ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y100 5G, Terlihat Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y100 5G - Header

Gadgetren – Pintu pemesanan untuk perangkat vivo Y100 5G di Indonesia sudah resmi dibuka. Kita pun dapat meminangnya secara daring maupun luring dengan harga mulai dari Rp3.899.000.

Dengan spesifikasi dan dukungan yang ditawarkan, perangkat menengah ini bisa menjadi pilihan yang tak kalah menarik dari ponsel-ponsel sekelasnya. Sangat layak dipertimbangkan oleh kita yang memerlukan gawai mumpuni untuk beraktivitas sehari-hari.

Perangkat ini mempunyai berbagai macam kelebihan yang dapat memberikan pengalaman pemakaian terasa menyenangkan kepada para pengguna. Walaupun di sisi lain, sebenarnya masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum kita meminangnya.

Kelebihan vivo Y100 5G

1. Bodi Cantik Tapi Tetap Tangguh

Seperti ponsel-ponsel buatan vivo secara umum, bodi cantik juga menjadi salah satu ciri khas yang ditawarkan oleh vivo Y100 5G. Perangkat ini terlihat membawa desain kekinian dalam balutan warna Ungu Anggrek dan Hitam Onyx.

Varian berwarna Ungu Anggrek secara khusus menggunakan lapisan Kulit Fiber Premium sebagai penutup bodi belakang yang mana terbuat dari material fiber dan PV kulit vegan. Sementara warna Hitam Onyx memakai desain Crystalline Matte yang ter inspirasi dari keindahan batu Onyx.

Penutup belakang dari vivo Y100 5G di sisi lain juga sudah menggunakan teknologi Anti-Stain Coating. Adapun diaplikasikan dalam bentuk lapisan khusus yang dapat melindungi permukaan bodi supaya tidak mudah kotor dan desainnya bisa tahan lama.

Ponsel yang dibanderol dengan harga Rp3 jutaan ini menariknya juga sudah dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu tersertifikasi IP54. Jadi kita dapat memakainya di berbagai macam kondisi seperti gerimis secara lebih tenang.

2. Chipset Mumpuni dengan Jaringan 5G

Sesuai namanya, vivo Y100 5G juga sudah mendukung teknologi jaringan 5G yang menawarkan pengalaman berselancar di layanan internet dengan lebih baik. Perangkat ini secara khusus memanfaatkan chipset Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 untuk menghadirkannya.

Menariknya, Snapdragon 4 Gen 2 yang baru pertama kali menyapa masyarakat Indonesia lewat vivo Y100 5G tak hanya menawarkan dukungan jaringan 5G sebagai andalan. Chipset tersebut juga mempunyai kinerja mumpuni untuk menangani berbagai macam keperluan.

Snapdragon 4 Gen 2 merupakan chipset 4nm delapan inti berarsitektur ARM Cortex-A78 dan Cortex-A55 yang dapat dipacu hingga 2,2GHz. Di aplikasi AnTuTu versi 10, hasil benchmark sintetisnya pun tercatat mampu menembus angka lebih dari 400 ribuan.

3. Konfigurasi Memori yang Luas

Perusahaan vivo pun memadukan chipset tersebut dengan konfigurasi memori yang tergolong luas. Mereka menggunakan RAM berkapasitas 8GB dengan media penyimpanan internal yang bisa dipilih antara 128GB atau 256GB di vivo Y100 5G.

Konfigurasi memori yang ditawarkan oleh vivo Y100 5G tentu sudah sangat pas untuk pemakaian di masa sekarang. Kalaupun dirasa masih kurang, kita apalagi bisa memperluasnya dengan teknologi Extended RAM hingga total menjadi 16GB atau kartu Micro SD sampai 1TB.

4. Sektor Daya Jadi Andalan

Hadir dengan kapasitas sebesar 5.000mAh, sektor baterai juga menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh vivo Y100 5G. Kita soalnya dapat menggunakan perangkat ini dengan durasi pemakaian yang lebih lama tanpa perlu mengisi daya.

Di sisi lain, perangkat ini pun mendukung teknologi 80W FlashCharge yang memungkinkan baterai terisi hingga kapasitas 45 persen dalam waktu 15 menit. Jadi kita tidak perlu menunggu lama saat terpaksa harus mengisi daya.

Teknologi pengisian vivo Y100 5G didukung oleh Smart Charging Engine 2.0 yang diklaim mampu membuat kesehatan baterai tetap terjaga. Terdapat juga dukungan 24-Dimension Security Protection yang dapat membuat proses pengisian daya berjalan dengan lebih aman.

5. Layar Menawan

vivo Y100 5G juga meluncur dengan layar AMOLED berukuran seluas 6,67 inci. Konten-konten pun dapat terlihat dengan baik karena panelnya mendukung tingkat kecerahan maksimal sampai 1.200nits dengan resolusi gambar hingga Full HD+ (2400 × 1080 piksel).

Layar perangkat ini dilengkapi dengan teknologi Smart Switch yang dapat mengubah pengaturan refresh rate secara otomatis antara 60Hz atau 120Hz. Jadi konten-konten dari game atau video dapat ditampilkan dengan animasi yang sesuai.

Kita yang sering menggunakan perangkat dalam durasi lama pun bisa lebih nyaman saat menggunakan perangkat ini. vivo Y100 5G soalnya juga sudah mengemas sertifikasi SGS Eye Care Display untuk perlindungan dari paparan sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata.

6. Layanan Purna Jual yang Menggoda

Selain membawa spesifikasi dan dukungan yang menarik, vivo Y100 5G di sisi lain juga dilengkapi dengan layanan purna jual yang sangat menggoda. Kita di antaranya akan memperoleh garansi untuk baterai hingga pemakaian selama empat tahun.

Garansi tersebut berlaku untuk penggantian baterai apabila selama pemakaian kesehatannya menurun sebanyak lebih dari 20 persen atau kapasitasnya berubah menjadi kurang dari 80 persen. Bisa diklaim sebanyak satu kali setelah lolos dari proses pemeriksaan yang dilakukan tim pusat layanan pelanggan vivo.

Apabila melakukan pembelian produk ini melalui vivo official store, kita juga berkesempatan untuk memperoleh gratis perlindungan Accidental dan Liquid Damage (ADLD) selama 6 bulan. Adapun program ini didukung oleh BCA Insurance.

Kekurangan vivo Y100 5G

1. Keandalan Layar Dipertanyakan

Meluncur dengan harga lebih dari Rp3 jutaan, keandalan layar vivo Y100 5G sayangnya perlu dipertanyakan. perangkat ini tampaknya belum mengemas lapisan pelindung layar tambahan seperti Corning Gorilla Glass atau Panda Glass yang sudah dijamin keandalannya.

Kabar baiknya, vivo sudah memasukkan tambahan lapisan anti gores yang sudah langsung diaplikasikan pada perangkat di dalam paket penjualan perangkat ini. Kita di samping itu juga berkesempatan untuk memperoleh pergantian gratis bersama case pelindungnya di mana masing-masing hingga sebanyak empat kali selama dua tahun.

2. Memakai Slot Hibrida

Disokong dengan dukungan untuk mengekspansi ruang penyimpanan hingga 1TB, slot kartu yang digunakan oleh vivo Y100 5G sayangnya juga berjenis hibrida. Ini mengartikan bahwa kita perlu memilih antara menggunakan SIM ganda atau mengganti satunya dengan Micro SD.

3. Jack Audio Absen

Jika gemar mendengarkan lagu menggunakan peranti suara kabel, vivo Y100 5G juga bakalan kurang cocok. Perangkat ini soalnya tidak dilengkapi dengan jack audio 3,5mm sehingga kita perlu menyiapkan dana lebih untuk membeli konverter.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar