ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Ini 6 Fitur Fotografi di OPPO Reno11 Pro 5G yang Bisa Bikin Kamu Makin Berkreasi

Ini 6 Fitur Fotografi di OPPO Reno11 Pro 5G yang Bisa Bikin Kamu Makin Berkreasi

Dengan peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya, OPPO Reno11 Pro 5G membawa dukungan kamera yang dapat mengabadikan momen berharga penggunanya secara mumpuni.

Handphone yang satu ini hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP ditambah OIS (Optical Image Stabilization), ultrawide 8 MP, dan telefoto 32 MP.  Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 8 MP.

Selain dukungan multi kamera, OPPO Reno11 Pro 5G juga ditunjang dengan beragam fitur yang dihadirkan pada aplikasi kamera bawaan sehingga memudahkan pengguna untuk berkreasi dalam menghasilkan foto yang menarik.

6 Fitur Fotografi di OPPO Reno11 Pro 5G

Hi-Res

Dengan penggunaan 4-in-1 pixel binning, membuat mode Photo atau Auto pada aplikasi kamera bawaan pada Reno11 Pro 5G menyetel kamera utamanya untuk menghasilkan foto dengan resolusi 12,5 MP atau seperempat dari 50 MP.

Hal ini terjadi karena konsep 4-in-1 pixel binning ini menyatukan 4 piksel kecil menjadi 1 piksel besar sehingga membuat kamera dapat menyerap cahaya lebih banyak yang berimbas pada peningkatan kualitas hasil foto.

Namun jika pengguna ingin menggunakan resolusi penuh dari kamera utama Reno11 Pro 5G, maka dapat mengaktifkan fitur Hi-Res pada aplikasi kamera bawaannya. Setelah fitur ini aktif, maka secara otomatis hasil foto akan menjadi resolusi 50 MP.

Meskipun begitu hasil foto dengan resolusi 12,5 MP dan 50 MP ini sama-sama bagus sehingga pengguna dapat memilihnya tergantung dari kondisi pada saat mengambil momen di lapangan.

OPPO-Reno11-Pro-5G-1x-Patung

50 MP

OPPO-Reno11-Pro-5G-Shadow

50 MP

OPPO-Reno11-Pro-5G-Selfie-CommuterLine

50 MP

OPPO-Reno11-Pro-5G-Janjiw

50 MP

Bokeh Flare Portrait

Bokeh Flare Portrait merupakan fitur yang memungkinkan pengguna Reno11 5G dapat menghasilkan foto dengan subjek yang tetap fokus dan jelas, namun latar belakangnya berefek bokeh dengan pola bulat layaknya menggunakan kamera profesional.

Tentunya pada saat terdapat banyak lampu maupun titik cahaya di belakang subjek, maka efek bokeh yang dihadirkan akan menjadi lebih menarik lagi. Bisa dibilang fitur ini pertama kali hadir di OPPO Reno6 sebagai peningkatan dari fitur Night Flare Portrait.

OPPO-Reno11-Pro-5G-Portrait

Normal Portrait

OPPO-Reno11-Pro-5G-BokehFlarePortrait

Bokeh Flare Portrait

AI Color Portrait

Sejak OPPO Reno4, AI Color Portrait menjadi salah satu fitur yang terus hadir di OPPO Reno Series hingga Reno11 Pro 5G. Fiturnya bisa dibilang unik karena mengizinkan pengguna perangkat dapat membuat foto atau video unik dengan subjek yang masih mempertahankan warna aslinya, namun latar belakangnya berwarna hitam putih (monokrom).

Menariknya lagi, algoritma AI (Artificial Intelligence) dapat mengenali subjek dari wajahnya sehingga langsung mengunci warna aslinya. Sementara benda atau objek lain di sekitar akan diubah menjadi hitam putih.

OPPO-Reno11-Pro-5G-Portrait

Normal Portrait

OPPO-Reno11-Pro-5G-AIColorPortrait

AI Color Portrait

2x Portrait

2x Portrait merupakan salah satu fitur unggulan yang hadir pada OPPO Reno11 Pro 5G karena memanfaatkan kamera telefoto untuk menghasilkan foto Portrait yang menarik.

Hasil foto Portrait dengan perbesaran 2x memberikan kesan background terlihat lebih dekat dengan subjek foto dibandingkan ketika menggunakan kamera utama. Sementara apabila memotret subjek dari jarak yang sama dengan 1x Portrait, maka hasil foto Portrait akan memperlihatkan subjek yang lebih dekat dan besar.

OPPO-Reno11-Pro-5G-1x-Portrait

1x – Portrait

OPPO-Reno11-Pro-5G-2x-Portrait

2x – Portrait

OPPO-Reno11-Pro-5G-2x-Portrait-SamePosition

2x – Portrait

Pro

Bagi pengguna Reno11 Pro 5G yang suka memotret dengan pengaturan manual, maka dapat memanfaatkan mode Pro yang hadir pada aplikasi kamera bawaannya.

Pada saat mode Pro aktif, maka pengguna dapat mengatur beberapa aspek seperti tingkat ISO antara 100 hingga 6.400, Shutter Speed dari 1/8000 hingga 30 detik, Focus dari 0.00 hingga 1.00, dan White Balance dari 2.000 hingga 8.000.

Tentunya fitur Pro ini cocok bagi pengguna yang senang melakukan eksplorasi ketika ingin menghasilkan foto menarik, seperti kembang api, lintasan cahaya di jalan raya, objek bergerak cepat, dan masih banyak lagi.

OPPO-Reno11-Pro-5G-ProManual-Settings

Pro-Mode-Settings

OPPO-Reno11-Pro-5G-ProManual

Pro Mode

Night Mode

Sejak handphone generasi pertama Reno Series lahir, fitur Night Mode sudah menjadi andalan untuk peningkatan performa dalam pengambilan foto yang terang dan minim noise di malam hari.

Sementara seiring berjalannya waktu dari generasi ke generasi, tentunya fitur Night Mode ini pun mengalami peningkatan kemampuan yang dapat menghasilkan foto malam hari yang lebih bagus lagi.

Bahkan pada OPPO Reno11 Pro 5G, fitur Night Mode akan langsung aktif secara otomatis walaupun pengguna memotret dengan Photo atau Auto Mode ketika dalam kondisi malam hari, redup, atau gelap.

OPPO-Reno11-Pro-5G-Gedung-Ultrawide-Malam

Ultrawide

OPPO-Reno11-Pro-5G-Gedung-1x-Malam

Auto

OPPO-Reno11-Pro-5G-Gedung-2x-Malam

2x Zoom

Itulah beberapa fitur fotografi dari OPPO Reno11 Pro 5G yang dapat membantu penggunanya untuk menghasilkan foto secara bagus dan menarik. Apabila kamu tertarik dengan handphone ini, maka sudah dapat membelinya dengan harga Rp8.999.000 di Indonesia melalui OPPO Official Store pada Tokopedia.

* Disclaimer: artikel ini adalah hasil kerja sama dengan OPPO

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar