ASUS TUF Gaming FX507
Review Handphone

Review OPPO Reno11 Pro 5G – Kamera dan Performa Jadi Andalan

Review OPPO Reno11 Pro 5G - Kamera dan Performa Jadi Andalan

Review OPPO Reno11 Pro 5G
  • Rating
4

Kesimpulan

Reno11 Pro 5G merupakan handphone premium dari OPPO yang mengusung chipset MediaTek Dimensity 8200, kamera mumpuni, RAM 12 GB, dan penyimpanan internal 512 GB.

Yang Disukai

  • Performa bertenaga
  • Kamera mampu menghasilkan foto bagus
  • Layar OLED 120Hz
  • Pengisian daya sangat cepat
  • Daya tahan baterai lama
  • Desain cantik
  • Dapat Menjadi Remote Control

Yang Tidak Disukai

  • Tidak ada IP Rating
  • Speaker mono

Gadgetren – Sebagai salah satu ponsel premium dari OPPO, Reno11 Pro 5G menghadirkan beragam fitur menarik yang dapat menunjang pemakaian harian dari penggunanya.

Dijual dengan harga Rp8.999.000, Reno11 Pro 5G sudah didukung dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama, telefoto, dan ultrawide sehingga dapat memudahkan pengguna untuk mengabadikan momen berharga yang tidak bisa diulang lagi.

Ponsel ini memiliki kinerja yang bertenaga berkat penggunaan chipset MediaTek Dimensity 8200 Octa-Core. Sementara baterai berkapasitas 4.600mAh dan fitur 80W SUPERVOOC pun turut dibenamkan pada OPPO Reno11 Pro 5G.

Desain

OPPO Reno11 Pro 5G - Center Back

Pada kesempatan kali ini, kebetulan saya mencoba OPPO Reno11 Pro 5G varian Putih Mutiara atau Pearl White yang memang menjadi warna unggulannya dengan desain yang terlihat menarik.

Pada permukaan belakang varian Putih Mutiara menghadirkan warna yang terinspirasi dari kilauan mutiara dan pasir putih. Didominasi dengan warna putih cerah ditambah dengan tekstur unik seperti gumpalan pasir dan titik-titik berkilau membuatnya terlihat cantik ketika terkena pantulan cahaya.

Bahkan debu dan noda sidik jari pun tidak menempel pada bagian belakang OPPO Reno11 Pro 5G. Meskipun permukaan belakangnya sedikit terasa licin karena menggunakan bahan kaca, namun saya masih dapat dengan baik menggenggamnya menggunakan satu tangan karena pada bagian kiri dan kanannya melengkung sehingga dapat terasa pas dengan telapak tangan.

OPPO Reno11 Pro 5G - Back Bottom Logo

Namun untuk lebih menambah kenyamanan dalam memegang ponsel ini, sebaiknya kita langsung menggunakan softcase yang sudah disediakan di dalam dus penjualannya.

Masih pada bagian belakangnya, terdapat kotak melengkung yang di dalamnya terdapat dua lingkaran besar dengan dua kamera di lingkaran atas dan satu kamera serta tulisan Aspherical Lens di lingkaran bawah.

Beralih ke sisi kanan terdapat tombol Volume dan Power yang disusun secara vertikal. Sementara pada sisi bawahnya terdapat slot kartu SIM ganda, port USB Type-C, dan lubang speaker.

OPPO Reno11 Pro 5G - All Side

Pada sisi atasnya terdapat sensor Infra Red atau Infra Merah yang memungkinkan OPPO Reno11 Pro 5G menjadi remote control bagi perangkat elektronik lain seperti Televisi, AC, proyektor, DVD Player, kipas angin, dan lainnya.

Sensor NFC (Near Field Communication) tepat disematkan pada bagian belakang ponsel ini sehingga memudahkan saya untuk mengecek atau mengisi saldo kartu e-money secara instan.

Layar

OPPO Reno11 Pro 5G - Display HandsOn

Secara kasat mata, ponsel ini mempunyai layar yang memenuhi bagian depan dengan lengkungan di sebelah kiri serta kanan sehingga membuatnya terlihat seolah-olah memiliki bezel sangat tipis dan mampu menampilkan konten dengan area yang luas.

Reno11 Pro 5G dilengkapi layar 6,7 inci dengan teknologi OLED, resolusi Full HD+ (2412 x 1080 piksel), kedalaman 1,07 miliar warna, tingkat kecerahan hingga 950nits, 100% DCI-P3, 100% sRGB, HDR10+, dan dilindungi AGC yang mampu menampilkan konten dengan terang serta jernih sehingga membuat mata saya nyaman.

Dengan refresh rate 120Hz, layarnya mampu menampilkan gerakan transisi dan animasi game yang halus sehingga memanjakan mata. Namun apabila ingin lebih hemat dalam mengonsumsi energi, maka refresh rate dapat diatur ke Auto Select atau Standard.

OPPO Reno11 Pro 5G - Side Display Diagonal 2

Jika memilih Auto Select, maka kecepatan refresh rate akan berganti secara otomatis tergantung konten yang sedang ditampilkan layar. Namun apabila memilih Standard, maka kecepatan refresh rate dikunci ke 60Hz saja.

Berkat Touch Sampling Rate 240Hz, sentuhan jari terhadap layar OPPO Reno11 Pro 5G terasa responsif sehingga saya merasa nyaman ketika melakukan navigasi, menjalankan aplikasi, maupun memainkan game.

Memiliki sertifikasi Widevine L1, layar ponsel ini dapat menampilkan video dengan kualitas Full HD dari aplikasi streaming seperti Netflix, Amazon Prime Video, VIU, dan YouTube.

Mengikuti tren saat ini, OPPO Reno11 Pro 5G sudah dibekali dengan sensor fingerprint di bawah layar. Pada saat mencobanya, saya sendiri merasa bahwa sidik jari dapat direspon dengan baik sehingga mempercepat pembukaan kunci layar tanpa perlu memasukkan PIN, Password, dan Pattern terlebih dulu.

Software

OPPO Reno11 Pro 5G - Display HandsOn Center

Dari sisi tampilan, ColorOS 14 berbasis Android 14 milik Reno11 Pro 5G tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan ColorOS 13 karena mengusung tampilan sederhana dimana terdapat ikon dan teks yang terasa proporsional yang nyaman dilihat mata.

Pada ColorOS 14 terdapat fitur Aqua Dynamic dengan ikon melayang dinamis di bagian atas layar ketika ponsel ini dijadikan tethering hotspot untuk perangkat lain, notifikasi, transfer data antar ponsel, dan masih banyak lagi.

Tentunya saya dapat melakukan aktivitas multitasking lebih lancar berkat hadirnya fitur Split Screen, dimana dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar, seperti melakukan chat WhatsApp sambil menonton video di YouTube.

OPPO Reno11 Pro 5G - ColorOS 14

Penggunaan Dark Mode membuat saya nyaman ketika menikmati konten dalam kondisi redup atau malam hari karena membuat latar belakang sistem dan berbagai aplikasi menjadi berwarna hitam.

Tak ketinggalan, App Cloner mampu menggandakan aplikasi sehingga saya dapat menjalankan dua akun chat atau media sosial dari aplikasi yang sama dalam satu perangkat.

Sebagai informasi, App Cloner sendiri telah mendukung beberapa aplikasi chat serta media sosial seperti Facebook, WhatsApp, LINE, Telegram, Snapchat, Zalo, Viber, Telegram, Messenger, dan Snapchat.

Kamera

OPPO Reno11 Pro 5G - Back Camera 2

OPPO Reno11 Pro 5G mengusung tiga kamera belakang dengan komposisi kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8 ditambah OIS (Optical Image Stabilization), ultrawide 8 MP dengan bukaan f/2.2, dan telefoto 32 MP dengan bukaan f/2.0. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 32 MP dengan bukaan f/2.4.

Dengan resolusi yang besar, kamera utama perangkat ini dapat menghasilkan foto yang tajam dan berkualitas bagus baik di kondisi siang hari maupun malam hari. Apalagi pada saat menggunakan Auto Mode di aplikasi kamera bawaannya, maka fitur Night Mode akan aktif secara otomatis sehingga hasil fotonya terang dan minim noise.

Kamera ultrawide pada perangkat ini mampu menghasilkan foto dengan area yang luas secara instan dibandingkan harus mengaktifkan Panorama Mode terlebih dulu. Saya merasa bahwa kamera ultrawide dapat memberikan area yang lebih luas dibandingkan dari kamera utamanya.

Kamera telefoto pada ponsel ini mampu melakukan 2x Optical Zoom sehingga memberikan kemampuan untuk membidik objek dari jarak jauh dengan kualitas hasil foto yang tetap terjaga. Selain itu, kamera telefoto ini juga dapat digunakan untuk mengambil foto dengan 2x Portrait Mode.

OPPO-Reno11-Pro-5G-Zurich-Fix

50 MP

OPPO-Reno11-Pro-5G-Selfie-CommuterLine

50 MP

OPPO-Reno11-Pro-5G-1x-Patung

50 MP

OPPO-Reno11-Pro-5G-Restoran

50 MP

OPPO-Reno11-Pro-5G-Janjiw

50 MP

OPPO-Reno11-Pro-5G-LRT-Ultrawide-fix

Ultrawide

OPPO-Reno11-Pro-5G-LRT-1x-fix

Auto

OPPO-Reno11-Pro-5G-LRT-2x-Fix

2x Zoom

OPPO-Reno11-Pro-5G-Gedung-Ultrawide-Malam

Ultrawide

OPPO-Reno11-Pro-5G-Gedung-1x-Malam

Auto

OPPO-Reno11-Pro-5G-Gedung-2x-Malam

2x Zoom

Sementara untuk 1x Portrait akan memanfaatkan kamera utama yang dimiliki oleh OPPO Reno11 Pro 5G. Hasil foto Portrait dengan pembesaran 2x dapat memberikan kesan background yang terlihat lebih dekat dengan subjek foto dibandingkan ketika menggunakan kamera utama atau 1x Portrait.

Namun apabila kamu memotret pada posisi yang sama, maka hasil foto dari 2x Portrait akan membuat subjek terlihat lebih dekat dan besar dibandingkan dari hasil 1x Portrait.

OPPO-Reno11-Pro-5G-1x-Portrait

1x – Portrait

OPPO-Reno11-Pro-5G-2x-Portrait

2x – Portrait

OPPO-Reno11-Pro-5G-2x-Portrait-SamePosition

2x – Portrait

OPPO-Reno11-Pro-5G-1x-Portrait-Malam

1x Portrait

OPPO-Reno11-Pro-5G-2x-Portrait-Malam

2x – Portrait

OPPO-Reno11-Pro-5G-2x-Portrait-Malam-SamePosition

2x Portrait

Untuk kamera depannya dapat menghasilkan foto selfie dengan baik ketika diabadikan pada kondisi siang maupun malam hari. Sementara itu, kamera depannya juga dapat menggunakan fitur Portrait yang memungkinkan subjek tetap terlihat jelas, namun latar belakang memiliki efek bokeh pada foto yang dihasilkan.

Pada aplikasi kamera bawaan ponsel ini, saya dapat menghasilkan foto selfie dengan 0,8x Zoom (Wide) dan 1x Zoom (Auto). Pada saat mengaktifkan 0,8x Zoom, maka saya dapat menghasilkan foto selfie dengan area yang sedikit lebih luas dibandingkan 1x Zoom.

OPPO-Reno11-Pro-5G-Selfie-Wide-Auto

Selfie – Wide Auto

OPPO-Reno11-Pro-5G-Selfie-Wide-Portrait

Selfie – Wide Portrait

OPPO-Reno11-Pro-5G-Selfie-1x-Auto

Selfie – 1x Auto

OPPO-Reno11-Pro-5G-Selfie-1x-Portrait

Selfie – 1x Portrait

OPPO-Reno11-Pro-5G-Selfie-Wide-Auto-Malam

Selfie – Wide Auto

OPPO-Reno11-Pro-5G-Selfie-Wide-Portrait-Malam

Selfie – Wide Portrait

OPPO-Reno11-Pro-5G-Selfie-1x-Auto-Malam

Selfie – 1x Auto

OPPO-Reno11-Pro-5G-Selfie-1x-Portrait-Malam

Selfie – 1x Portrait

Menurut saya, kamera depan dan belakang dari OPPO Reno11 Pro 5G dapat menghasilkan foto berkualitas bagus di berbagai kondisi, baik siang hari maupun malam hari.

Dilihat dari kemampuan perekaman videonya, kamera utama OPPO Reno11 Pro 5G dapat menghasilkan video beresolusi 4K di 30FPS atau 1080p hingga 60FPS. Sementara kamera depannya dapat melakukan perekaman video dengan resolusi 4K atau 1080p di 30FPS.

Kamera utamanya mampu menghasilkan video dengan kualitas yang baik mulai dari pencahayaan, warna, hingga gerakan yang cukup stabil. Sementara pada kondisi malam hari, hasil videonya masih terlihat terang, jelas, dan memiliki gerakan yang stabil.



Kamera depan OPPO Reno11 Pro 5G pada kondisi siang hari mampu menghasilkan video yang jelas dan memiliki gerakan yang lancar. Sementara pada kondisi malam hari, video yang dihasilkan masih terlihat terang walaupun dalam kondisi yang remang-remang.

Aplikasi kamera bawaan ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur Ultra Steady sehingga membuat perekaman dengan menggunakan kamera depan maupun belakang dapat menghasilkan video yang lebih stabil ketika terjadi pergerakan.

Terdapat juga fitur Dual-View Video yang memungkinkan perekaman video dapat dilakukan dengan menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus sehingga memperlihatkan muka yang merekam sekaligus pemandangan yang dilihatnya.

Selanjutnya, AI Color Portrait merupakan fitur yang  memungkinkan hasil video memiliki subjek yang tetap mempertahankan warna asli, namun pada bagian latar belakangnya menjadi berwarna hitam putih.

Tak ketinggalan, dukungan Bokeh Flare Portrait mengizinkan hasil video dapat menghadirkan subjek yang tetap terlihat jelas dan fokus dengan latar belakangnya yang memiliki efek bokeh sehingga terlihat seperti diambil dengan kamera profesional.

Performa

OPPO Reno11 Pro 5G - Display Half Bottom

Diotaki chipset MediaTek Dimensity 8200 (4nm) Octa-Core 3,1 GHz yang dipadukan dengan RAM 12 GB dan penyimpanan internal 512 GB membuat performa menjadi salah satu andalan OPPO Reno11 Pro 5G.

Apalagi ponsel ini juga telah mendukung fitur RAM Expansion yang mampu menghadirkan RAM Virtual dengan pilihan 4 GB, 8 GB, dan 12 GB sehingga dapat meningkatkan kinerja multitasking dari aplikasi yang dijalankan.

Berdasarkan pengujian dengan menggunakan AnTuTu Benchmark V10.1.9, OPPO Reno11 Pro 5G berhasil mendapatkan skor 938.536 poin. Sementara pada pengetesan dengan Geekbench 6.2.2, ponsel ini mendapatkan skor 1.007 poin untuk Single-Core dan 3.166 poin untuk Multi-Core.

OPPO Reno11 Pro 5G - Performance Benchmark

Meskipun angka benchmark yang dihasilkan tinggi, namun saya juga ingin mencoba kinerja nyata dalam penggunaan aktivitas sehari-hari dengan menjalankan aplikasi media sosial, chat, streaming lagu sesekali, email, editor dokumen, SMS, dan telepon.

Hasilnya, OPPO Reno11 Pro 5G masih mampu berjalan dengan mulus walaupun menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Beberapa faktor penyebabnya karena mempunyai chipset bertenaga, RAM berkapasitas besar mencapai 12 GB, dan ditunjang fitur RAM Expansion hingga 12 GB.

OPPO Reno11 Pro 5G - Genshin Impact Ice

Untuk pengujian kinerja yang lebih berat lagi, saya pun menjalankan beberapa game populer yang dimainkan di Indonesia seperti Genshin Impact, Call of Duty Mobile, Mobile Legends, dan Arena of Valor.

Sebenarnya Genshin Impact mampu berjalan lancar dengan grafis Highest dan frame rate 60fps, namun ponsel ini akan terasa cepat hangat. Untuk itulah saya lebih sering menggunakan grafis Medium dan frame rate 30fps agar game ini dapat berjalan dengan lebih mulus dan ponsel tidak cepat hangat.

OPPO Reno11 Pro 5G - Genshin Impact Settings

Bisa dibilang grafis dari karakter, lingkungan, senjata, visual efek, NPC, menu, dan lainnya pada game ini mampu memanjakan mata saya. Apalagi kalau menggunakan frame rate 60fps akan membuat animasinya terasa halus.

Call of Duty Mobile mampu berjalan dengan mulus ketika diatur menggunakan grafis Very High dan frame rate Max, dimana mampu menghadirkan grafis bagus serta animasi halus yang memanjakan mata.

Selain itu, Call of Duty Mobile juga dapat diatur ke kombinasi grafis Low dan frame rate Ultra, dimana animasinya terasa sangat halus. Sementara grafis yang ditampilkan pun masih nyaman di mata.

OPPO Reno11 Pro 5G - COD Mobile Game

Sentuhan jari terhadap tombol virtual arah, tembakan, bidikan, pergantian senjata, menu, dan pengisian peluru dapat direspon dengan baik sehingga saya merasa lancar ketika melakukan pertarungan dengan musuh.

Sedangkan Mobile Legends mampu dijalankan dengan lancar ketika menggunakan grafis Ultra dan frame rate Super. Bahkan pada saat bertemunya 10 hero dalam area yang sama, game ini masih mampu berjalan lancar. Namun dengan catatan saya menggunakan koneksi internet yang stabil dan cepat.

OPPO Reno11 Pro 5G - Mobile Legends Lesley

Untuk Arena of Valor pun dapat berjalan secara mulus ketika memakai grafis Ultra dan frame rate High. Tentunya animasi dan tampilan grafis yang dihadirkan dapat memanjakan mata saya.

Baterai

OPPO Reno11 Pro 5G - Display Half Top

Dengan penggunaan baterai 4.600mAh, OPPO Reno11 Pro 5G diklaim dapat bertahan lama dalam penggunaan normal untuk aktivitas sehari-hari. Namun untuk mengetahui daya tahan baterai secara nyata, saya sendiri melakukan pengetesan menggunakan aplikasi PCMark for Android.

Tak ketinggalan, saya juga menambahkan parameter, seperti penggunaan fitur Work 3.0 Battery Life, tingkat kecerahan layar 50%, dan kondisi baterai dari 100% selama proses benchmark dengan PCMark for Android berlangsung.

Berdasarkan pengujian tersebut, OPPO Reno11 Pro 5G berhasil mendapatkan skor 13 jam 41 menit ketika layar menggunakan refresh rate 120Hz. Sedangkan pada layar refresh rate 60Hz, ponsel ini memiliki skor 14 jam 54 menit.

Untuk penggunaan dalam aktivitas sehari-hari, aplikasi AccuBattery memperlihatkan Screen on Time 5 jam 54 menit dari kondisi 100% ke 4% ketika menggunakan layar dengan refresh rate 120Hz.

Sedangkan pada layar dengan refresh rate 60Hz, Screen on Time yang didapatkan mencapai 6 jam 14 menit dari kondisi 100% ke 4%. Namun tentunya hasil Screen on Time akan berbeda-beda setiap pengguna tergantung dari kebiasaan masing-masing.

OPPO Reno11 Pro 5G - Battery Benchmark

OPPO Reno11 Pro 5G sudah dilengkapi dengan fitur 80W SUPERVOOC yang mampu mengisi daya baterai dengan sangat cepat. Bahkan untuk pengecasan dari 4% ke 100% hanya membutuhkan waktu 38 menit saja.

Meskipun hanya mendukung 80W SUPERVOOC, namun dalam dus penjualan Reno11 Pro 5G sudah tersedia charger 100W SUPERVOOC. Dengan begitu, adaptor ini juga dapat digunakan untuk ponsel OPPO lain yang mampu mendukung pengisian daya hingga 100W SUPERVOOC.

Selain mempunyai pengisian daya yang cepat, OPPO Reno11 Pro 5G juga tergolong memiliki daya tahan yang bisa dibilang lama karena hanya menggunakan baterai berkapasitas di bawah 5.000mAh.

Kesimpulan

OPPO Reno11 Pro 5G - Dual with Box

Setelah dipakai beberapa minggu, saya merasa bahwa OPPO Reno11 Pro 5G sangat menyenangkan untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari karena memiliki performa yang bertenaga, layar 6,7 inci OLED refresh rate 120Hz yang memanjakan mata, dan kamera yang mampu menghasilkan foto maupun video dengan bagus.

Daya tahan baterai dari ponsel ini juga dapat diandalkan untuk menunjang rutinitas harian. Sayangnya perangkat ini hanya memiliki satu speaker sehingga tidak dapat menghadirkan suara stereo, namun suara yang dihadirkan dapat terdengar jernih pada saat volume diatur mulai dari 25% hingga 100%.

Dengan kapasitas internalnya yang besar, OPPO tidak menghadirkan slot microSD pada Reno11 Pro 5G. Bahkan sertifikasi rating IP untuk ketahanan debu maupun air belum dihadirkan pada perangkat ini. Port jack audio 3,5mm pun absen dari ponsel yang satu ini.

Sementara berkat hadirnya sensor Infra Merah, OPPO Reno11 Pro 5G dapat menjadi remote control bagi perangkat elektronik lain. Dijual mencapai Rp8.999.000, menurut saya ponsel dapat menjadi pilihan di kelasnya karena menghadirkan keunggulan yang lebih banyak dari kekurangannya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar