ASUS TUF Gaming FX507
Berita Perangkat Pintar

Sudah Dipasarkan di Indonesia, Ini Bedanya Printer PIXMA E3470 dengan PIXMA G Series

Canon-PIXMA-Ink-Efficient-E3470-Header

Gadgetren – Setelah sukses memasarkan seri printer PIXMA G pada akhir tahun Desember 2020, Canon melalui PT. Datascrip kembali meramaikan pasar Indonesia melalui seri printer Ink Efficient E dengan nomor model E3470.

Andryan Pranata selaku Assistant Marketing Manager of Canon Business Unit PT. Datascrip menjelaskan bahwa perbedaan antara kedua seri tersebut terletak pada jenis tempat atau cartridge tinta.

“Printer Ink Efficient E Series adalah printer yang berbasis cartridge dimana pengguna perlu mengganti cartridge ketika tintanya habis, sedangkan printer G Series adalah printer ink tank dimana mengisi tintanya dengan tinta botol ketika tintanya habis,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

Perbedaan lainnya, seri printer G mendukung maintenance cartridge sementara printer PIXMA Ink Efficient E3470 tidak dibekali fitur tersebut. Oleh karenanya, harga printer E3470 baru ini dibanderol lebih terjangkau dibandingkan dengan deretan seri PIXMA G.

Dengan begitu, Andryan mengatakan bahwa printer E3470 dirancang untuk pengguna yang masih duduk di bangku sekolah hingga mahasiswa di perguruan tinggi. “Printer ini menyasar mereka yang kebutuhan mencetaknya dalam kategori sedang, tidak sebanyak G Series,” terangnya.

Secara spesifik, printer PIXMA E3470 mampu mencetak hingga 400 halaman warna hitam putih. Sementara untuk pengguna yang ingin mencetak warna, printer ini didukung cartridge yang dapat mencetak hingga 180 halaman berwarna.

Dari segi kecepatan cetak, terpantau bahwa printer E3470 memiliki 7,7 images per minute (ipm) untuk dokumen hitam putih dan 4 ipm untuk dokumen berwarna. Lebih lambat dibandingkan printer seri PIXMA G1020 dengan kecepatan 9.1 ipm (hitam dan putih) dan 5.0 ipm (Warna).

Canon-PIXMA-Ink-Efficient-E3470-printer-dan-scan

Meskipun begitu, Canon mengklaim PIXMA E3470 dapat menghemat waktu cetak ketika pengguna harus mencetak dalam jumlah banyak untuk warna hitam putih. Selain itu, printer ini juga dapat mencetak foto borderless berukuran 4R, 5R, dan foto kekinian ukuran 5×5.

Lebih jauh, printer PIXMA E3470 dilengkapi layar LCD berukuran 1,5 inci yang dapat memberikan kemudahan pengguna untuk melakukan pengaturan saat mencetak dengan bantuan ikon intuitif dimana menampilkan status sisa tinta, status Wi-Fi, dan masih banyak lagi.

Canon-PIXMA-Ink-Efficient-E3470-Terhubung-Android.

Jika tidak tersedia router nirkabel, pengguna dapat dengan mudah menghubungkan handphone atau tablet ke printer secara langsung hanya dengan menekan Wireless Connect Button pada panel operasi.

Dukungan aplikasi Canon PRINT Inkjet atau SELPHY memungkinkan pengguna untuk print, copy, dan scan langsung menggunakan perangkat hingga mengakses layanan cloud, memeriksa status printer, level sisa tinta, atau mengakses panduan penggunaan online.

PIXMA Ink Efficient E3470 juga mendukung Apple AirPrint, Mopria, dan Canon Print Service untuk pencetakan langsung dari perangkat Android berupa handphone dan tablet. Printer ini juga kompatibel dengan Google Assistant dan Amazon Alexa sehingga pengguna dapat melakukan pencetakan berbagai dokumen hanya dengan perintah suara.

Canon-PIXMA-Ink-Efficient-E3470-print

Bagi pengguna yang ingin berkreasi dalam mencetak foto untuk membuat poster, kartu undangan, atau flyer dapat menggunakan Aplikasi Editor Easy-PhotoPrint dan Canon PosterArtist Lite yang tersedia untuk platform iOS, Android, Windows, dan MacOS.

PT. Datascrip sebagai authorized distributor Canon di Indonesia menjual Printer PIXMA Ink Efficient E3470 dengan harga Rp 1.699.000. Canon juga menjual tinta bawaan printer Ink Efficient E3470 seharga:

  • Tinta Hitam PG47 Rp 121.000
  • Tinta Color CL57s Rp 165.000
  • Tinta Color CL57 (varian lain) Rp 220.000

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar