ASUS ROG G22CH
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan OPPO Tanpa Tombol Power Secara Praktis

Cara Mematikan OPPO Tanpa Tombol Power Header

Gadgetren – Seiring berjalannya waktu, tombol Power pada perangkat OPPO bisa saja tiba-tiba tidak dapat berfungsi dengan semestinya akibat sering ditekan untuk berbagai hal seperti mengaktifkan ponsel.

Jika sudah tidak berfungsi dengan baik, hal ini tentu akan membuat kamu susah untuk mematikan atau menyalakan perangkat OPPO yang mana sangat vital untuk dilakukan.

Oleh karena itu ada baiknya berusaha untuk mengurangi penggunaan tombol Power baik saat melakukan screenshot atau mematikan perangkat. Untungnya ColorOS berbasiskan Android pada perangkat OPPO menyediakan fitur yang dapat membantu hal tersebut.

Kamu pun bahkan dapat mematikan perangkat tanpa perlu menggunakan tombol fisik Power yang mana dapat diatur melalui menu Accessibility yang dapat ditemukan pada Settings.

Cara Mematikan OPPO Tanpa Tombol Power

  • Buka aplikasi Settings di perangkat OPPO.
  • Ketik Accessibility pada kolom Search di bagian atas.
  • Pilih Accessibility Menu untuk menemukan opsi mematikan tanpa tombol power.
  • Masuk ke menu Accessibility Menu.
  • Tekan tombol toggle Shortcut Accessibility button ke posisi menyala.
  • Lalu tekan tombol Allow
  • Pilih Accessibility button dan tekan tombol OK.
  • Selanjutnya, Accessibility button berikon tiga titik di dalam kotak akan muncul di bagian kanan.
  • Tekan Accessibility button tersebut.
  • Pilih tombol Power.
  • lalu tekan tombol Power Off untuk mematikan perangkat

Dengan langkah tersebut, kamu dapat mematikan perangkat OPPO dengan tombol virtual Power saja. Walaupun begitu untuk menyalakan perangkat masih harus tetap menggunakan tombol fisik Power.

Accessibility button hanya sebagai alternatif untuk mengurangi penggunaan tombol fisik Power agar tidak cepat rusak karena sangat penting untuk dijaga dalam jangka waktu lama.

Sebenarnya fitur tombol Power virtual di Accessibility Menu juga sudah tersedia di beberapa perangkat berbasis Android merek lainnya. Apabila tombol Power memang sudah rusak dan tidak bisa ditekan sama sekali, maka sebaiknya kamu langsung mengunjungi Service Center OPPO resmi terdekat.

Dengan kerusakan tidak terlalu parah, maka teknisi bersertifikasi di Service Center OPPO dapat memperbaikinya dengan cepat. Namun apabila tombol benar-benar rusak parah, teknisi akan memberitahukan bahwa suku cadangnya perlu diganti.

Jika perangkat OPPO masih bergaransi, maka pergantian suku cadang dari tombol Power dapat dilakukan secara gratis. Sementara jika garansi telah habis, kamu harus menyediakan dana sekitar Rp100 ribu hingga Rp200 ribu untuk pergantian suku cadangnya tersebut.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar