ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Smartphone

Inilah Hasil Foto dan Penampakan dari Redmi Note 13 5G yang Segera Dirilis di Indonesia

Xiaomi Redmi Note 13 5G - Back

Sebelum waktu peluncuran resminya tiba di Indonesia, Xiaomi mengadakan acara bertajuk ICONIC 108 MP Mobile Photoshop Experience untuk menunjukkan kemampuan dari kamera Redmi Note 13 Series.

Dalam acara tersebut, tim Gadgetren berkesempatan untuk melakukan hands-on dari dekat sekaligus mencoba kemampuan kamera dari Redmi Note 13 5G ketika membidik objek pada kondisi minim cahaya.

Dari bagian depannya, Redmi Note 13 5G dilengkapi layar penuh 6,67 inci dengan bezel yang tipis dan memiliki punch hole sehingga membuat saya dapat melihat berbagai konten dengan area yang luas.

Xiaomi Redmi Note 13 5G - Display

Sementara layarnya mempunyai refresh rate hingga 120Hz yang dapat menampilkan gerakan transisi antar menu yang halus sehingga memanjakan mata. Secara bawaan, layar Redmi Note 13 5G akan diatur ke Auto Switch Refresh Rate sehingga kecepatan refresh rate dapat berubah secara otomatis tergantung dari konten yang ditampilkan layar.

Redmi Note 13 5G menggunakan layar AMOLED dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dan dilindungi Corning Gorilla Glass 5 yang mampu menampilkan konten dengan terang serta jernih.

Beralih ke sisi kanannya terdapat tombol Volume, sensor Fingerprint, dan Power yang disusun secara vertikal. Sementara pada sisi kirinya terdapat SIM Tray yang di dalamnya terdapat slot hybrid yang dapat dimasukkan dua kartu SIM tanpa microSD atau satu kartu SIM + satu microSD.

Pada sisi bawahnya terlihat hadirnya port USB Type-C dan lubang speaker. Sementara port jack audio dan sensor Inframerah terdapat pada sisi atasnya. Sensor NFC (Near Field Communication) pun disematkan di bagian belakangnya sehingga memudahkan untuk mengecek atau mengisi saldo kartu e-money.

Xiaomi Redmi Note 13 5G - All Side

Sertifikasi IP54 yang dihadirkan pada perangkat ini membuktikannya telah tahan terhadap debu dan cipratan air. Dukungan Bluetooth 5.3, Wi-Fi, Face Unlock, baterai 5.000mAh, 33W Fast Charging, dan MIUI 14 berbasiskan Android 13 pun turut dihadirkan pada Redmi Note 13 5G.

Perangkat ini hadir dengan dua varian warna yang terdiri dari Arctic White dan Graphite Black. Saya sendiri kebetulan melakukan hands-on terhadap Redmi Note 13 5G varian Arctic White.

Menurut saya sendiri varian Arctic White menghadirkan dominasi warna putih yang memiliki ornamen seperti guratan es yang membuatnya terlihat cantik ketika terkena pantulan cahaya dan dilihat secara kasat mata.

Permukaan belakangnya pun tidak licin sehingga terasa nyaman ketika digenggam dengan satu tangan. Debu dan sidik jari juga tidak mudah menempel pada bagian belakangnya. Namun softcase tambahan dalam paket penjualannya pun dapat disematkan agar permukaan belakang Redmi Note 13 5G lebih terlindungi.

Xiaomi Redmi Note 13 5G - Camera

Masih pada bagian belakangnya, terdapat kotak melengkung yang di dalamnya terlihat dua lingkaran besar dan dua lingkaran lebih kecil. Dua lingkaran besar ini berisikan kamera utama 108 MP bukaan f/1.7 dan ultrawide 8 MP bukaan f/2.2.

Sementara dua lingkaran kecil berisikan kamera makro 2 MP bukaan f/2.4 dan LED Flash. Pada acara ICONIC 108 MP Mobile Photoshop Experience, saya pun berkesempatan memotret subjek dalam kondisi cukup cahaya maupun remang-remang.

Saya menggunakan kamera utama untuk memotret subjek dengan mode Auto, 2x Zoom, dan 108 MP. Meskipun tidak mempunyai kamera telephoto, namun 2x Zoom yang dihasilkan oleh ponsel ini bisa dibilang mampu menghasilkan foto yang berkualitas baik.

Dengan menggunakan mode Auto, kamera utama dengan hasil foto yang bagus dengan komposisi warna yang terlihat vivid, subjek yang fokus, dan kondisi lingkungan yang jelas. Sementara pada kondisi remang-remang mampu mempertahankan kualitas foto dengan hasil yang bagus, dimana subjek masih terlihat jelas.

Pada saat menggunakan 2x Zoom, hasil foto di kondisi cukup cahaya dan remang-remang pun masih mampu menampulkan foto yang memiliki terang dan minim noise. Sementara untuk menghadirkan detail yang lebih tinggi, saya pun turut menggunakan resolusi 108 MP yang hasil fotonya pun terlihat bagus juga.

Xiaomi Redmi Note 13 5G - Prefer Light - Auto

Auto

Xiaomi Redmi Note 13 5G - Prefer Light - 108 MP

108 MP

Xiaomi Redmi Note 13 5G - Prefer Light - 2x Zoom

2x Zoom

Xiaomi Redmi Note 13 5G - Low Light - Auto

Auto

Xiaomi Redmi Note 13 5G - Low Light - 108 MP

108 MP

Xiaomi Redmi Note 13 5G - Low Light - 2x Zoom

2x Zoom

Berkat hadirnya fitur HDR, kamera utamanya mampu mempertahankan detail foto agar subjek maupun lingkungan sekitarnya terlihat jelas walaupun berada pada kondisi kontras yang tinggi akibat lampu neon berwarna-warni pada pemotretan remang-remang.

Menurut saya sendiri, kamera utama yang dimiliki oleh Redmi Note 13 5G cukup menjanjikan. Namun apabila kamu ingin mengetahui kemampuan kamera, spesifikasi, dan harganya lebih lengkap dapat menunggunya hingga waktu peluncuran tiba di Februari 2024.

Sebagai tambahan, ponsel ini akan diotaki MediaTek Dimensity 6080 (6nm) Octa-Core 2,4 GHz yang memiliki performa bertenaga. Chipset ini juga membuat Redmi Note 13 5G mampu mendukung jaringan 5G.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar