ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Password WiFi di HP Xiaomi Biar Mudah Dibagikan

Cara Melihat Password WiFi di HP Xiaomi - Header

Gadgetren – Berbagi sambungan WiFi memang bisa dilakukan dengan sangat mudah apabila kita menggunakan salah satu ponsel buatan Xiaomi karena terdapat sejumlah dukungan yang memungkinkannya.

Hanya saja, kita kemungkinan tidak akan bisa mengetahui kata sandi atau password WiFi yang dibagikan secara langsung. Ponsel-ponsel buatan Xiaomi soalnya menggunakan dukungan berbagi sambungan WiFi melalui sistem QR Code.

Untuk melihat password dari sambungan WiFi yang ingin dibagikan, walaupun kita pun perlu menempuh langkah yang lebih panjang. Kita untungnya bisa melakukan hal tersebut dengan dukungan bawaan ponsel Xiaomi tanpa perlu memasang aplikasi dari pihak ketiga.

Cara Melihat Password WiFi di HP Xiaomi

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu pengaturan Wi-Fi.
    Cara Melihat Password WiFi di HP Xiaomi - 1
  • Ketuk opsi Tap to share password di bawah nama WiFi yang tersambung.
    Cara Melihat Password WiFi di HP Xiaomi - 2
  • Gunakan fitur screenshot jika QR Code WiFi ditampilkan.
  • Tutup pengaturan, lalu buka aplikasi Scanner bawaan ponsel.
  • Pilih menu Gallery.
    Cara Melihat Password WiFi di HP Xiaomi - 3
  • Cari dan ketuk gambar hasil screenshot QR Code WiFi.
  • Jika hasil pemindaian muncul, ketuk bagian password untuk melihatnya.
    Cara Melihat Password WiFi di HP Xiaomi - 4

Meskipun berbagi sambungan WiFi melalui QR Code bisa dilakukan secara lebih praktis, ada kalanya kita tetap perlu melihat password yang perlu digunakan. Tidak semua perangkat soalnya mendukung fitur pemindai secara bawaan yang mana dalam hal ini termasuk seperti komputer atau laptop.

Dengan mengetahui password dari WiFi yang ingin dibagikan, kita pun dapat menggunakan sambungan secara lebih mudah meskipun perangkat yang ingin dihubungkan belum atau bahkan tidak mendukung pemindai secara bawaan.

Dalam hal ini, kita nanti pun bisa langsung menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi dengan langkah-langkah biasa. Kita umumnya hanya perlu memilih nama jaringan (SSID) dari daftar sambungan yang tersedia lalu mengetikkan password secara manual.

Perlu dicatat bahwa melihat password WiFi yang tersimpan dalam bentuk QR Code sebenarnya bisa dilakukan dengan layanan pemindai apa pun. Apabila ponsel Xiaomi yang digunakan belum membawa aplikasi Scanner, kita dapat memanfaatkan dukungan dari pihak lain seperti Google Lens.

Yang cukup disayangkan, dukungan untuk melihat password WiFi di ponsel Xiaomi hanya dapat dilakukan untuk jaringan yang sedang tersambung dengan perangkat. Kita tidak dapat mengintip password dari sambungan yang sudah tersimpan sebelumnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar