ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Realme Portrait Master Academy: Ajarkan Cara Mengambil Foto Portrait yang Memukau

realme Portrait Master Academy Ajarkan Cara Jepret Foto Portrait yang Menarik

Gadgetren – realme beberapa waktu lalu telah resmi meluncurkan handphone realme 12 Series 5G di Indonesia yang terdiri dari realme 12+ 5G dan realme 12 Pro+ 5G.

Kedua perangkat tersebut juga mengandalkan kemampuan fotografinya berkat hadirnya multi kamera yang didukung berbagai fitur menarik. Untuk lebih mengenalkan lagi kemampuan dari realme 12 Series 5G, realme pun telah menyelenggarakan realme Portrait Master Academy yang terdiri dari Master Class dan Photo Contest.

Master Class dari realme Portrait Master Academy dihadirkan bagi masyarakat Indonesia untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman seputar fotografi melalui handphone dengan kemampuan kamera yang bagus seperti realme 12 Series 5G.

realme Master Class - 2

Periode pertama dari Master Class ini diselenggarakan pada empat kota yang terdiri dari Manado pada 4 Maret 2024, Medan pada 6 Maret 2024, Surabaya pada 8 Maret 2024, dan Jakarta pada 9 Maret 2024.

Kebetulan saya berkesempatan untuk mengikuti acara realme Portrait Master Academy Master Class pada tanggal 9 Maret 2024 di Jakarta. Acara tersebut diisi oleh Narendra Kameshwara selaku Fotografer Profesional yang membagikan pengalaman dan tips untuk menghasilkan Portrait yang bagus dengan handphone, terutama realme 12 Pro+ 5G.

Sebagai catatan, realme 12 Pro+ 5G ini hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP bersensor Sony IMX890 + OIS (Optical Image Stabilization), telephoto periskop 64 MP bersensor OmniVision OV64B, dan ultrawide 8 MP.

realme 12 Pro+ 5G

Narendra mengungkapkan bahwa semakin tinggi spesifikasi kamera pada handphone, tentunya membawa tren dan dampak positif terutama untuk anak muda yang ingin menekuni bidang fotografi.

“Dan ini yang membuat para mobile photographer berlomba membuat sebuah atau banyak karya untuk memperlihatkan ke banyak orang melalui media sosial mereka masing-masing,” tambah Narendra.

Narendra pun turut memberikan pengalamannya menggunakan realme 12 Pro+ 5G selama beberapa minggu, dimana dirinya merasa cukup mendapatkan pengalaman baru terutama dengan periscope dan portrait mode yang ditanamkan di handphone realme.

Menurut Narendra, realme 12 Pro+ 5G bisa mendukung kegiatan pekerjaannya yang bisa dibilang mobile dan perlu update cepat, seperti di depan maupun belakang panggung atau acara-acara beauty yang berhubungan langsung dengan para KOL.

“Untuk para hobbies mobile Photographer, realme 12 Pro+ 5G ini juga bisa menjadi salah satu andalan baru untuk street, toys, model, landscape, dan game foto lainnya,” imbuh Narendra.

realme Master Class - 1

Setelah sesi Narendra Kameshwara selesai, para peserta yang hadir pun diajak bergantian untuk mencoba dan mencicipi kemampuan kamera dari realme 12 Pro+ 5G untuk memotret model yang telah dihadirkan pada studio mini di tempat acara berlangsung.

Sementara saya juga berkesempatan langsung untuk memotret model menggunakan realme 12 Pro+ 5G, dimana menggunakan Portrait yang telah hadir secara langsung pada aplikasi kamera bawaannya.

Pada Portrait Mode sendiri terdapat dua opsi yang terdiri dari 1x Portrait dan 3x Portrait. Untuk 1x Portrait akan memanfaatkan kamera utama pada realme 12 Pro+ 5G untuk menghasilkan foto dengan subjek yang fokus, memiliki latar belakang berefek bokeh.

Sementara 3x Portrait akan memanfaatkan kamera telephoto periskop dari handphone ini yang mampu melakukan 3x Optical Zoom dengan jarak yang lebih jauh dibandingkan kamera utama.

Pada saat memotret di posisi yang sama, 3x Portrait akan membuat subjek terlihat lebih besar dibandingkan dengan 1x Portrait. Selain itu, 3x Portrait juga akan menghasilkan foto dengan subjek yang terlihat lebih dekat dengan latar belakang daripada 1x Portrait.

Dengan memanfaatkan 1x Portrait dan 3x Portrait, saya dapat menghasilkan dua hasil foto Portrait yang berbeda mulai dari ukuran subjek, jarak latar belakang, dan nuansa yang dihasilkan.

realme 12 Pro Plus 5G - Model - 1x Portrait

1x Portrait

realme 12 Pro Plus 5G - Model - 3x Portrait

3x Portrait

realme 12 Pro Plus 5G - Model 2 - 1x Portrait

1x Portrait

realme 12 Pro Plus 5G - Model 2 - 3x Portrait

3x Portrait

realme 12 Pro Plus 5G - Model 3 - 1x Portrait

1x Portrait

realme 12 Pro Plus 5G - Model 3 - 3x Portrait

3x Portrait

Dari foto di atas, terlihat bahwa 1x Portrait dan 3x Portrait mampu menghasilkan gambar dengan subjek yang terlihat fokus serta tajam dan latar belakangnya berefek bokeh sehingga membuat hasilnya terlihat dramatis.

Selain itu, realme Portrait Master Academy juga memiliki Photo Contest yang berlangsung dari tanggal 29 Februari hingga 31 Mei 2024 dengan hadiah total Rp 30.000.000 dan realme 12 Series 5G.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar