ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Samsung Biar Tampilan Lebih Luas

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Samsung - Header

Gadgetren – Melalui antarmuka sistem One UI, Perusahaan Samsung pun turut menghadirkan dukungan navigasi dengan menggunakan gesture ke dalam berbagai macam ponsel buatan mereka.

Saat menggunakan sistem navigasi berbentuk gesture, kita yang menggunakan ponsel buatan Samsung dapat melihat tampilan konten secara lebih luas. Bar menu untuk menempatkan tombol home, recent, dan kembali yang umumnya terletak di bagian bawah layar akan menghilang.

Hanya saja secara mendasar, pengaturan untuk sistem navigasi di sejumlah perangkat Samsung umumnya masih menggunakan tombol. Kita yang ingin menghilangkan bar menunya pun perlu mengubah pengaturan ke sistem gesture terlebih dulu.

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi Samsung

  • Buka halaman Settings di ponsel Samsung.
  • Masuk ke bagian pengaturan Display.
  • Cari dan pilih menu Navigation bar.
  • Ubah pengaturan navigasi ke opsi Swipe gestures.

Pada antarmuka One UI 6.1, Samsung sayangnya hanya menyediakan satu skema navigasi menggunakan gesture. Kita dalam hal ini bisa mengusap layar dari tepi bawah ke atas untuk menu home, sisi samping ke tengah untuk menu kembali, atau tepi bawah ke atas dan sedikit menahannya untuk menu recent seperti pengaturan Android secara umum.

Sementara pada antarmuka One UI yang lebih lawas, kita di samping skema tersebut juga dapat menggunakan sistem navigasi buatan Samsung sendiri. Adapun dalam hal ini semua gesture harus dilakukan dari tepi bawah tetapi dengan posisi berbeda-beda seperti mengikuti tata letak tombol home, recent, dan kembali pada bar menu.

Mengubah Opsi Navigasi Gesture

  • Buka halaman pengaturan Navigation bar seperti langkah-langkah sebelumnya.
  • Pastikan pengaturan navigasi sudah diatur ke Swipe gestures.
  • Jika sudah, ketuk menu More options di bawahnya.
  • Pilih Swipe from bottom untuk menggunakan sistem navigasi buatan Samsung.
  • Pilih Swipe from sides and bottom untuk menggunakan sistem navigasi Android secara umum.

Apabila memilih menggunakan Swipe from sides and bottom, nantinya akan muncul pengaturan Gesture sensitivity yang mana juga tersedia pada menu More options di halaman pengaturan Navigation bar One UI 6.1. Kita dapat memakainya untuk mengubah sensitivitas layar terhadap usapan.

Selain absennya pilihan untuk menggunakan sistem gesture buatan Samsung, pengaturan Gesture hint yang bisa dipakai untuk memunculkan atau menyembunyikan baris putih pengganti bar menu navigasi juga turut menghilangkan. Perangkat dengan One UI 6.1 akan selalu menampilkannya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar