Smartphone

Ini Alasan Kenapa Seri OPPO Reno Fokus di Portrait

OPPO-Reno6-QuadCam

Di kisaran tahun 2016, smartphone OPPO dikenal dengan slogan Selfie Expert karena kemampuan kamera depannya yang dibekali beragam fitur yang mampu menghasilkan foto selfie dengan bagus terutama di bagian wajah.

Seiring berjalannya waktu pada tahun 2019 OPPO mengadopsi strategi baru dengan meninggalkan slogan Selfie Expert dan memfokuskan smartphone besutannya dengan keunggulan baik pada kamera depan maupun belakangnya.

OPPO menjelaskan bahwa melalui handphone seri Reno, OPPO berusaha menghadirkan fitur unggulan yang terus dikembangkan berdasarkan kecerdasan buatan, terutama Portrait. Semakin lama kemampuan portrait pada smartphone akan semakin disukai pengguna dan akan menjadi fitur favorit pada smartphone di tahun 2022.

OPPO Reno7 5G Feature Back

OPPO menerangkan bahwa kemampuan portrait pada smartphone buatannya semakin meningkat berkat kombinasi antara tiga elemen penting yang terdiri dari prosesor pengolahan grafis, sensor kamera, dan pengembangan kecerdasan buatan melalui perangkat lunak.

Menurut OPPO, prosesor pengolahan grafis dengan berbasis kecerdasan buatan menjadi salah satu faktor pengembangan kemampuan portrait yang semakin maju pada smartphone. Dikenal dengan nama Neural Processing Unit (NPU), prosesor ini akan memberikan kemampuan untuk mengolah gambar dengan kecerdasan buatan sehingga menampilkan hasil yang lebih baik.

OPPO sendiri telah mengembangkan NPU pada akhir tahun 2021 yang bernama MariSilicon X. Dikabarkan bahwa NPU ini akan digunakan terlebih dulu pada handphone seri OPPO Find X generasi terbaru.

Selain itu, OPPO juga telah bekerja sama dengan Sony menghadirkan sensor Sony IMX 709 sehingga dapat menghasilkan foto portrait dengan kualitas yang bagus. Tak kalah pentingnya, software yang secara berkesinambungan dikembangkan OPPO untuk mendapatkan sistem kecerdasan buatan yang dapat membaca situasi terbaik ketika mengambil foto Portrait.

Sejak diluncurkan pada tahun 2019, OPPO Reno dan Reno 10x Zoom sudah memiliki fitur Portrait pada aplikasi kamera bawaannya sehingga mampu menghasilkan foto menarik dengan fokus terhadap subyek dan latar belakang berefek bokeh. Selanjutnya, OPPO pun menghadirkan perkembangan fitur Portrait buatannya pada setiap handphone seri Reno terbaru rilis.

OPPOReno2 Featurer

Selanjutnya di OPPO Reno2 terdapat fitur Portrait Mode 2.0 yang memungkinkan penggunanya dapat menghasilkan foto berefek bokeh dengan rapi dan baik. Pengguna pun dapat mengatur blur pada latar belakang hingga 6 tingkat sehingga efek bokeh terlihat menjadi lebih menarik.

Sementara itu, Reno2 juga dibekali dengan fitur Bokeh Effect Video sehingga memungkinkan pengguna dapat merekam video dengan subyek yang terlihat jelas namun latar belakangnya mempunyai efek bokeh.

AI Color Portrait Reno4 F

Fitur AI Color Portrait pertama kali dihadirkan pada seri OPPO Reno4 yang membuat penggunanya dapat mengambil foto atau video yang unik karena subyek yang tetap memiliki warna aslinya sementara latar belakang dibuat hitam putih.

Berkat teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan OPPO, membuat terjadi pemisahan subyek dan latar belakang secara rapi pada fitur AI Color Portrait.

OPPO Reno4 Night Flare Portrait

Tak hanya itu saja, OPPO juga turut menghadirkan fitur Night Flare Portrait pada seri Reno4 yang dapat menghasilkan foto dengan subyek yang terlihat terang serta jelas namun memiliki efek neon artistik pada bagian belakangnya.

Fitur Night Flare Portrait ini sangat cocok ketika pengguna mengambil foto dengan subyek yang latar belakangnya terdapat banyak lampu atau neon, seperti kelap-kelip lampu perkotaan, sehingga menghadirkan efek cahaya yang berbinar.

AI Mixed Portrait Reno5 ok

Kemudian, OPPO menghadirkan fitur AI Mix Portrait pada seri Reno5 yang memiliki kemampuan dalam menggabungkan video Portrait dengan video latar belakang sehingga menjadi satu video dengan efek artistik.

Pengguna dapat memilih dua mode pada AI Mix Portrait yang terdiri dari Blend dan Silhouette. Mode Blend akan memperlihatkan video portrait yang seolah-olah menyatu dengan video latar belakang karena penggunaan efek transparansi.

Sementara mode Silhouette akan menghadirkan video dengan video portrait yang membentuk sebuah siluet dari subyek yang ditangkap dan video latar belakang akan berada di dalam siluet tersebut.

OPPO Reno6 ColorOS12 Bokeh Flare Portrait

OPPO turut menghadirkan fitur Bokeh Flare Portrait di seri Reno6 yang merupakan pengembangan dari Night Flare Portrait. Fitur ini dapat menghasilkan efek bokeh artistik untuk foto maupun video.

Selain bisa diterapkan pada kondisi siang dan malam hari, Bokeh Flare Portrait ini mengizinkan pengguna Reno6 untuk menghasilkan foto atau video dengan latar belakang berefek bokeh yang mempunyai pola bulat layaknya menggunakan kamera profesional.

Bahkan hasil video pun terlihat sinematik ketika menggunakan Bokeh Flare Portrait. OPPO mengklaim bahwa teknologi AI Deep Learning yang hadir pada fitur ini dapat melakukan pemahaman frame demi frame sehingga mampu membedakan subyek dan latar belakang pada video dengan baik yang mampu melakukan pemisahan dengan rapi.

Kemungkinan besar OPPO juga akan menghadirkan fitur Portrait level selanjutnya pada handphone OPPO Reno7 5G yang segera meluncur di Indonesia baik dari sisi kualitas hasil foto atau video hingga fitur Portrait unik yang belum ada di generasi sebelumnya.

Tinggalkan Komentar