX507
Review Laptop / PC

Review MSI Prestige 14 Evo B13M – Laptop Ringkas yang Nyaman untuk Bekerja

Review MSI Prestige 14 Evo B13M - Laptop Ringkas yang Nyaman untuk Bekerja

MSI Prestige 14 Evo B13M
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Fitur - 9/10
    9/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.6/10

Kesimpulan

MSI Prestige 14 Evo B13M adalah laptop yang memuaskan untuk bekerja sehari-hari berkat spesifikasinya yang mumpuni dan dibalut dengan desain yang menarik. Tak hanya itu, laptop ini juga menghadirkan beragam fitur menarik seputar privasi dan keamanan.

Yang Disukai

  • Fitur keamanan dan privasi yang melimpah
  • Dimensi ringkas, peforma gegas
  • Port lengkap
  • Layar cerah

Yang Tidak Disukai

  • Speaker agak kurang di kelas harganya

Gadgetren – Sebagai orang yang sering bepergian, laptop yang ringkas dan ringan namun bertenaga adalah sebuah kebutuhan utama buat saya. Nah belum lama ini ada sebuah laptop baru dari MSI yakni Prestige 14 Evo B13M yang masuk ke kriteria tersebut.

MSI Prestige 14 Evo B13M adalah laptop yang ditujukan untuk penggunaan bisnis dan produktivitas di mana ia menghadirkan performa yang gegas, port lengkap, dan tampil dengan desain yang modern.

Laptop ini pun memiliki berbagai fitur pendukung yang bermanfaat terutama terkait privasi dan keamanan yang mana menjadi pembeda dibandingkan laptop bisnis lainnya. Dibandrol dengan harga mulai Rp14.999.000, seperti apa kelebihan dan kekurangan laptop ini? Simak reviewnya berikut.



Desain

MSI Prestige 14 Evo B13M

MSI Prestige 14 Evo dibalut dengan material aluminium berwarna Urban Silver pada hampir keseluruhan bodinya. Ketebalan laptop ini hanya 1,79cm yang mana tergolong tipis dan ditambah dengan berat 1,49kg membuat laptop ini mudah dibawa untuk ke mana-mana.

Soal durabilitas, MSI menyebutkan bahwa Prestige 14 Evo telah dites dengan standar militer MIL-STD-810G di mana laptopnya disebut bisa tahan getaran, benturan, hingga temperatur tinggi maupun rendah.

Pada kedua sisi laptop ini terdapat port yang terbilang lengkap di mana terdapat HDMI 2.1 dan dua Thunderbolt dengan PD Charging di sebelah kiri laptop. Sedangkan di sisi kanan terdapat USB 3.2 Gen2 Type-A, pembaca kartu microSD, audio jack, dan menariknya terdapat saklar pengunci webcam.

Ada satu hal yang lucu ketika saya mengulas laptop ini, awalnya saya kesulitan mengaktifkan webcam untuk meeting virtual. Saya pikir tadinya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan webcam hanya dilakukan melalui kombinasi tombol keyboard seperti pada umumnya.

Namun ternyata ada tombol saklar pengunci webcam yang tidak sengaja berada di posisi nonaktif. Ukurannya yang kecil dan berada di posisi sulit terlihat membuat saya tidak menyadari saklar ini di awal.

MSI Prestige 14 Evo B13M

Soal keyboard, Prestige 14 Evo menghadirkan tombol lengkap dengan ukuran dan feedback yang terasa pas di jari ketika saya memencet berbagai tombol keyboardnya. Keyboard ini pun bisa diiluminasikan dengan lampu latar yang bisa disetel dengan 4 tingkat kecerahan untuk membantu proses pengetikan di kondisi gelap.

Di bagian bawah keyboardnya terdapat touchpad berukuran cukup besar sehingga jari bisa leluasa berselancar di atasnya. Hanya saja bagi saya pribadi, touchpad ini agak sedikit terasa kesat di jari.

Pada sebelah kanan touchpad terdapat pemindai sidik jari yang bisa digunakan untuk login dengan cepat ke dalam akun Windows. Otentikasi login pun bisa dilakukan melalui IR Camera yang ada pada atas layar laptop jadi pengguna memiliki berbagai alternatif untuk otentikasi.

Layar

MSI Prestige 14 Evo B13M

Beralih ke sektor layar, Prestige 14 Evo mengusung layar 14″ dengan panel IPS-level beresolusi 1920×1200 piksel, 100% sRGB, dan tingkat kecerahan 400 nit. Kualitas tampilan layarnya terlihat memuaskan di mana tajam dan cerah untuk penggunaan sehari-hari termasuk di luar ruangan.

Rasio layar dari laptop ini mencapai 16:10 di mana layarnya menjadi sedikit lebih tinggi dibandingkan laptop konvensional yang memanjang horizontal. Ini membuat Prestige 14 Evo mampu menghadirkan konten yang lebih luas ketika menggunakan aplikasi produktivitas terutama seperti Microsoft Excel.

Ketika layar laptop ini dibuka, area keyboard akan sedikit terangkat ke atas. Jika diinginkan layarnya ini bisa ditidurkan hingga hampir 180°, tapi tidak adanya dukungan layar sentuh membuat saya merasa fitur ini agak kurang bermanfaat.

Performa

Ilustrasi Intel Evo - MSI Prestige 14 Evo B13M

Prestige 14 Evo sudah terstandarisasi Intel Evo di mana artinya laptop ini dengan form factor-nya yang ringkas dan ringan tetap dapat mampu menghadirkan performa yang gegas.

Ini tidak lepas dari digunakannya prosesor Intel Core i7-13700H yang dikombinasikan dengan RAM LPDDR5 16GB dan 1TB NVMe PCIe Gen4x4 SSD pada varian laptop yang saya gunakan.

Memang ketika saya gunakan sehari-hari, performa laptopnya terasa kencang untuk berbagai aktivitas kerja saya baik itu browsing dengan banyak tab, menggunakan aplikasi Office, maupun multi tasking berganti-ganti aplikasi. Suhu laptop selama penggunaan tersebut pun terasa nyaman di mana berkisar pada 35-37 pada ruangan tidak ber-AC.

Skor Benchmark

  • Cinebench R23: 1.857 (Single Core), 13.701 (Multi Core)
  • PCMark 10: 5.125
  • 3DMark Time Spy: 1.673 (Graphics), 8.612 (CPU)
  • CrystalDiskMark: 5.790,23 MB/s (SEQ1M Read), 4.528,63 MB/s (SEQ1M Write)

Untuk pemrosesan grafis, Prestige 14 Evo yang saya gunakan menggunakan Iris Xe Graphics tapi ada varian lain dari laptop ini yang dilengkapi dengan RTX 2050 tapi dengan harga jual yang lebih mahal.

Walau menggunakan Iris Xe, saya masih bisa bermain game seperti Genshin Impact dengan lancar pada setelan resolusi 1920 x 1200 dan grafis Medium di mana rata-rata FPS mencapai 38.

Namun ada yang perlu dicatat, ketika saya menggunakannya untuk bermain game tersebut selama setengah jam pada ruangan tidak ber-AC, suhu laptop ini meningkat menjadi 41° di bagian sekitar touchpad dan di bagian keyboard bisa mencapai 50°.

Panas yang dihasilkan ini cukup membuat telapak tangan saya tidak nyaman. Ya memang laptop ini bukan didesain untuk bermain game, tapi bisa menjadi catatan kalau kamu sering bermain game di laptop ketika beristirahat dari pekerjaan.

Fitur

MSI Prestige 14 Evo B13M

Webcam pada bagian atas layar laptop ini mampu menghasilkan rekaman beresolusi tinggi 1080p di mana terlihat cerah dan tajam. Mikrofonnya pun dapat merekam suara saya dengan cukup baik.

Sayangnya untuk speaker, saya merasa kualitas keluaran audionya terdengar biasa saja malah cenderung agak kurang untuk laptop dengan harga ini. Namun begitu kesemuanya sudah mampu menemani aktivitas meeting virtual saya dengan baik.

Untuk konektivitas nirkabel, Prestige 14 Evo mendukung Wi-Fi 6E di mana bisa menyajikan kecepatan transfer data yang kencang selama terhubung dengan jaringan WiFi yang kompatibel.

Agar Prestige 14 Evo bisa langsung digunakan untuk bekerja tanpa repot, MSI telah menyematkan sistem operasi Windows 11 Home dan lisensi Microsoft Office Home and Student 2021 secara gratis.

Laptop ini menariknya menghadirkan fitur privasi Tobii Aware di mana tampilan layar bisa diblur ketika mata kita sedang tidak menatap layar laptop atau ketika ada orang lain yang mengintip. Selain itu juga laptop ini bisa meredupkan layar dan juga mengunci laptop setelah terdeteksi kita tidak berada di depan laptop setelah beberapa waktu.

Fitur ini saya rasa sangat bermanfaat untuk mereka yang sering mengoprek data yang sensitif misalnya perbankan atau aplikasi keuangan. Efek negatifnya adalah kamera laptop akan selalu aktif bekerja dan lampu notifikasi webcam akan selalu berkedip.

Selain itu ada fitur menarik lain yakni noise cancellation untuk mikrofon dan juga speaker sehingga baik itu rekaman suara saya maupun suara dari lawan meeting menjadi terdengar lebih jelas dengan minim gangguan suara latar. Ketika saya gunakan fitur ini ketika hujan, suara rintik rintik hujan di dekat saya teredam dengan baik sehingga suara saya terdengar lebih jelas.

Baterai

MSI Prestige 14 Evo B13M

Sebagai sumber dayanya, Prestige 14 Evo menggunakan baterai berkapasitas 72 Whr yang ketahanannya cukup memuaskan. Saya bisa menggunakan laptop ini selama 4 jam 47 menit dari baterai 100% ke 10% dengan kondisi backlit keyboard nonaktif dan kecerahan layar 70%.

Ini dengan penggunaan saya untuk aktivitas kerja sehari-hari tanpa bermain game. Ketika diuji coba menggunakan aplikasi PCMark 8 pun laptop ini menghasilkan skor yang mirip yakni 5 jam 1 menit dengan kecerahan layar 50% dan backlit keyboard nonaktif.

Memang ketahanan daya baterainya belum bisa untuk seharian penggunaan penuh. Namun setidaknya saya bisa bekerja selama beberapa jam di luar ruangan atau Work From Cafe yang belakangan ini semakin naik daun tanpa perlu repot-repot membawa charger.

Untuk pengisian daya baterainya dilakukan melalui kedua port USB Type-C yang ada pada sisi kiri laptop ini. Menggunakan charger bawaan, diperlukan waktu 55 menit untuk mengisi daya laptop dari level 10% ke 86% dan untuk pengisian penuh membutuhkan total waktu 1 jam 35 menit.

Kesimpulan

MSI Prestige 14 Evo B13M

Sejauh saya gunakan, saya merasa sangat puas dengan apa yang ditawarkan oleh MSI Prestige 14 Evo B13M untuk aktivitas kerja saya sehari-hari. Mulai dari performanya yang gegas, layar yang cerah, keyboard yang baik, port yang lengkap, hingga baterai yang cukup tahan lama.

Ini semua MSI hadirkan dalam sebuah laptop berukuran ringkas dan bobot yang tidak begitu berat untuk sekelas laptop layar 14″. Ditambah lagi desainnya pun terlihat modern yang mana cocok digunakan untuk lingkungan pekerjaan.

MSI pun menghadirkan fitur-fitur menarik seperti Tobii Aware dan noise cancelling yang semakin memantabkan penggunaan bisnis dari laptop ini. Yang saya rasa masih perlu ditingkatkan oleh MSI adalah speaker laptop ini kualitas keluaran audionya terdengar kurang memuaskan bagi saya apalagi melihat harganya.

Harga dan Spesifikasi MSI Prestige 14 Evo B13M

Dimensi & Berat31,4 x 22,75 x 1,79 cm; 1,49 kg
WarnaUrban Silver
LayarIPS-Level 14”, 1920×1200, 100% sRGB, kecerahan layar 400 nit
Sistem OperasiWindows 11 Home
Memori 16GB LPDDR5
512GB / 1TB NVMe PCIe Gen4x4 SSD
ProsesorIntel Core i5-13500H / i7-13700H / i7-13620H
GrafikIris Xe / RTX 2050 GDDR6 4GB
KameraIR FHD 1080p 30FPS
Baterai4 cell, 72Whr
KonektivitasIntel Killer Wi-Fi 6E AX1675, Bluetooth v5.3
Port2x USB Type-C (Thunderbolt 4) dengan power delivery
1x USB Type-A 3.2 Gen2
1x pembaca kartu Micro SD
1x HDMI 2.1
1x audio jack
FiturPemindai sidik jari
HargaPrestige 14 Evo B13M-471ID (512GB, Intel Core i5-13500H, Iris Xe) – Rp14.999.000
Prestige 14 Evo B13M-470ID (1TB, Intel Core i7-13700H, Iris Xe) – Rp16.999.000
Prestige 14 H B13UCX-490ID (1TB, Intel Core i7-13620H, RTX 2050) – Rp18.499.000

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar