ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Tips Bikin Konten Sinematik dengan Seri Galaxy S24, Hasil Jadi Semakin Cantik

Kemampuan-Nightography-Galaxy-S24-Series-dengan-Pro-Mode-dan-Optical-Zoom-

Gadgetren – Samsung telah menghadirkan perangkat flagship seri Galaxy S24 dengan kemampuan kamera yang mutakhir yang dibekali fitur Galaxy AI, mode malam yang disebut Nightography, hingga mode Pro.

Dengan memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia pada seri Galaxy S24, pengguna juga dapat menghasilkan konten traveling yang menarik lho seperti mengambil foto atau video dalam kondisi low light, mode Pro, penggunaan gimbal Optical Image Stabilization (OIS), dan penggunaan fitur instan slow motion.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, Samsung mengungkapkan bahwa pengguna dapat menghasilkan konten menarik saat melakukan traveling dengan seri Galaxy S24 sehingga hasilnya menjadi lebih sinematik, hidup, dan orisinal. Lantas apa saja tips dan trik untuk menghasilkan foto atau video sinematik dengan seri Galaxy S24 yang Samsung berikan?

Ciptakan Efek Sinematik Pada Kondisi Cahaya Minim

Untuk menciptakan efek sinematik pada kondisi low light terutama malam hari, biasanya objek yang dijadikan konten meliputi pertunjukkan budaya di malam hari, festival lampion, camping di pegunungan, atau menikmati kehidupan malam di destinasi yang didatangi.

Dengan kemampuan Nightography seri Galaxy S24, suasana dengan cahaya minim bisa tertangkap dengan jernih dan lebih maksimal sehingga kamu tidak melewati momen langka pada saat kamu traveling. Untuk mendapatkan hasil video sinematik dari kemampuan Nightography pada seri Galaxy S24, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Arahkan kamera ke suatu sumber pencahayaan untuk menciptakan efek yang epik dan sinematik. Lalu ciptakan transisi video yang cantik dengan mengambil footage yang membelakangi sumber pencahayaan. Terakhir, kombinasikan hasil rekaman tersebut saat editing untuk menciptakan variasi konten yang berbeda.

Muat lainnya DETIL LAMPIRAN Video-Low-Light-dengan-Nightography-pada-Galaxy-S24-Series

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Nightography dengan bantuan tambahan AI ISP agar perangkat semakin cerdas dalam membedakan pergerakan perekam dengan subjek untuk menciptakan video yang lebih halus di kondisi minim cahaya. AI ISP juga mendukung noise reduction sehingga perangkat mampu menghasilkan video yang lebih jernih di kondisi minim cahaya termasuk saat merekam dengan menggunakan pembesaran.

Setel Manual Pro Video Pada Kondisi Cahaya Tertentu

 Mengatur-ISO-Shutter-Speed-dan-Fokus-pada-Pro-Mode-untuk-Mengambil-Efek-Sinematik-dengan-Galaxy-S24-Ultra-

Bila kamu menemukan kondisi khusus dengan pencahayaan yang cukup menantang seperti tidak terang dan tidak terlalu gelap atau membutuhkan cahaya tambahan, maka kamu membutuhkan pengaturan kamera khusus agar dapat memaksimalkan hasil konten agar tetap jernih dan cerah.

Sebagai contoh ketika mengambil gambar api unggun atau pertunjukan api di malam hari yang jika menggunakan mode kamera biasa akan langsung fokus pada sumber cahaya dan membuat objek di sekelilingnya menjadi gelap. Pada kondisi pencahayaan tertentu pun bisa memunculkan garis-garis atau flicker pada video yang tidak bisa diatasi dengan mode biasa.

Oleh karena itu kamu bisa memilih mode Pro Video lalu atur Shutter Speed dan ISO untuk mengurangi durasi cahaya yang masuk. Kemudian tingkatkan Shutter Speed dan turunkan ISO jika ingin fokus pada cahaya api saja.

Sebaliknya, kamu bisa menurunkan Shutter Speed dan meningkatkan ISO untuk fokus pada cahaya api dan sekitarnya. Kamu juga bisa mengatur frame rate untuk mengurangi flicker pada video dalam kondisi pencahayaan tertentu, seperti lampu jalan.

Gunakan Optical Zoom Untuk Detail Tajam dan Cerah

Seri Galaxy S24 juga menghadirkan pembesaran optik hingga 5x yang disandingkan dengan sensor kamera 50MP. Oleh karena itu kamera seri Galaxy disebut dapat menghasilkan video yang tidak goyang atau pecah saat merekam menggunakan zoom untuk menangkap objek lebih dekat.

Dengan kemampuan tersebut, kamu bisa mendapatkan detail-detail yang lebih hidup walaupun tidak bisa terlalu dekat dengan objek yang dibidik saat merekam. Fitur ini bisa digunakan untuk merekam berbagai momen unik selama traveling.

seperti mengambil detail ekspresi para penari dalam pentas pertunjukan, detail pergerakan api saat mengambil gambar api unggun di malam hari, atau detail bangunan saat mengambil gambar pemandangan kota di malam hari Dipadukan dengan Nightography, kamu tetap bisa mendapatkan hasil video yang jernih saat merekam dengan zoom di kondisi pencahayaan redup.

Fitur Instant Slow-mo Untuk Bikin Video Gerak Lambat

Dengan Instant Slow-mo, kamu bisa membuat momen-momen seru yang mungkin terjadi terlalu cepat. Sekarang video yang kamu ambil langsung di kamera seri Galaxy S24 maupun dari sumber lain dapat langsung menjadi video Slow-mo berkat kemampuan Galaxy AI.

Fitur ini akan sangat berguna untuk edit video yang direkam saat traveling seperti kemeriahan di tengah festival, burung-burung yang beterbangan di pelabuhan, atau aksi unik selama perjalanan. Dengan mengambil video biasa di resolusi 30FPS kamu bisa langsung membuat video Slow-mo dengan 60 FPS atau bahkan hingga 120 FPS dengan bantuan Generative Slow-mo oleh Galaxy AI.

 Fitur-Instant-Slow-Mo-Buat-Jadi-Lebih-Leluasa-Mengkreasikan-Slow-Motion-Video-pada-Footage-Apapun

Caranya, lihat pratinjau video yang telah kamu rekam lalu tekan lama bagian yang ingin kamu buat menjadi gerakan lambat. Kemudian ketuk ikon Edit untuk menyimpannya menjadi video Slow-mo dan pilih Adjust Speed yang dibutuhkan.

Potong secara manual di mana kamu ingin Instant Slow-mo terjadi. Ketuk Save untuk menyimpan hasil editing langsung di video asli atau Save as Copy untuk membuat salinan video yang telah diedit dan membiarkan video orisinal tetap tersimpan.

Untuk menikmati fitur-fitur kamera seri Galaxy S24 selama traveling, kamu dapat membeli seri Galaxy S24 yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp21.999.000 (12GB/256GB) untuk Galaxy S24 Ultra. Kemudian Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.999.000 (12GB/256GB) dan Galaxy S24 tersedia dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar