ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 6 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A18, Jadi HP Incaran?

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A18 - Header

Gadgetren – Di tengah-tengah gempuran berbagai macam ponsel baru, perusahaan OPPO Indonesia tetap rajin menyegarkan lini perangkat mereka yang mana salah satunya dengan memperkenalkan OPPO A18.

OPPO A18 sendiri secara khusus dirancang untuk menyasar pasar entri. Tersedia dengan harga Rp1.799.000, perangkat kelas pemula tersebut sudah dapat dipinang melalui laman OPPO Official Store, ecommerce, maupun mitra resmi mereka.

Hanya saja, OPPO A18 memang bukan satu-satunya ponsel baru yang menyasar kelas entri di masa sekarang. Kita makanya perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dulu untuk memastikan bahwa perangkat tersebut adalah pilihan yang tepat.

Kelebihan OPPO A18

1. Bodi Tangguh

Perangkat OPPO A18 tampil menarik dengan menggunakan desain khas mereka yang disebut OPPO Glow. Penutup bodi belakang ponsel tersebut makanya dapat terlihat berkilauan meskipun memakai lapisan bertekstur matte yang lebih nyaman digenggam dan tidak menjadi magnet untuk debu maupun sidik jari.

Bagian bodi ini pun menjadi salah satu keunggulan dari OPPO A18 yang penting untuk diperhatikan karena dirancang dengan tingkat keandalan pemakaian tinggi. Jadi tak hanya bisa dipakai bergaya tetapi kita juga bisa lebih tenang saat mengoperasikannya.

Bahkan dengan banderol harga kurang dari Rp2 juta, perangkat kelas entri tersebut sudah mengusung fitur tahan percikan air dan debu. OPPO dalam hal ini secara khusus sudah membuktikannya dengan menyematkan sertifikasi IP54.

2. Baterai Badak

Mengikuti jejak berbagai macam ponsel masa kini, OPPO A18 juga hadir dengan dukungan baterai yang lumayan besar. Perangkat tersebut setidaknya tercatat membawa kemampuan menyimpan daya dengan kapasitas hingga 5.000mAh.

Dengan baterai sebesar ini, kita pun bisa beraktivitas dengan lebih nyaman tanpa perlu khawatir akan sering mengisi daya. Perangkat tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan, bermain game, hingga sekadar menelusuri laman media sosial dengan durasi waktu lebih lama.

Berdasarkan uji coba laboratorium yang dilakukan OPPO, baterai perangkat tersebut bahkan dapat bertahan hingga selama 7 jam untuk bermain game atau 32 jam untuk melakukan panggilan telepon jika digunakan dari kondisi penuh.

3. Animasi Layar Tinggi

Diluncurkan dengan panel IPS LCD berukuran 6,56 inci dan beresolusi HD+ (1612 x 720 piksel), ponsel terjangkau dari OPPO tersebut juga sudah dilengkapi dengan refresh rate tinggi. OPPO A18 secara khusus dapat menangani animasi hingga 90Hz.

Hadirnya refresh rate hingga 90Hz pada OPPO A18 tentu dapat membantu para pengguna yang gemar menonton video atau bermain game. Layar ponsel tersebut bakalan mampu memberikan gerakan animasi yang lebih mulus menyesuaikan setelan tertinggi konten.

4. Media Penyimpanan Luas

Yang tak kalah menarik, OPPO A18 mengombinasikan chipset MediaTek Helio G85 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz miliknya dengan media penyimpanan yang sangat besar. Bahkan tersedia ruang berkapasitas hingga 128GB yang bisa kita manfaatkan.

Menyimpan foto maupun video, memasang aplikasi, hingga mengunduh berkas berukuran besar makanya bisa dilakukan dengan lebih nyaman saat kita menggunakan OPPO A18. Kita tidak perlu menghapus maupun memindahkan data terlalu sering untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Kalaupun kapasitasnya tetap terasa sangat sesak karena data dan aplikasi kita memang terlalu banyak, masih bisa diakali dengan memasang kartu Micro SD. OPPO A18 soalnya masih dilengkapi dengan dukungan untuk mengekspansi penyimpanan lewat media eksternal.

5. Fitur Cukup Lengkap

Pada OPPO A18, perusahaan OPPO juga masih menyematkan berbagai macam fitur esensial untuk sebuah perangkat kelas entri. Kita di antaranya sudah bisa menemukan mulai dari sensor pemindai sidik jari, USB Type-C, hingga jack audio 3,5mm.

Meskipun belum dilengkapi dengan speaker stereo, perangkat tersebut juga sudah menjanjikan keluaran audio yang sangat baik. Terdapat Mode Ultra-Volume yang kini memungkinkan ponsel mengeluarkan suara lebih jernih dengan peningkatan volume hingga 300 persen.

Di samping itu, OPPO A18 juga sudah memakai antarmuka sistem ColorOS 13.1 berbasis Android 13 yang menawarkan fungsi RAM Expansion dengan tambahan memori virtual hingga 4GB, manajemen penyimpanan lebih cerdas, dan kontrol privasi lebih baik.

Kekurangan OPPO A18

1. Kamera Sangat Standar

Sementara untuk kekurangannya, OPPO A18 sayangnya dilengkapi dengan sistem kamera yang tergolong sangat standar. Perangkat tersebut hanya dilengkapi dengan lensa utama 8MP dengan tambahan sensor kedalaman 2MP serta lensa depan 5MP.

Sejumlah perangkat yang meluncur dengan harga lebih dari Rp1,5 juta padahal sudah membawa lensa utama beresolusi 50MP. Bahkan sebagian di antaranya juga menawarkan tambahan lensa depan yang mampu menghasilkan gambar sampai 32MP.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar