ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

realme 12 Pro+ 5G – Terbaik di Kelas Menengah dengan Telefoto Periskop

Review realme 12 Pro+ 5G - Foto Portrait Jadi Lebih Puas dengan Kamera Telefoto Periskop

Mengusung slogan “Be a Portrait Master”, handphone terbaru dari realme di lini Number Series yakni realme 12 Pro+ 5G membawa kamera canggih dengan lensa telefoto periskop yang biasanya ditemukan di handphone kelas atas.

Ini tentunya menjadi kabar baik bagi mereka yang gemar mengambil foto portrait atau foto dari jarak jauh, dan ingin memiliki handphone dengan kapabilitas tersebut tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

realme menjadi brand handphone pertama yang menghadirkan teknologi ini ke kelas menengah, dengan kemampuan kamera yang sangat mengesankan.

Tak hanya itu, handphone ini juga memiliki desain yang menawan dan layar lengkung yang memukau sehingga dapat membuat kamu tampil berbeda dalam keseharian. Menambah nilai elegansi pada handphone ini.

realme 12 Pro+ 5G

realme 12 Pro+ 5G  mengadopsi desain seri pendahulunya?realme 11 Pro+ 5G?di mana bagian belakangnya memiliki tekstur kulit dan area tonjolan kamera yang melingkar, namun dengan detail tambahan yang membuat smartphone ini tampil semakin elegan.

Ada perbedaan desain di handphone terbaru ini yaitu garis pembelah bagian belakangnya kini berwarna keemasan dan menyambung dengan pinggiran area tonjolan kamera yang bergerigi seperti jam tangan mewah.

Desain ini adalah hasil kolaborasi realme dengan Ollivier Savéo, seorang pengrajin jam tangan mewah dari Prancis. Ollivier sendiri sebelumnya pernah bekerja sama dengan merek seperti Rolex dan Piaget.

realme 12 Pro+ 5G

Kombinasi warna emas dan biru yang kontras pada varian warna Submarine Blue dari realme 12 Pro+ 5G yang saya gunakan membuat handphone ini tampak premium, tidak terlihat seperti handphone kelas menengah pada umumnya.

Material premium vegan leather pada bagian belakang handphone ini terasa kesat di tangan sehingga tidak licin. Untuk bobotnya, handphone ini mencapai 196 gram yang tidak begitu berat ketika digenggam. Keseluruhan bodi handphone ini telah tersertifikasi IP65 yang mana berarti tahan terhadap debu dan juga semprotan air.

Bagian frame realme 12 Pro+ 5G menggunakan finishing mengkilap tapi menariknya untuk bagian atas dan bawah frame finishingnya seperti brushed metal walau material yang digunakan sebetulnya polikarbonat. Di bagian frame ini juga terdapat tombol standar seperti pengatur volume dan power, port USB Type-C, lubang speaker dan mic, serta slot kartu SIM ganda.

realme 12 Pro+ 5G

realme menyematkan teknologi AMOLED pada layar realme 12 Pro+ 5G yang berukuran 6,7? dan melengkung di kedua sisinya sehingga menambah tingkat kepremiumam handphone ini. Layarnya memiliki resolusi 2.412 x 1080 piksel, refresh rate 120Hz, touch sampling rate 240Hz, dan kecerahan puncak mencapai 950 nit.

Kualitas tampilan layarnya terlihat cerah dan juga kaya akan warna dalam berbagai situasi, baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. Refresh rate yang dihadirkan pun membuat animasi pada layar handphone terlihat mulus dan bisa disetel untuk disesuaikan secara otomatis refresh ratenya tergantung konten yang ditampilkan.

Menariknya realme menyematkan fitur Pro-XDR pada layar handphone ini di mana layarnya dapat meningkatkan rentang kecerahan yang ditampilkan ketika melihat foto tertentu hasil jepretan kamera.

Layar handphone ini telah mendapatkan sertifikasi TÜV Rheinland Strobe-free Certification dan TÜV Rheinland Low Blue Light Certification untuk meningkatkan kenyamanan mata selama melihat layar.

Untuk menjaga keakuratan warna dan juga meminimalisir kedipan pada layar, realme 12 Pro+ 5G menggunakan peredupan PWM 2160Hz berfrekuensi tinggi yang mana 4,5 kali lipat lebih unggul dibandingkan layar konvensional.

realme 12 Pro+ 5G

Untuk otaknya, realme 12 Pro+ 5G menggunakan chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang tergolong baru. Chipset ini memiliki 8 inti yang terdiri dari 4 inti ARM Cortex-A78 dengan kecepatan 2,4GHz dan 4 inti ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 1,95GHz. Untuk pemrosesan grafiknya terdapat GPU Adreno 710 dengan kecepatan 940MHz.

Chipset pada handphone ini dikombinasikan dengan kapasitas penyimpanan internal yang melimpah hingga 512GB dan RAM hingga 12 GB. Jika diinginkan, kapasitas RAM handphone ini bisa ditingkatkan secara virtual menjadi total hingga 24GB.

Performa realme 12 Pro+ 5G untuk kegiatan sehari-hari saya terasa lancar baik itu untuk multitasking berbagai aplikasi pekerjaan hingga berjejaring sosial. Ketika handphone ini diuji coba dengan aplikasi AnTuTu mendapatkan skor 641.672. Sedangkan di aplikasi Geekbench meraih skor 916 untuk single core dan 2.807 untuk multi core.

Soal bermain game yang menuntut performa tinggi seperti Genshin Impact, realme 12 Pro+ bisa memainkannya dengan stabil pada setelan grafis Medium dengan rata-rata FPS di kisaran 30.

realme 12 Pro+ 5G

Sebagai sistem operasinya, handphone ini menggunakan realme UI 5.0 yang berbasis Android 14 terbaru, di mana tampilannya terlihat sederhana dan mudah digunakan.

Ada beberapa fitur baru menarik di realme UI 5.0, salah satunya adalah File Dock di mana saya bisa mengambil tangkapan layar handphone untuk disimpan di File Dock dan kemudian dengan mudah mengunggahnya ke aplikasi Canva untuk diedit.

Fitur menarik lainnya adalah Smart Image Matting yang memungkinkan saya mengekstrak objek tertentu pada sebuah foto hanya dengan menyentuh dan menahan objek tersebut melalui aplikasi Photos bawaan. Hasil ekstraksi foto tersebut kemudian dapat disimpan atau disalin.

realme 12 Pro+ 5G

Keunggulan utama dari realme 12 Pro+ 5G bagi saya terletak pada kameranya. Handphone ini mengusung kamera belakang yang terdiri dari lensa utama Sony IMX890 50MP, lensa telefoto periskop OV64B 64MP, dan lensa ultrawide 8MP. Semua lensa ini dikemas dalam sebuah tonjolan kamera yang terlihat menawan.

Yang menjadi primadona tentunya adalah lensa telefoto periskopnya yang mampu melakukan perbesaran optik sebesar 3x. Lensa ini membuat saya dapat memotret objek dengan jarak jauh tanpa mengurangi kualitas dibandingkan dengan perbesaran digital standar yang biasa ditemukan pada handphone kelas ini.

realmarealme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

3x Optical Zoom

realmarealme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

3x Optical Zoom

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

3x Optical Zoom

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

3x Optical Zoom

Berkat resolusi yang besar pada lensa telefoto periskop ini membuat realme 12 Pro+ 5G bisa melakukan 6x In-Sensor Zoom di mana perbesaran foto bisa menjadi lebih jauh dengan hasil yang tetap tajam dan jernih.

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

3x Optical Zoom

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

6x In-Sensor Zoom

Bahkan realme 12 Pro+ 5G dapat memperbesar foto hingga 120x. Untuk membantu dalam mengambil bidikan kamera yang diinginkan pada mode perbesaran maksimal ini, antarmuka aplikasi kamera dilengkapi dengan bantuan mini viewfinder tambahan dan juga stabilisasi foto.

realme 12 Pro+ 5G - 120x Zoom UI

Antarmuka Zoom 120x

Lensa telefoto periskop ini juga memungkinkan pengambilan foto potret yang lebih baik, menyerupai penggunaan kamera mirrorless atau DSLR. Saya dapat lebih fokus pada wajah subjek foto tanpa harus terlalu dekat.

Selain itu, lensa telefoto ini menciptakan efek bokeh yang lebih menarik dibandingkan dengan menggunakan lensa wide biasa, karena latar belakang foto akan terlihat lebih dekat dengan subjek foto.

Jujur saja hasil foto portrait lensa ini sangat memukau saya di mana wajah subjek foto dan bahkan rambutnya terekam dengan sangat baik. Pemisahan antara subjek foto dengan latar pun terlihat rapi.

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Portrait – 3x Optical Zoom

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Portrait – 3x Optical Zoom

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Portrait – 3x Optical Zoom

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Portrait – 3x Optical Zoom

realme juga menyematkan 3 Master Camera Filter menarik yang bisa digunakan untuk membuat foto menjadi lebih dramatis yakni Maverick, Memory, dan Journey. Filter ini adalah hasil kolaborasi realme dengan sinematografer ternama Claudio Miranda yang pernah memproduksi film Life of Pi dan Top Gun: Maveric.

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Portrait – 3x Optical Zoom – Filter Journey

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Portrait – 3x Optical Zoom – Filter Maverick

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Portrait – 3x Optical Zoom – Filter Memory

Lensa utama handphone ini pun tak kalah bagus dengan sensor berukuran 1/1.56?, focal length setara 24mm dengan aperture 1/1.8, dan juga dukungan OIS. Hasil jepretan lensa utama ini terlihat memuaskan baik di kondisi terang maupun gelap, terlihat tajam dengan warna yang mendekati aslinya.

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Lensa Utama

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Lensa Utama

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Lensa Utama

Kamera realme 12 Pro+ 5G dilengkapi dengan NightEye Engine untuk mengoptimalkan pemotretan dalam kondisi gelap. Teknologi ini memanfaatkan prosesor yang ada di dalam handphone untuk kalkulasi berbasis RAW guna menghindari penurunan kualitas foto.

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Lensa Utama

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Lensa Utama

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Lensa Utama

Lensa terakhir pada kamera belakang realme 12 Pro+ 5G adalah lensa ultrawide yang mampu menghasilkan foto dengan bidang pandang yang luas sehingga cocok digunakan untuk merekam pemandangan.

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Ultrawide

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Ultrawide

Untuk keperluan selfie, realme menyematkan kamera depan Sony IMX615 32MP pada realme 12 Pro+ 5G. Hasil jepretan kamera depan ini terlihat memuaskan baik di siang maupun malam hari.

Detail permukaan wajah saya terekam dengan baik oleh kamera ini. Jika ingin wajah terlihat lebih halus, tenang saja karena ada fitur retouch yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Efek bokeh yang dihasilkan oleh kamera depan ini pun terlihat rapi.

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Selfie

realme 12 Pro+ 5G - Hasil Kamera

Selfie

Soal perekaman video, realme 12 Pro+ 5G mampu merekam hingga resolusi 4K pada 30FPS. Kualitas rekaman videonya tergolong baik. Sedikit guncangan dapat diminimalisir dengan menggunakan fitur Ultra Steady, namun dengan efek samping bahwa resolusi video hanya mencapai FHD pada 60FPS.

Untuk kamera depannya, dapat merekam video dengan resolusi FHD pada 30FPS.



realme 12 Pro+ 5G

Agar realme 12 Pro+ 5G bisa digunakan seharian, terdapat baterai berkapasitas 5.000mAh di dalamnya. Saya sangat terkesima dengan ketahanan daya baterai handphone ini karena saya bisa mendapat screen on time hingga 6 jam 13 menit untuk penggunaan sehari-hari hingga baterai 10%.

Sebagai perbandingan, biasanya di handphone lain dengan aktivitas yang mirip, saya hanya mendapat screen on time di kisaran 4 jam saja.

Ketahanan daya baterai dari handphone ini pun kembali terbukti ketika dites menggunakan aplikasi PCMark 8 di setelan kecerahan layar 50%, refresh rate 60Hz, dan baterai dari 100%. Hasilnya handphone ini mendapatkan skor 18 jam 4 menit. Tes yang sama namun di refresh rate 120Hz menghasilkan skor 17 jam 14 menit.

Tak hanya memiliki ketahanan daya baterai yang tangguh, realme 12 Pro+ 5G juga mendukung pengisian daya cepat 67W SUPERVOOC. Menggunakan charger bawaan yang sudah tersedia dalam boks handphone ini, hanya perlu waktu 1 jam 1 menit untuk mengisi daya baterai dari level 10% ke 100%.

realme 12 Pro+ 5G

Dengan kecanggihan kamera berlensa telefoto periskopnya, realme 12 Pro+ 5G jelas unggul jika dibandingkan dengan smartphone lain di kelasnya saat ini.

Handphone ini menjadi pilihan yang sangat menarik di kelas menengah dan sangat cocok buat yang gemar foto portrait ataupun foto jarak jauh, layaknya menggunakan kamera profesional. Kualitas foto yang sulit ditemukan di segmen ini.

Ditambah lagi dengan baterai yang tahan lama, bisa menemani aktivitas sehari-hari tanpa perlu khawatir tentang pengisian daya. Tampilan layarnya pun terlihat memukau dan dikombinasikan dengan desain yang premium, terbaik di segmen ini.

Kapasitas RAM yang luas dan penyimpanan internal yang besar dalam realme 12 Pro+ 5G dikombinasikan dengan chipset yang tangguh membuatnya mampu melakukan berbagai tugas tanpa kendala.

realme akan menghadirkan harga khusus untuk pembelian realme 12 Pro+ 5G pada periode Flash Sale di tanggal 3 Maret 2024. realme 12 Pro+ 5G (8GB+8GB*|256GB) akan hadir dengan harga khusus di Tokopedia, TikTok, dan realme.com, sedangkan realme 12 Pro+ 5G varian memori 12GB+12GB*|512GB akan hadir dengan harga khusus di Shopee dan realme.com.

realme 12 Pro+ 5G juga sudah mulai dapat dipesan melalui sistem pre-order secara offline di realme Brand Store di seluruh indonesia pada 29 Februari – 7 Maret 2024, yang menawarkan eksklusif benefit hingga total 2 juta rupiah.

realme 12 Pro+ 5G akan tersedia di seluruh Indonesia mulai tanggal 8 Maret 2024. Di mana khusus varian memori 12GB+12GB*|512GB eksklusif hanya dijual di Erafone.

Tinggalkan Komentar