ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

6 Fitur Unggulan Samsung Galaxy A55 5G, Semakin Premium!

Fitur Unggulan Samsung Galaxy A55 5G - Header

Gadgetren – Samsung Galaxy A55 5G hadir sebagai jembatan antara lini kelas menengah dan atas. Makanya sangat wajar apabila perangkat satu ini dilengkapi dengan berbagai macam dukungan premium.

Dengan dukungan premium tersebut, Galaxy A55 5G pun menjadi salah satu perangkat yang layak untuk dipertimbangkan saat kita memerlukan ponsel baru. Kita apalagi sudah dapat meminangnya hanya dengan harga mulai dari Rp5.999.000.

Namun jika memang masih merasa ragu-ragu untuk meminangnya, kita pun dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari perangkat ini terlebih dahulu. Adapun sebagian di antaranya sebagai berikut.

1. Bodi Semakin Terlihat Premium

Galaxy A55 5G kini hadir dengan material bodi seperti ponsel kelas atas. Perangkat tersebut soalnya tidak lagi menggunakan bahan polikarbonat melainkan lapisan kaca Corning Gorilla Glass Victus+ sebagai penutup belakang.

Bingkai yang membalut sisi-sisi sampingnya kini juga sudah terbuat dari bahan metal. Bentuknya pun mengotak di mana setiap sisi dibuat mendatar dengan bagian sedikit menonjol untuk tempat tombol.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A55 5G - Bodi

Di sisi lain, bodi Galaxy A55 5G juga sudah mengemas sertifikasi IP67 yang membuktikan bahwa perangkat ini dapat digunakan secara lebih aman saat terkena percikan air maupun debu. Bahkan secara teknis bisa bertahan dalam kedalaman 1 meter hingga selama 30 menit.

2. Layar Khas Samsung

Sama seperti ponsel-ponsel menengah Samsung pada umumnya, Galaxy A55 5G juga dilengkapi dengan layar Super AMOLED. Panel yang digunakan secara khusus mendukung tingkat kecerahan maksimal sampai 1.000nits.

Ukurannya membentang hingga seluas 6,6 inci dengan resolusi yang mampu menampilkan hingga Full HD+ (2340 x 1080 piksel). Animasi gambarnya pun bisa terlihat sangat halus karena mendukung pengaturan refresh rate hingga 120Hz.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A55 5G - Layar

Oleh karena itu, layar Galaxy A55 5G tentu dapat memanjakan mata para pengguna saat mengakses berbagai macam konten. Ditambah lagi ada fitur Vision Booster yang dapat meningkatkan tampilan gambar supaya bisa terlihat lebih jelas meskipun cahaya sekitar terlalu terang.

3. Mesin Tak Kalah Bertenaga

Dalam balutan bodinya, konfigurasi mesin Galaxy A55 5G juga mempunyai kinerja yang tak kalah bertenaga. Chipset Samsung Exynos 1480 (4nm) berkecepatan hingga 2,75GHz sudah dipercaya sebagai dapur pacunya.

Menemani chipset tersebut, Samsung apalagi turut menyematkan RAM berkapasitas hingga 12GB jika kita memilih varian tertinggi Galaxy A55 5G. Jadi bakalan mampu menangani berbagai macam tugas bahkan secara multitasking.

Penyimpanan yang disediakan oleh Galaxy A55 5G pun sudah lebih dari cukup untuk menampung berbagai macam data maupun aplikasi pada penggunaan di masa sekarang. Perangkat ini soalnya mempunyai media internal berkapasitas 256GB yang dapat diperluas dengan tambahan 1TB menggunakan Micro SD.

4. Sistem Kamera Unggulan

Meneruskan keunggulan dari generasi-generasi yang sebelumnya, Galaxy A55 5G pun dilengkapi dengan sistem kamera yang mumpuni. Perangkat ini mempunyai lensa utama beresolusi 50MP yang disokong dengan fungsi OIS (Optical Image Stabilization) maupun VDIS (Vidio Digital Image Stabilization).

Lensa utama Galaxy A55 5G pun tidak hadir sendirian. Samsung memasangnya bersama lensa ultrawide beresolusi 12MP dan makro 5MP yang memungkinkan kita melakukan pengambilan gambar secara lebih beragam.

Kamera depan yang dipasang oleh Samsung ke dalam Galaxy A55 5G juga mempunyai resolusi yang tak kalah tinggi. Mereka dalam hal ini sudah menggunakan lensa dengan dukungan pengambilan gambar selfie hingga 32MP.

Untuk perekaman video, kamera utama Galaxy A55 5G pun secara teknis dapat mendukung resolusi hingga 4K pada 30fps. Terdapat juga fitur Super HDR yang dapat mengoptimalkan warna dan kontras di berbagai macam kondisi pencahayaan.

5. Baterai Mumpuni

Diiklankan dengan dukungan baterai yang mampu bertahan hingga dua hari pemakaian, Galaxy A55 5G mempunyai kapasitas penyimpanan daya yang tergolong besar. Perangkat ini setidaknya mampu menampung hingga 5.000mAh.

Saat digunakan secara intensif untuk menangani sejumlah pekerjaan, baterai Galaxy A55 5G pun diklaim bisa bertahan lama. Perangkat ini memungkinkan kita mengakses jaringan internet seluler hingga selama 25 jam, menonton video 28 jam, atau memutar musik 79 jam.

6. Keamanan Data Semakin Kuat

Yang tak kalah menarik untuk dipertimbangkan, Galaxy A55 5G menjadi salah satu ponsel yang membawa Samsung Knox Vault ke lini menengah untuk pertama kalinya. Keamanan data perangkat ini makanya tidak boleh diragukan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A55 5G - Knox

Knox Vault merupakan dukungan keamanan yang akan melindungi informasi sensitif seperti sandi, PIN, atau pola. Samsung menggunakan peranti keras khusus untuk menjalankan eksekusi yang aman dan terisolasi secara fisik dari chipset maupun penyimpanan utama.

Selain Knox Vault, Galaxy A55 5G juga akan melindungi data pengguna dengan tingkat proteksi yang terus ditingkatkan. Samsung menjanjikan pembaruan keamanan hingga selama lima tahun di samping update Android hingga empat generasi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar