ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Qualcomm Rilis Chipset Snapdragon 7s Gen 2 Untuk Handphone Kelas Menengah

Qualcomm Rilis Chipset Snapdragon 7s Gen 2 Untuk Handphone Kelas Menengah

Gadgetren – Melengkapi chipset seri Snapdragon 7, Qualcomm kembali menghadirkan chipset varian lainnya yang bernama Snapdragon  7s Gen 2. 

Sebelumnya Qualcomm sendiri telah membawa chipset Snapdragon 7+ Gen 2 pada bulan Maret 2023 kemarin yang telah mendukung handphone kelas menengah seperti Xiaomi Redmi Note 12 Turbo, realme GT Neo 5 SE, dan POCO F5.

Kini chipset Snapdragon  7s Gen 2 akan melengkapi handphone terbaru dari Xiaomi yakni Redmi Note 13 Pro yang akan dirilis pertama kali di Tiongkok di bulan September 2023. Dari segi spesifikasinya, chipset baru ini masih menyasar segmen handphone kelas menengah namun berada di bawah Snapdragon 7+ Gen 2 dan Snapdragon 7 Gen 1.

Sama seperti saudaranya, chipset Snapdragon  7s Gen 2 telah dibuat melalui teknologi pemrosesan fabrikasi 4nm yang menggunakan CPU Octa-Core berisi 4x perfomance core hingga 2.4GHz dan 4x efficiency core hingga 1.95GHz. Selain itu juga mendukung jaringan 5G dengan modem Snapdragon X62 5G Modem-RF System.

Modem chipset tersebut mendukung 5G mmWave, sub-6 GHz, standalone (SA), non-standalone (NSA), FDD, dan TDD. Soal dukungan WiFi menggunakan Qualcomm FastConnect 6700 System berupa Wi-Fi 6E dan menggunakan Bluetooth 5.2 dan LE Audio untuk mentransmisikan audio dengan cepat.

Berkat teknologi Snapdragon Sound, handphone yang akan menggunakan chipset Snapdragon 7s Gen 2 disebut dapat menghasilkan audio pada speaker-nya yang jernih dan terasa di telinga ditambah dapat meredam suara sekitar dengan hadirnya Qualcomm aptX Voice, aptX Lossless, dan aptX Adaptive.

Pada sektor visual, GPU Adreno mampu menyajikan konten pada layar handphone yang ditenagainya memiliki kedalaman warna 10-bit atau dalam format HDR. Selain itu juga dilengkapi HDR Playback Codec berupa HLG, HDR10, dan HDR vivid sehingga gambar bisa terlihat tajam.

Kemudian dari segi tampilan, chipset Snapdragon 7s Gen 2 juga menawarkan kualitas layar beresolusi Full HD+ dan refresh rate hingga 144 Hz. Selanjutnya untuk aspek kamera, handphone yang menggunakan chpset tersebut bisa menghasilkan video hingga 4K pada 60 Hz dan kedalaman warna 10-bit.

Dengan dukungan Qualcomm Spectra Image Signal Processor, handphone dengan chipset Snapdragon  7s Gen 2 bisa menggunakan hingga tiga lensa di kamera belakang dengan resolusi masing-masing 16 MP.

Sementara itu juga mendukung konfigurasi dua kamera dengan resolusi hingga 32 MP dan 16 MP serta konfigurasi satu kamera dengan resolusi hingga 48 MP serta hingga 200MP untuk hasil foto.

Kamera belakangnya juga menyediakan fitur deteksi wajah, auto focus, auto exposure, AI De-noiser (AIDE) untuk menangkap gambar minim cahaya, kedalaman warna 10-bit untuk hasil foto dan video.

Format foto yang dihasilkan selain dengan JPG juga bisa menggunakan format 10-bit HEIF untuk foto dan HEVC untuk video. Sedangkan untuk format HDR untuk video bisa menghasilkan HDR10 dan HLG. Selain itu chipset tersebut dibekali teknologi pengisian daya cepat Quick Charge 4+.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar