ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan VoLTE di HP Agar Bisa Telepon Lewat Internet

Cara Mengaktifkan VoLTE di HP Header

Gadgetrem – Voice Over Long Term Evolution atau biasa disebut VoLTE merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna dapat melakukan telepon maupun video call berkualitas HD melalui jaringan LTE.

Dengan VoLTE, kamu dapat menghubungi pengguna ponsel lain melalui internet tanpa perlu aplikasi chat sama sekali. Namun perlu dicatat bahwa untuk bisa menikmati layanan ini, ponsel maupun operator yang digunakan harus mendukung VoLTE yang mana Smartfren, Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata, dan AXIS sudah termasuk di antaranya.

Kamu pun  dapat mengecek di situs resmi masing-masing operator untuk mengetahui kompatibilitasnya dengan seri ponsel apa saja. Kamu juga dapat melihatnya langsung di aplikasi Settings ponsel mengenai dukungan VoLTE.

Cara Mengaktifkan VoLTE di HP

  1. Pastikan kartu SIM telah terpasang di perangkat.
  2. Akses aplikasi Settings.
  3. Pilih menu Mobile Network atau Network & Internet.
  4. Pilih SIM 1 atau SIM 2 tergantung dari letak kartu SIM dengan VoLTE.
  5. Tekan tombol toggle VoLTE ke posisi aktif.

Jika kamu tidak menemukan pengaturan VoLTE dengan langkah di atas, maka kamu bisa melakukan pencarian pada kolom Search dan menulis kata VoLTE untuk langsung di arahkan pada menu yang tersedia. Pasalnya letak menu terkadang berbeda untuk seri ponsel tertentu.

Setelah fitur VoLTE telah aktif, maka kamu dapat langsung melakukan panggilan atau video call ke teman maupun keluarga secara langsung melalui aplikasi Phone tanpa perlu harus memilih menu berbeda.

Namun perlu dicatat bahwa penerima telepon atau video call harus juga memiliki ponsel menggunakan kartu dari operator yang sudah mendukung teknologi VoLTE untuk bisa saling berkomunikasi.

Dengan menggunakan jaringan VoLTE, seharusnya panggilan telepon yang kamu lakukan kini memiliki kualitas yang jernih atau HD (High Definition) dibandingkan dengan telepon biasa.

Apalagi jaringan 3G sudah dimatikan di Indonesia sehingga memang untuk melakukan panggilan telepon biasa akan lebih cenderung menggunakan jaringan 2G yang mana kualitasnya tidak sebaik.

Meskipun memang kualitas suara panggilan yang dihasilkan jernih, namun tidak dapat dipungkiri masyarakat Indonesia lebih senang melakukan telepon atau video call melalui aplikasi Chat seperti WhatsApp, LINE, Telegram, dan lainnya karena sebagian besar orang sudah memilikinya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar