ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menghapus Google TV di HP OPPO Jika Tidak Dipakai

Cara Menghapus Google TV di HP OPPO Header

Gadgetren – Secara bawaan aplikasi buatan Google termasuk Google TV akan langsung terpasang di ponsel berbasiskan Android termasuk ColorOS buatan OPPO.

Google TV sendiri merupakan platform yang menyediakan beragam film yang dapat dibeli maupun disewa oleh pengguna. Namun ada kalanya bagi sebagian orang, Google TV malah terasa mengganggu sehingga ingin dihapus saja karena memang tidak pernah digunakan.

Meskipun Google TV merupakan salah satu aplikasi pre-installed atau yang sudah terpasang sejak pertama kali ponsel diaktifkan, namun pada kenyataannya aplikasi tersebut dapat dihapus dengan mudah.

Cara Menghapus Google TV di HP OPPO

Melalui Google Play Store

  1. Buka Google Play Store.
  2. Cari dan pilih Google TV.
  3. Tekan tombol Uninstall dan tunggu proses penghapusan berjalan.
  4. Google TV pun akan menghilang dari ponsel OPPO.

Sebenarnya Google TV juga tersedia dari Google Play Store jika tidak terpasang secara bawaan. Dengan begitu, kamu juga dapat menghapusnya melalui Google Play Store karena sudah terdeteksi secara langsung.

Hampir sama dengan ponsel  masa kini lainnya, kamu juga diizinkan untuk menghapus aplikasi secara langsung di halaman Home Screen maupun App Drawer pada perangkat OPPO.

Apabila tampilan antarmuka ColorOS kamu tanpa App Drawer, maka dapat melakukan uninstall secara langsung di Home Screen. Selanjutnya, kamu hanya tinggal menghapusnya secara mudah.

Uninstall dari Home Screen

  1. Buka kunci layar ponsel OPPO.
  2. Pada halaman Home Screen, tekan dan tahan Google Play TV.
  3. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Uninstall
  4. Apabila berhasil, maka Google TV akan terhapus

Kamu harus membuka App Drawer terlebih dulu dengan melakukan sapu layar dari bawah ke atas menggunakan satu jari di Home Screen ketika tampilan antarmuka ColorOS untuk memunculkan daftar aplikasi jika menggunakan fitur tersebut.

Setelah App Drawer muncul, barulah kamu dapat menekan dan menahan Google Play TV agar memunculkan menu pop-up. Terakhir, kamu dapat menekan tombol Uninstall untuk menghapus aplikasi tersebut.

Sebagai aplikasi buatan Google yang langsung terpasang di ponsel, Google TV untungnya diizinkan untuk dihapus. Pasalnya sebagian aplikasi Google seperti YouTube, Files by Google, dan lainnya tidak bisa dihapus melainkan hanya dinonaktifkan atau disable saja.

Apabila fungsi uninstall di ponsel OPPO akan menghapus aplikasi secara permanen, berbeda dengan fungsi disable yang akan menonaktifkan aplikasi saja dan dapat dimunculkan lagi sewaktu-waktu tanpa harus mengunduh ulang secara penuh.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar