ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan POCO X6 5G, Raja Baru Rp3 Jutaan?

Kelebihan dan Kekurangan POCO X6 5G - Header

Gadgetren – Perangkat POCO X6 5G memang bisa menjadi kandidat sangat kuat saat kita sedang mencari ponsel baru serba bisa yang dibanderol dengan kisaran angka Rp3 jutaan untuk dipinang.

Dilepas dengan harga promo Rp3.799.000 dari banderol normal Rp3.999.000, POCO X6 5G soalnya menawarkan spesifikasi dan dukungan yang tergolong tinggi. Sebagian di antaranya bahkan tercatat sebagai kelebihan yang membuatnya semakin layak diperhitungkan.

Hanya saja di balik berbagai macam kelebihan tersebut, POCO X6 5G masih mempunyai beberapa kekurangan. Kita pun perlu memperhatikannya sebelum memutuskan untuk meminang perangkat ini supaya nanti tidak kecewa.

Kelebihan POCO X6 5G

1. Chipset 5G Bertenaga

Sesuai dengan penamaannya, POCO X6 5G menawarkan jaringan 5G sebagai salah satu keunggulannya. Perangkat ini pun menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 untuk menghadirkan dukungan mutakhir tersebut.

Snapdragon 7s Gen 2 sendiri termasuk chipset menengah yang sangat bertenaga. Dibangun dengan Qualcomm Kryo 670 yang memakai basis ARM Cortex-A78 dan Cortex-A55, kita secara teknis bisa memacunya dengan frekuensi hingga 2,4GHz.

Berdasarkan uji coba internal perusahaan, chipset bermanufaktur 4nm tersebut bahkan bisa mengemas skor AnTuTu sampai 640.170 poin. Meningkat hingga 31 persen pada CPU dan 57 persen pada 57 persen dibanding generasi sebelumnya.

2. Konfigurasi Memori yang Luas

Menemani chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang dibawanya, POCO X6 5G juga mempunyai konfigurasi memori yang sangat menjanjikan. Perangkat satu ini terlihat mengusung dukungan RAM dan media penyimpanan internal berkapasitas sangat besar.

Di Indonesia, POCO X6 5G meluncur dalam satu varian memori. RAM miliknya sudah berkapasitas 12GB sementara media penyimpanan internalnya dapat menampung data hingga sebesar 256GB. Cukup lega untuk pemakaian di masa sekarang.

Khusus untuk RAM, POCO X6 5G apalagi juga menyediakan fitur Dynamic RAM Expansion 3.0 terbaru. Kita dapat memakainya untuk mendapatkan tambahan dari memori virtual dengan total sampai 20GB jika pengoperasian dirasa masih kurang berjalan lancar.

3. Layar Menarik

Layar POCO X6 5G juga menjadi salah satu keunggulan yang tak boleh kita lewatkan. Panel bernama Flow AMOLED yang digunakan oleh perangkat ini soalnya sudah menggunakan resolusi 2712 × 1220 piksel dengan bingkai yang sangat tipis.

Panelnya pun mempunyai tingkat kecerahan yang sangat tinggi di mana maksimal dapat menyentuh angka 1.800nits. Animasi yang ditayangkan juga bisa terlihat sangat halus sesuai pengaturan konten karena POCO X6 5G mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Selain itu, layar POCO X6 5G juga sudah mengemas tiga buah sertifikasi dari TÜV Rheinland. Adapun dalam hal ini untuk penyesuaian ritme sirkadian, cahaya biru rendah, serta bebas kedipan. Ketiganya akan memastikan bahwa perangkat dapat digunakan secara lebih nyaman dan aman untuk mata.

Jangan dilupakan juga, layar perangkat menengah ini pun sudah mendukung teknologi pemindai sidik jari terintegrasi. Kebanyakan generasi sebelumnya padahal masih menggunakan sensor kapasitif yang disematkan di sisi samping bersama tombol Power.

4. Fitur Multimedia Lengkap

Bersama dengan layarnya yang menarik, POCO X6 5G juga membawa fitur multimedia yang terbilang sangat lengkap. Jadi kita dapat menikmati berbagai macam konten hiburan atau bermain game dengan pengalaman lebih menyenangkan.

Pada bagian layar, POCO X6 5G misalnya sudah dilengkapi dengan teknologi Dolby Vision. Fungsinya untuk menyesuaikan kontras, produksi warna, maupun kecerahan sehingga mampu menghasilkan gambar HDR yang lebih baik.

POCO X6 5G di sisi lain juga sudah dilengkapi speaker ganda dengan teknologi Dolby Atmos sebagai penunjang. Bisa membuat suara saat mendengarkan musik, menonton video, atau bermain game terdengar secara lebih nyata.

Tidak ketinggalan, perangkat ini juga masih mempunyai dukungan untuk memasang peranti suara kabel dengan jack audio 3,5mm. Terdapat juga dukungan Hi-Res Audio maupun Hi-res Audio Wireless yang memungkinkan pemutaran suara berkualitas tinggi.

5. Baterai dan Pengisian Daya Mumpuni

Untuk menambahkan kenyamanan dalam pemakaian, POCO X6 5G menariknya juga dilengkapi dengan baterai yang tergolong besar. Perangkat ini secara teknis mampu mempunyai kapasitas penyimpanan daya hingga 5.100mAh.

Baterai POCO X6 5G disebut-sebut mampu bertahan sampai 14 hari dalam mode siaga. Jika digunakan untuk beraktivitas, kita dapat memakainya untuk menjelajah internet hingga lebih dari 11 jam, menonton video daring 20 jam, atau menelepon 31 jam.

Yang sangat menarik, POCO X6 5G sudah dilengkapi dengan teknologi 67W Turbo Charging untuk menemani baterainya. Pengisian dayanya pun bisa berjalan dengan lebih singkat di mana hanya memerlukan waktu 44 menit hingga kapasitas penuh saat diperlukan.

6. Bodi Tangguh

Saat menggunakan POCO X6 5G, kita nanti juga dapat beraktivitas secara lebih tenang. Bodi perangkat ini cukup tangguh untuk pemakaian di berbagai macam kondisi karena sudah dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu tersertifikasi IP54.

Perangkat ini juga sudah membawa pelindung layar Corning Gorilla Glass Victus yang sangat kuat. Adapun bagi kamu yang belum tahu, lapisan khusus tersebut umumnya baru digunakan untuk ponsel-ponsel papan atas.

7. Dukungan Kamera Unggulan

Sistem fotografi yang diusung oleh POCO X6 5G pun termasuk komplit. Selain lensa utama 64MP, kamera depan 16MP, dan sensor makro 2MP, perangkat ini soalnya juga mempunyai sensor ultra-wide beresolusi 8MP yang memungkinkan pengambilan gambar dengan sudut pandang lebih luas.

Kamera utama dari POCO X6 5G di sisi lain juga sudah dilengkapi dengan sensor OIS (Optical Image Stabilization) yang dikombinasikan bersama teknologi EIS (Electronic Image Stabilization). Jadi pengambilan gambarnya bisa semakin stabil.

Kekurangan POCO X6 5G

1. Tidak Membawa Slot Kartu Eksternal

Meskipun masih mengusung jack audio 3,5mm sebagai penunjang aktivitas para pengguna, POCO X6 5G sayangnya sudah mengikuti jejak perangkat papan atas dengan menghilangkan dukungan slot kartu penyimpanan eksternal.

Untungnya, media penyimpanan internal yang dibawa oleh POCO X6 5G tergolong sangat besar. Kita pun mungkin hanya perlu mengelola data semisal dengan menghapus atau memindahkan berkas secara lebih sering kalau masih dirasa kurang.

2. Tidak Langsung Menggunakan HyperOS

Meluncur sebagai ponsel baru di Tahun 2024, POCO X6 5G sayangnya juga masih mengandalkan sistem operasi Android 13 yang dibalut dengan antarmuka sistem MIUI 14. Padahal model Pro yang meluncur bersamanya sudah memakai Android 14 dengan HyperOS.

Kabar baiknya, POCO X6 5G dijanjikan akan memperoleh dukungan pembaruan mayor hingga tiga tahun dan patch keamanan empat tahun. Jadi perangkat ini tetap akan memperoleh peningkatan sistem ke HyperOS tetapi pada saat artikel diterbitkan waktunya belum bisa dipastikan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar