Mading Tekno

Mengenal Teknologi VoLTE yang Bisa Membuat Panggilan Telepon Lebih Baik

Apa Itu VoLTE Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – VoLTE tentu dapat menjadi pilihan tepat untuk berkomunikasi di masa kini. Teknologi tersebut soalnya dapat memberikan pengalaman komunikasi lebih baik dari apa yang sudah ada sebelumnya.

Ditambah lagi, operator telekomunikasi di Indonesia kini umumnya sudah mempunyai dukungan untuk menggunakan teknologi tersebut. Berbagai macam handphone yang meluncur belakangan pun tak luput untuk mengadopsinya.

Kita sayangnya belum memanfaatkan dukungan VoLTE yang sudah tersedia di berbagai macam daerah maksimal. Bahkan bagi sebagian di antara kita, teknologi telekomunikasi mutakhir tersebut kemungkinan masih akan terdengar cukup asing.

Tentang Teknologi VoLTE

VoLTE adalah singkatan dari “Voice over Long-Term Evolution” yang mana jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia merujuk pada dukungan panggilan suara melalui jaringan LTE. Teknologi tersebut secara sederhana akan mengizinkan kita menelepon seseorang dengan kualitas suara yang lebih jernih.

Dengan kapasitas data lebih besar dan pemakaian bandwidth cukup rendah yang ditawarkan jaringan LTE sebagai medianya, teknologi tersebut diklaim mampu mentransmisikan suara berkualitas HD (High-Definition) sehingga akan terdengar lebih jelas saat kita melakukan panggilan telepon.

Pemakaian jaringan LTE dalam teknologi VoLTE juga akan mengizinkan pengguna melakukan panggilan telepon dan berselancar di internet (browsing, berjejaring dengan media sosial, maupun bermain game) secara bersamaan.

Panggilan suara menggunakan VoLTE umumnya akan berlaku seperti telepon konvensional sehingga tak akan mempengaruhi kuota internet. Namun tentu saja, setiap operator mempunyai tarif dasar yang berbeda-beda dalam hal ini termasuk dalam penetapan paket-paketnya.

Untuk menggunakan panggilan VoLTE, kita sayangnya memerlukan handphone, firmware, jaringan, hingga operator yang mendukungnya. Ekosistem tersebut hanya bisa dimanfaatkan jika semua aspek penting ini terpenuhi.

Kita di sisi lain kadang-kadang juga masih perlu mengaktifkannya secara manual meskipun handphone sudah membawa teknologi tersebut sejak awal. Pengaturannya pun untungnya mudah untuk dilakukan sebagaimana dalam ulasan berikut.

Cara Mengaktifkan VoLTE di handphone

  1. Pastikan handphone mempunyai sistem paling mutakhir
  2. Buka pengaturan di handphone
  3. Cari dan buka bagian setelan jaringan
  4. Masuk ke menu jaringan seluler
  5. Aktifkan opsi Panggilan VoLTE jika tersedia

Secara umum, menyetel VoLTE di berbagai macam handphone dapat dilakukan dengan metode tersebut. Kita hanya saja perlu menyesuaikan langkah-langkahnya karena setiap perangkat tentu mempunyai menu pengaturan yang berlainan.

Tinggalkan Komentar