ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 13 5G, Paket Lengkap!

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 13 5G - Header

Gadgetren – Di antara berbagai macam ponsel yang diluncurkan oleh Xiaomi untuk mengawali Tahun 2024, Redmi Note 13 5G termasuk salah satu perangkat menengah yang menarik untuk dipertimbangkan.

Redmi Note 13 5G soalnya tak hanya mengandalkan jaringan 5G sebagai daya tawar. Namun, perangkat tersebut di sisi lain juga dilengkapi dengan banyak fitur menarik dan spesifikasi yang tak kalah mumpuni dibanding ponsel sekelasnya.

Perangkat tersebut juga mempunyai berbagai macam kelebihan bersama dengan kekurangan-kekurangannya. Kita dalam hal ini pun dapat memakainya untuk mempertimbangkan apakah Redmi Note 13 5G layak dipinang atau tidak jika masih ragu-ragu.

Kelebihan Redmi Note 13 5G

1. Bodi Tangguh

Meluncur di pasar menengah, Redmi Note 13 5G di antaranya mempunyai kelebihan pada bagian bodinya. Perangkat tersebut tak hanya menawarkan desain elegan tetapi juga keandalan pemakaian yang sangat baik untuk sekelasnya.

Bodi Redmi Note 13 5G soalnya sudah dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu yang memungkinkan kita menggunakan perangkat dalam berbagai macam kondisi secara lebih tenang. Adapun dalam hal ini secara khusus tersertifikasi dengan IP54.

Selain fitur tahan percikan air dan debu, perangkat tersebut juga sudah mengusung panel dengan kaca Corning Gorilla Glass 5. Kita makanya tidak perlu khawatir layar Redmi Note 13 5G bakal mudah tergores atau pecah.

Sebelum keluar ke pasaran, Redmi Note 13 5G juga telah menjalani berbagai macam tes kualitas yang sangat ketat. Xiaomi setidaknya melakukan 20.000 kali copot-pasang jack audio, 1.000 kali tes tekanan, 300 kali digelindingkan, atau 10.000 kali ketahanan konektor USB.

2. Layar Beranimasi Tinggi

Layar yang digunakan Redmi Note 13 5G di sisi lain juga cukup menarik. Perangkat tersebut sudah menggunakan panel AMOLED yang membentang hingga 6,67 inci seperti versi pro walaupun resolusinya memang hanya Full HD+ (2400 x 1080 piksel).

Panelnya pun sudah mengakomodasi pengaturan refresh rate yang sangat tinggi. Secara teknis, kita dapat menampilkan video atau game dengan animasi sampai 120Hz selama setelan di dalam konten juga sudah mendukungnya.

Ditambah lagi, layar Redmi Note 13 5G juga dilengkapi dengan berbagai macam sertifikasi dari TÜV Rheinland. Adapun di antaranya termasuk untuk paparan cahaya biru rendah, bebas kedipan, hingga kenyamanan menyesuaikan siklus sirkadian.

3. Kamera Mumpuni

Sistem kamera milik Redmi Note 13 5G pun bisa menjadi salah satu alasan pas bagi kita supaya bisa meminangnya. Perangkat tersebut dilengkapi dengan lensa utama beresolusi tinggi yang menawarkan pengambilan gambar berkualitas.

Dalam hal ini, Redmi Note 13 5G mengusung kamera utama 108MP yang mempunyai sensor berukuran 1/1,67 inci. Memungkinkan kita mengambil gambar yang dapat diperbesar hingga beberapa kali atau dicetak dalam ukuran besar tanpa khawatir akan mudah pecah.

Kamera utamanya juga membawa dukungan lensa yang tergolong lengkap untuk rentang harganya. Perangkat tersebut soalnya mempunyai sensor tambahan yang mana meliputi ultrawide beresolusi 8MP dan kedalaman 2MP.

Hanya saja untuk kamera depan, spesifikasinya memang tergolong biasa saja. Redmi Note 13 5G dalam hal ini menggunakan lensa beresolusi 16MP yang mana seharusnya sudah cukup untuk sekadar mengabadikan berbagai momen penting di kehidupan sehari-hari.

4. Baterai dan Pengisian Daya Unggulan

Untuk mengakomodasi semua kebutuhan dayanya, Redmi Note 13 5G juga membawa baterai yang termasuk besar. Perangkat tersebut secara teknis sudah bisa menampung listrik dengan kapasitas hingga 5.000mAh seperti kebanyakan perangkat di kelasnya.

Pihak Xiaomi mengklaim bahwa baterai Redmi Note 13 5G sudah mampu bertahan lama saat digunakan. Bahkan dalam data laboratorium mereka, perangkat tersebut bisa dipakai hingga 18 jam untuk memutar video atau 139 jam mendengarkan musik.

Menariknya selaras dengan pemakaian baterai berukuran besar, Redmi Note 13 5G juga dilengkapi dengan dukungan 33W Fast Charging. Perangkat tersebut makanya hanya memerlukan waktu sebentar supaya penuh dan bisa segera digunakan kembali setelah kehabisan daya.

5. Konfigurasi Dapur Pacu yang Pas

Ditunjang dengan chipset MediaTek Dimensity 6080 (6nm) yang bisa beroperasi dengan kecepatan maksimal 2,4GHz, Redmi Note 13 5G pastinya mampu diandalkan untuk menangani berbagai kebutuhan. Chipset ini mempunyai kinerja lumayan tinggi di samping sudah dilengkapi jaringan 5G.

Konfirmasi memori yang disematkan oleh Pihak Xiaomi juga sudah termasuk cukup untuk pemakaian di masa sekarang. Bahkan untuk varian tertingginya, kita bisa menemukan opsi RAM berkapasitas 8GB yang dikombinasikan bersama penyimpanan 256GB.

Kekurangan Redmi Note 13 5G

1. Slot Kartu Hibrida

Meskipun masih dibekali dengan dukungan untuk memasang kartu media penyimpanan eksternal selayaknya perangkat di kelas menengah secara umum, tipe slot yang disediakan pada Redmi Note 13 5G sayangnya bertipe hibrida.

Kita pun terpaksa harus memilih untuk memasang dua buah nomor secara bersamaan atau mengganti salah satunya dengan Micro SD. Sebagian di antara kita padahal kadang-kadang memerlukan kedua fungsi ini.

2. Belum HyperOS

Sistem yang digunakan pada Redmi Note 13 5G sayangnya juga sedikit ketinggalan. Perangkat tersebut masih mengusung MIUI 14 berbasis Android 13 padahal antarmuka HyperOS yang lebih baru sudah diperkenalkan.

Untungnya, pembaruan ke HyperOS untuk Redmi Note 13 5G tetap akan dilakukan. Walaupun kita memang perlu menunggu selama beberapa saat karena belum pasti kapan pihak Xiaomi akan melakukannya.

Bedanya dengan Redmi Note 13 4G

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 13 5G - Versi 4G

Redmi Note 13 4G

Dengan spesifikasi yang hampir mirip, Redmi Note 13 sebenarnya juga meluncur dalam model 4G. Kita pun dapat mempertimbangkannya jika tidak memerlukan jaringan 5G atau hanya mempunyai dana yang sangat terbatas.

Sebagai ganti, Redmi Note 13 4G memang mendapat sejumlah penyesuaian. Termasuk di antaranya bagian dapur pacu yang mana model tersebut menggunakan Qualcomm Snapdragon 685 (6nm) berkecepatan hingga 2,8GHz.

Penyesuaian yang diterapkan di Redmi Note 13 4G juga terletak pada bagian layarnya. Perangkat tersebut memakai lapisan pelindung layar yang lebih lawas, yakni Corning Gorilla Glass 3. Untungnya masih cukup unggul untuk rentang harganya.

Yang cukup menarik, beberapa penyesuaian di atas juga diikuti dengan sejumlah peningkatan. Redmi Note 13 4G salah satunya menawarkan tingkat kecerahan layar lebih tinggi karena dapat mencapai 1.800nits saat model 5G hanya 1.000nits.

Pada Redmi Note 13 4G, Xiaomi juga telah menyematkan pemindai sidik jari terintegrasi di layar. Mereka padahal masih menggunakan sensor kapasitif yang disematkan di bagian samping bersama tombol Power untuk model 5G.

Keunggulan Redmi Note 13 4G juga terletak pada dukungan audionya. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan speaker ganda sementara Redmi Note 13 5G hanya mengandalkan speaker dengan pengaturan volume hingga 200 persen.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar