ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Membatalkan Printer yang Sedang Berjalan Mencetak

Cara Membatalkan Print Header[Ilustrasi: Pexels]

Gadgetren – Printer merupakan salah satu perangkat yang sangat diperlukan untuk mencetak berbagai dokumen hitam putih hingga berwarna.

Namun ada kalanya pada saat sedang mencetak dokumen, halaman tertentu ternyata salah dan ingin menghentikan proses Printer yang sedang berjalan. Bisa saja memang langsung mencabut kabel atau menahan tombol Power namun bisa menyebabkan Printer menjadi rusak atau proses tetap dilanjutkan ketika menyala.

Untuk menghentikan atau membatalkan proses pencetakan di Printer dengan optimal, kamu perlu melakukannya langsung dari sistem Windows supaya tidak ada lagi antrean cetak.

Cara Membatalkan Print

  1. Pada bagian kanan bawah Taskbar, tekan tombol panah ke atas untuk memunculkan lebih banyak ikon.
  2. Pilih ikon Printer.
  3. Pada kotak dialog yang muncul, klik kanan pada proses pencetakan yang ingin dibatalkan.
  4. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Cancel.
  5. Proses pencetakan pada Printer pun akan dibatalkan.

Meskipun proses pembatalan Printer telah berhasil, namun terkadang menyebabkan Printer jadi tidak bisa mencetak maupun error pada saat ingin mencetak kembali.

Jika hal tersebut sampai terjadi, kamu dapat mencoba untuk mematikan Printer terlebih dulu dan selanjutnya menyalakannya kembali. Selain itu, kamu juga dapat melakukan restart pada laptop atau PC untuk menyegarkan ulang.

Selain melalui ikon yang ada di Taskbar, beberapa merek Printer akan menampilkan menu pop-up tersendiri ketika memulai pencetakan yang mana bakal lebih mudah untuk menghentikan prosesnya.

Kamu tinggal membuka menu pop-up Status Printer yang muncul saat pencetakan berlangsung dan menekan tombol Cancel atau Cancel Printing. Tidak semua merek Printer akan mengeluarkan menu pop-up status pencetakan sehingga hanya berlaku ketika menu pop-up muncul saja.

Sementara apabila kamu membuat dokumen menggunakan Microsoft Word dan baru saja memulai akan mencetak dokumen, maka bisa langsung membatalkan Printer dengan menekan tombol Cancel berikon x di bagian bawah halaman aplikasi.

Supaya tidak repot-repot mengetikan Printer saat tengah berjalan yang mana membuang tinta dan kertas, sebaiknya kamu selalu memeriksa dengan seksama agar apa yang dicetak sudah benar secara menyeluruh.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar