ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Power Off dan Restart OPPO A18 di Versi Terbaru

Cara Power Off dan Restart OPPO A18 Header

Gadgetren – Untuk mematikan maupun restart ponsel OPPO A18 secara bawaan sudah tidak lagi menggunakan tombol Power yang ditahan beberapa detik.

Pada saat kamu menahan tombol Power beberapa detik malah akan membuat OPPO A18 mengaktifkan Google Assistant. Tentunya bagi sebagian dari kamu ini cukup menjengkelkan karena bukannya dapat mematikan ponsel, malah mengaktifkan fitur lain.

Perlu dicatat bahwa untuk shutdown dan restart OPPO A18 justru harus menggunakan kombinasi tombol berbeda untuk bisa memunculkan menu Power Off dan Restart.

Cara Power Off dan Restart OPPO A18

  1. Buka kunci layar ponsel
  2. Tekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan
  3. Menu Restart dan Power Off akan muncul
  4. Kamu dapat menggeser tombol Slider ke Power Off untuk mematikan ponsel.
  5. Atau geser ke Restart untuk memuat ulang ponsel.

Pada saat memilih Restart, maka ponsel OPPO A18 akan mati dan beberapa saat kemudian menyala secara otomatis. Biasanya proses Restart dilakukan ketika ingin membuat sistem ponsel disegarkan jika mengalami masalah.

Sementara jika memilih Shutdown atau Power Off, maka ponsel akan dimatikan secara menyeluruh. Untuk menyalakan OPPO A18 dari posisi mati sendiri masih hanya menggunakan tombol Power yang ditahan beberapa detik.

Namun bagi kamu yang merasa repot karena harus menekan tombol Power + Volume Atas dapat mengubah tombolnya kembali seperti ponsel OPPO generasi sebelumnya.

Mengubah Opsi Power Menu

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Additional settings.
    OPPO A18 - Change Power - 1
  3. Pilih menu Power Button.
    OPPO A18 - Change Power - 2
  4. Klik opsi Press and hold the power button.
    OPPO A18 - Change Power - 3
  5. Pilih opsi Power Menu.
    OPPO A18 - Change Power - 4

Dengan perubahan fungsi tombol ini akan membuat OPPO A18 akan memunculkan menu Restart dan Power Off hanya dengan menekan tombol Power beberapa detik saja. Selain itu, kombinasi tombol Power + Volume Atas akan dimatikan.

Sementara jika kamu ingin mengakses Google Assistant dapat menahan tombol Home di bagian bawah layar atau juga bisa dengan mengucapkan OK Google di dekat ponsel.

Tentunya penggunaan kombinasi tombol Power + Volume Atas atau menahan tombol Power beberapa detik dapat kamu sesuaikan dengan kenyamanan masing-masing. Namun sebaiknya kamu biasakan saja karena ponsel terbaru akan menggunakan mode tersebut.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar