Smartphone

Ini Keunggulan Kamera Telefoto Periskop yang Semakin Populer di Dunia Handphone

Ini Keunggulan Kamera Telefoto Periskop yang Semakin Populer di Dunia Handphone

Akhir tahun 2023 lalu, tren penggunaan kamera telefoto tampaknya semakin meningkat yang mana terlihat dari digunakannya kamera telefoto dengan zoom optik 5x di iPhone 14 Pro Max. Tren ini tentunya tidak lepas dari minat pengguna handphone, termasuk anak muda, dalam mengambil foto jarak jauh ataupun potret.

Kamera telefoto pada handphone ini memanfaatkan teknologi periskop di mana terdapat susunan cermin dan lensa yang rumit untuk mencapai focal length yang lebih besar dalam ruang terbatas pada bodi handphone yang tipis.

Ketika kita melakukan zoom foto dengan handphone yang memiliki kamera telefoto periskop, cahaya yang masuk ke kamera akan dipantulkan ke serangkaian cermin untuk kemudian diperbesar oleh lensa telfoto sebelum masuk ke sensor kamera.

Di sisi lain, zoom digital yang umumnya ditemukan pada kamera handphone bekerja dengan cara mengambil sebagian dari gambar yang ditangkap dan memperbesarnya secara digital.

Hasil foto dari zoom digital, bahkan pada kamera dengan resolusi tinggi hingga 200MP, cenderung memiliki kualitas yang lebih rendah dan terkadang tampak buram jika dibandingkan dengan hasil zoom dari kamera telefoto periskop.

Selain itu, saat melakukan pengambilan foto portrait menggunakan kamera telefoto periskop, hasilnya akan menampilkan karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan zoom digital. Pada penggunaan kamera telefoto periskop, latar belakang foto cenderung terlihat lebih dekat dengan subjek dan efek bokeh yang dihasilkan pun terlihat lebih menarik.

Karena kecanggihannya, teknologi kamera periskop ini biasanya hadir di handphone kelas premium yang harganya mungkin tidak terjangkau bagi kebanyakan orang. Namun menariknya, salah satu brand smartphone di Indonesia dikabarkan akan menghadirkan teknologi ini di salah satu lini segmen menengah mereka.

realme melalui media sosialnya secara resmi akan menghadirkan smartphone ini pada lini Number Series mereka, yakni realme 12 Series 5G. Jika mengacu pada peluncuran resminya di negara lain, diduga teknologi ini akan dihadirkan pada smartphone realme 12 Pro+ 5G.

Seperti yang kita ketahui, biasanya realme Number Series dijual dengan harga yang terjangkau namun menghadirkan beragam spesifikasi yang mumpuni sejalan dengan tren di kalangan para anak muda.

Dengan penggunaan lensa telefoto periskop di handphone realme terbaru ini tentunya membuat masyarakat umum terutama anak muda bisa lebih mudah memiliki handphone dengan teknologi kamera telefoto periskop.

Sekarang tidak perlu lagi repot membawa kamera DSLR profesional hanya untuk sekadar memotret foto dengan zoom optik. Cukup membawa handphone dengan kamera periskop telefoto seperti realme 12 Pro+ 5G.

Untuk saat ini, realme masih belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi detail maupun harga dari realme 12 Series 5G. Oleh karena itu kamu dapat memantau situs web realme dan akun media sosial mereka untuk mendapatkan informasi terbaru.

Tinggalkan Komentar