ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Bedanya Samsung Galaxy A35 5G dan Samsung Galaxy A34 5G, Lebih Premium!

Samsung Galaxy A35 Vs Samsung Galaxy A34 - Header

Gadgetren – Samsung telah menyegarkan lini perangkat menengah mereka dengan beberapa ponsel anyar. Termasuk di dalamnya Samsung Galaxy A35 5G yang notabene adalah penerus Samsung Galaxy A34 5G.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp4.999.000, perangkat menengah tersebut pun bisa menjadi alternatif menarik saat kita sedang mencari sebuah ponsel baru. Kita bisa mempertimbangkannya saat memerlukan perangkat terjangkau tetapi mempunyai dukungan yang lengkap.

Perangkat tersebut secara khusus bahkan bisa menjadi pilihan yang sangat pas apabila kita ingin upgrade dari Galaxy A34 5G. Galaxy A35 5G soalnya membawa sejumlah peningkatan yang lumayan signifikan ketimbang pendahulunya.

Perbedaan Samsung Galaxy A35 5G Vs Samsung Galaxy A34 5G

Mulai dari bagian bodi, peningkatan Galaxy A35 5G sudah sangat terlihat. Perangkat baru tersebut kini menggunakan bingkai mengotak dengan sisi-sisi samping dibuat datar. Berubah dari Galaxy A34 5G yang sebelumnya masih memakai desain melengkung.

Peningkatan di bagian bodi ini semakin terlihat dari material yang digunakan. Tidak seperti Galaxy A34 5G yang masih mengandalkan bahan polikarbonat, Galaxy A35 5G kini menggunakan lapisan kaca yang membuatnya terlihat semakin premium.

Pada bagian depan, desain layar yang digunakan juga semakin terlihat modern. Perangkat tersebut kini mengadopsi punch hole sebagai tempat kamera sebagaimana ponsel-ponsel di atasnya alih-alih kembali memakai poni atau notch kecil seperti Galaxy A34 5G.

Material kaca pelindung di bagian layar Galaxy A35 5G juga mendapatkan peningkatan. Panelnya kini dilapisi dengan Corning Gorilla Glass Victus+ di mana lebih kuat ketimbang Corning Gorilla Glass 5 yang dipakai oleh Galaxy A34 5G.

Selaras dengan perubahan di sisi luar, Galaxy A35 5G juga dirombak di bagian mesinnya. Perangkat tersebut kini dipersenjatai dengan chipset Samsung Exynos 1380 (5nm) yang dapat dipacu sampai 2,4GHz saat Galaxy A34 5G sebelumnya mengandalkan MediaTek Dimensity 1080 (6nm) berkecepatan hingga 2,6GHz.

Meskipun mempunyai kecepatan maksimal lebih rendah, Exynos 1380 tentu saja lebih unggul ketimbang Dimensity 1080. Samsung bahkan mengklaim bahwa kinerja Galaxy A35 5G yang memakainya bisa 1,15 kali lebih mumpuni daripada Galaxy A34 5G.

Berkat Chipset Exynos 1380, dukungan konektivitas pada Galaxy A35 5G juga semakin mutakhir. Perangkat tersebut kini mendukung teknologi WiFi 6 sementara Galaxy A34 5G sebelumnya hanya sampai WiFi 5 saja.

Perubahan minor juga diterapkan oleh Samsung pada bagian kamera. Galaxy A35 5G kini sudah menggunakan lensa utama beresolusi 50MP yang mana sedikit lebih tinggi jika dibandingkan Galaxy A34 5G yang hanya mendukung pengambilan gambar sampai 48MP.

Sayangnya dengan resolusi lebih tinggi, Galaxy A35 5G mempunyai kemampuan perekaman video gerak lambat yang lebih rendah. Perangkat tersebut hanya mampu menghasilkan hingga 240fps padahal Galaxy A34 5G sebelumnya bisa sampai 480fps.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar