ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

6 Kelebihan dan Kekurangan realme 12 Pro+ 5G, Bawa Kamera Telefoto Periskop!

Kelebihan dan Kekurangan realme 12 Pro+ 5G - Header

Gadgetren – realme 12 Pro+ 5G menyasar kelas menengah dengan berbagai macam kelebihan. Perangkat tersebut makanya cukup layak untuk dipertimbangkan saat kita memerlukan perangkat ponsel baru.

Banderol harganya juga tergolong lumayan terjangkau untuk sebagian orang. Kita dalam hal ini sudah dapat meminang perangkat menengah rasa premium tersebut mulai dari Rp5.999.000 hingga Rp6.999.000 tergantung varian memori yang diinginkan.

Meskipun membawa berbagai macam kelebihan, realme 12 Pro+ 5G sayangnya masih memiliki sejumlah kekurangan. Oleh karena itu kita perlu mempertimbangkan baik-baik perangkat tersebut dari kedua sisi supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Kelebihan realme 12 Pro+ 5G

1. Bawa Kamera Telefoto Periskop

Seperti apa yang sudah kita tahu bersama, realme 12 Pro+ 5G membawa kamera telefoto periskop ke pasar menengah. Perangkat tersebut pun menjadi ponsel pertama di kelasnya yang mencoba melakukan hal itu.

Hadirnya kamera telefoto periskop pada realme 12 Pro+ 5G ini tentu menjadi kabar baik bagi kita yang memerlukan perangkat terjangkau untuk fotografi. Terutama mereka yang ingin menghasilkan foto potret atau melakukan pengambilan gambar jarak jauh dengan kualitas bagus.

Kelebihan dan Kekurangan realme 12 Pro+ 5G - Kamera

Dalam hal ini, realme 12 Pro+ 5G secara khusus sudah menggunakan sensor OmniVision OV64B yang mempunyai resolusi sampai 64MP. Kita dapat memakainya untuk mengambil foto dengan pembesaran optik hingga sebanyak 3x.

Namun tidak sampai di situ saja, kamera sensor telefoto ini juga mendukung pengambilan gambar dengan jarak lebih jauh dengan menggunakan teknologi bernama 6x In-Sensor Zoom berkat resolusi yang tinggi. Terdapat juga pembesaran hingga 120x secara digital jika diperlukan.

Menariknya, sensor telefoto periskop yang digunakan realme 12 Pro+ 5G tidak hanya menawarkan pengambilan gambar dengan obyek berjarak jauh. Kita juga dapat memanfaatkannya untuk menghasilkan foto potret dengan efek bokeh natural karena terdapat fitur 3x Portrait Mode.

Di sisi lain, konfigurasi lensa yang ditawarkan oleh realme 12 Pro+ 5G juga tak kalah menggoda. Perangkat tersebut soalnya sudah menggunakan sensor Sony IMX890 50MP sebagai kamera utama, lensa ultrawide 8MP, serta kamera depan dengan Sony IMX615 32MP.

Masing-masing lensa yang ditawarkan oleh realme 12 Pro+ 5G tentu mampu menghasilkan konten berkualitas dalam berbagai macam kondisi. Tim Gadgetren sendiri sudah membuktikan kemampuan pengambilan gambarnya.

2. Daya Tahan Baterai Unggulan

Daya tahan baterai dari realme 12 Pro+ 5G juga termasuk salah satu yang patut diacungi jempol. Meskipun hanya berkapasitas 5.000mAh seperti kebanyakan perangkat menengah, ponsel tersebut menawarkan siklus pemakaian lama tanpa mengisi daya.

Berdasarkan uji coba pemakaian kami, perangkat realme 12 Pro+ 5G bahkan mempunyai screen on time hingga 6 jam 13 menit untuk pemakaian dari penuh hingga 10 persen. Kebanyakan ponsel di kelasnya padahal hanya mampu menembus hingga 4 jam saja.

Diuji dengan aplikasi PCMark 8, hasilnya pun sangat tinggi. Perangkat tersebut mampu mendapatkan skor 18 jam 4 menit dari 100 persen untuk setelan kecerahan layar 50 persen dan refresh rate 60Hz. Sementara untuk refresh rate 120Hz dengan setelan sama mampu menembus 17 jam 14 menit.

Guna menopang baterainya, realme 12 Pro+ menariknya juga sudah dilengkapi dengan dukungan pengisian sangat cepat. Perangkat tersebut secara khusus menggunakan teknologi yang disebut 67W SUPERVOOC.

Teknologi pengisian daya ini bisa membuat baterai realme 12 Pro 5G penuh dalam waktu yang lebih singkat. Terbukti dalam uji coba pemakaian kami yang dapat mengisi 10 hingga 100 persen sekitar 1 jam 1 menit saja.

3. RAM dan Penyimpanan Besar

Keunggulan realme 12 Pro+ 5G juga terletak pada bagian memorinya. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan RAM maupun media penyimpanan internal berkapasitas sangat besar sebagai penunjang chipset-nya.

Tersedia dalam dua varian, realme 12 Pro+ 5G menawarkan RAM berkapasitas 8GB atau 12GB yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Kita pun masih bisa memperluasnya dengan memori virtual hingga 12GB sebagai tambahan jika merasa masih kurang.

Untuk penyimpanan datanya, realme 12 Pro+ 5G pun dapat dipilih antara 256GB atau 512GB. Kapasitasnya sudah sangat luas untuk menampung berbagai macam data maupun aplikasi tanpa khawatir cepat penuh.

Kekurangan realme 12 Pro+ 5G

1. Chipset Bisa Lebih Baik

Sayang untuk mendapatkan berbagai macam keunggulannya, realme 12 Pro+ 5G juga mengalami sejumlah penyesuaian. Perangkat tersebut di antaranya hanya menggunakan Qualcomm Snapdragon 7z Gen 2 (4nm) berkecepatan hingga 2,4GHz sebagai dapur pacu.

Kelebihan dan Kekurangan realme 12 Pro+ 5G - Kinerja

Snapdragon 7s Gen 2 sebenarnya sudah tergolong chipset baru dan kemampuannya pun cukup mumpuni untuk pemakaian di masa sekarang. Hanya saja jika melihat banderol harga realme 12 Pro+ 5G, kita bisa menemukan perangkat dengan kinerja yang lebih baik.

Sedikit tambahan informasi, realme 12 Pro+ 5G dengan Snapdragon 7s Gen 2 hanya mampu menembus skor AnTuTu di kisaran angka 600 ribuan. Padahal banyak perangkat lain dengan harga serupa menawarkan lebih dari 800 ribuan.

2. Lapisan Pelindung Layar Dipertanyakan

Mengusung panel dengan spesifikasi standar untuk sekelasnya, keandalan dari layar realme 12 Pro+ 5G sangat perlu dipertanyakan. Pihak realme soalnya tidak menyebutkan apakah perangkat tersebut sudah mengusung kaca pelindung seperti Corning Gorilla Glass atau belum.

Untungnya sebagai pengganti, realme sudah menambahkan aksesori pelindung layar yang sudah langsung diaplikasikan pada panelnya di dalam kotak penjualan realme 12 Pro+ 5G. Jadi kita tidak perlu membelinya secara terpisah.

3. Tidak Mendukung Jack Audio dan Slot Kartu Eksternal

Kita yang masih senang mendengarkan musik hingga menonton video dengan menggunakan headset atau headphone kabel pun harus sedikit legawa. Perangkat realme 12 Pro+ 5G soalnya sudah tidak dilengkapi dengan jack audio 3,5mm.

Selain itu di balik besarnya kapasitas media internal, kita juga tidak akan menemukan slot kartu eksternal pada perangkat tersebut. Jadi kita harus bijak dalam mengelola data maupun aplikasi jika tidak mau penyimpanan cepat penuh.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar