ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

6 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 13 Pro 5G, Semakin Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 13 Pro 5G - Header

Gadgetren – Seri Redmi Note 13 meluncur dalam beberapa model yang dapat dipertimbangkan sesuai kebutuhan. Di dalamnya termasuk Redmi Note 13 Pro 5G yang dirancang untuk kelas menengah ke atas.

Redmi Note 13 Pro 5G bisa menjadi salah satu alternatif saat kita memerlukan ponsel 5G bertenaga yang bisa dipinang dengan harga terjangkau. Dapur pacunya sudah cukup mumpuni dan mempunyai dukungan yang lengkap.

Perangkat tersebut bahkan membawa sejumlah kelebihan yang tak kalah menggoda dari ponsel-ponsel di kelas menengah. Kita yang masih meragukan Redmi Note 13 Pro 5G pun dapat memakainya sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan Redmi Note 13 Pro 5G

1. Layar Menggoda

Kelebihan Redmi Note 13 Pro 5G salah satunya dapat dilihat pada layarnya. Dengan spesifikasi panel yang bisa dibilang sangat tinggi, kita kemungkinan bakal tergoda untuk meminang perangkat tersebut apabila melirik bagian ini.

Layar Redmi Note 13 Pro 5G sudah menggunakan panel AMOLED dengan tingkat kecerahan maksimal sampai 1.800nits. Ukurannya membentang hingga seluas 6,67 inci dengan rasio ke bodi kurang lebih sekitar 89,8 persen.

Yang menarik dari bagian layar Redmi Note 13 Pro 5G adalah resolusinya. Disebut dengan 1,5K CrystalRes, panel yang digunakan oleh perangkat tersebut sudah mendukung tampilan gambar sampai 2712 x 1220 piksel atau lebih tinggi ketimbang kebanyakan ponsel di kelasnya.

Selain itu, layar Redmi Note 13 Pro 5G di sisi lain juga sudah mendukung pengaturan refresh rate sangat tinggi. Perangkat tersebut mampu mengakomodasi konten baik itu game maupun video dengan animasi hingga 120Hz.

Untuk memastikan kualitas tampilannya, Redmi Note 13 Pro 5G apalagi dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos. Kenyamanan pemakaiannya pun dijamin dengan hadirnya sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk cahaya biru rendah hingga bebas kedipan.

Tidak cukup sampai di situ, Redmi Note 13 Pro 5G mencoba menggebrak pasar menengah dengan menghadirkan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass Victus. Padahal sementara ini biasanya baru tersedia untuk perangkat-perangkat kelas atas.

2. Konfigurasi Mesin Menarik

Agar dapat menunjang berbagai macam aktivitas dengan baik, kemampuan pemrosesan data dari sebuah perangkat memang menjadi hal yang perlu diperhatikan. Kita untungnya tidak perlu bersusah payah mencari karena Redmi Note 13 Pro 5G sudah dilengkapi dapur pacu yang bisa diandalkan.

Dipersenjatai dengan Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 (4nm) yang mampu dikebut dengan kecepatan maksimal hingga 2,4GHz, Redmi Note 13 Pro 5G bakalan mampu menangani berbagai macam tugas dengan lancar.

Chipset ini mempunyai kinerja yang tinggi. Mengacu informasi yang disampaikan oleh Xiaomi, Redmi Note 13 Pro 5G yang mengandalkannya bahkan mampu memperoleh skor pengujian AnTuTu hingga 600 ribuan.

Di samping chipset yang bertenaga, Redmi Note 13 Pro 5G juga dilengkapi konfigurasi memori yang cukup menarik. Perangkat tersebut sudah mengusung RAM dan media penyimpanan berukuran besar.

Untuk RAM, perangkat tersebut mempunyai kapasitas minimal 8GB yang mana dapat diperluas lagi dengan memakai fitur Memory Extension jika masih dirasa kurang. Sementara media penyimpanannya dapat dipilih mulai dari 256GB.

3. Kamera Mumpuni

Meskipun belum menggunakan kamera periskop yang kini semakin tren di pasar menengah, dukungan fotografi dari Redmi Note 13 Pro 5G pun tidak boleh dipandang sebelah mata. Perangkat tersebut soalnya sudah mengusung lensa utama beresolusi sangat tinggi.

Pihak Xiaomi dalam hal ini sudah menyematkan sensor Samsung ISOCELL HP3 yang mempunyai ukuran besar, yakni 1/1,4 inci. Lensa utama Redmi Note 13 Pro 5G makanya mendukung pengambilan gambar hingga 200MP dan mampu melakukan pembesaran sampai 4x dengan baik.

Sebagai penunjang, mereka juga menambahkan dukungan OIS (Optical Image Stabilization) yang dikombinasikan bersama EIS (Electronic image stabilization). Jadi pengambilan gambar bisa dilakukan dengan lebih stabil.

4. Baterai dan Pengisian Daya Unggulan

Guna mengimbangi kinerja dan berbagai macam dukungan yang ditawarkan, Redmi Note 13 Pro 5G untungnya juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Perangkat tersebut tercatat mampu menyimpan daya hingga sampai 5.100mAh.

Dengan baterai berkapasitas besar, Redmi Note 13 Pro 5G dapat digunakan beraktivitas tanpa perlu mengisi daya berulang kali. Data laboratorium Xiaomi menyebut bahwa perangkat tersebut bahkan dapat bertahan hingga 11 jam untuk bermain game, 16 jam menonton video, atau 136 jam memutar musik.

Apabila daya habis dan terpaksa melakukan pengisian, Redmi Note 13 Pro 5G pun sudah menggunakan dukungan 67W Turbo Charging. Kita makanya tak perlu menunggu lama agar perangkat dapat digunakan kembali karena teknologi ini hanya memerlukan sekitar 44 menit untuk membuat baterai penuh.

Kekurangan Redmi Note 13 Pro 5G

1. Tidak Mendukung Kartu Eksternal

Mengikuti tren di pasar menengah, Redmi Note 13 Pro 5G sayangnya turut menghilangkan dukungan untuk memasang kartu media eksternal. Padahal sebenarnya kadang-kadang masih sangat diperlukan oleh sebagian orang.

Untungnya, penyimpanan internal yang dibawa Redmi Note 13 Pro 5G tergolong lumayan besar. Kita di sisi lain juga hanya perlu berlangganan layanan awan atau melakukan pengelolaan data lebih baik apabila takut kepenuhan.

2. Belum HyperOS

Xiaomi sebenarnya sudah mulai mendistribusikan antarmuka sistem baru mereka, yaitu HyperOS. Hanya saja Redmi Note 13 Pro 5G sayangnya belum membawanya secara langsung melainkan justru kembali menggunakan MIUI 14 berbasis Android 13.

Meskipun begitu, Redmi Note 13 Pro 5G bukan berarti tidak akan mendapatkannya. Perangkat tersebut termasuk ke dalam jajaran ponsel yang akan mendapatkan pembaruan ke HyperOS tetapi belum bisa dipastikan kapan waktunya.

Bedanya dengan Redmi Note 13 Pro 4G

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 13 Pro 5G - Versi 4G

Redmi Note 13 Pro 4G

Seri Redmi Note 13 Pro menariknya tak hanya hadir dalam versi 5G saja melainkan terdapat juga versi 4G yang dapat kita pertimbangkan. Kita dapat memilihnya apabila tidak memerlukan dukungan jaringan mutakhir atau perangkat yang lebih murah.

Hanya saja sebagai gantinya, spesifikasi yang ditawarkan oleh Redmi Note 13 Pro 4G memang mengalami beberapa penyesuaian. Kelebihan dan kekurangan yang diusungnya pun sedikit berbeda dari versi 5G.

Pada bagian dapur pacu, perangkat tersebut misalnya tidak menggunakan Snapdragon 7s Gen 2 tetapi hanya MediaTek Helio G99. Maka dari itu kemampuannya pun sedikit menurun karena chipset ini secara umum hanya memperoleh skor AnTuTu di kisaran 450 ribuan.

Bagian layar Redmi Note 13 Pro 4G juga mendapat sejumlah penyesuaian. Meskipun masih mendukung refresh rate hingga 120Hz dan ukuran 6,67 inci, panelnya hanya mempunyai tingkat kecerahan sampai 1.300nits dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel).

Lapisan pelindung layar yang digunakan juga bukan Gorilla Glass Victus. Xiaomi menurunkan spesifikasinya menjadi Gorilla Glass 5 yang secara teknis mempunyai kemampuan di bawahnya. Untung, pemakaian generasi ini masih cukup unggul untuk banderol harganya.

Kapasitas baterai Redmi Note 13 Pro 5G juga lebih kecil. Hanya saja selisihnya memang tidak terlalu banyak karena ponsel tersebut masih mampu menampung daya hingga 5.000mAh. Masih sebesar perangkat menengah secara umum.

Menariknya, Redmi Note 13 Pro 4G di sisi lain justru masih dilengkapi dengan dukungan untuk memasang Micro SD hingga 1TB. Walaupun slot yang disediakan dalam hal ini menggunakan tipe hibrida sehingga kita harus memilih antara memakai SIM ganda atau mengganti satunya dengan penyimpanan eksternal.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar