ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Begini Cara Melihat Password WiFi di Handphone Android yang Pernah Terhubung

Cara Melihat Password WiFi Header

Gadgetren – Ada kalanya teman menanyakan kepada kamu mengenai password WiFi tempat tertentu setelah mengetahui bahwa handphone kamu sudah tersambung.

Namun kamu mungkin lupa karena sudah lama atau password dimasukkan oleh pegawai tempat tersebut. Sayangnya kamu tidak dapat secara langsung untuk melihat password pada menu Settings yang ada di handphone Android.

Untungnya kamu tidak perlu khawatir karena sebenarnya dapat melihat password WiFi yang pernah terhubung ke handphone Android milik kamu dengan memanfaatkan fitur Scan QR Code.

Cara Melihat Password WiFi dengan QR Code

  1. Akses aplikasi Settings
  2. Pilih menu WiFi dan aktifkan toggle hingga menjadi warna hijau
  3. Cari dan pilih nama jaringan WiFi yang telah tersambung sebelumnya
  4. Plih Wi-Fi QR Code dan akan muncul gambar QR Code untuk dipindai
    WiFi QR Code untuk password
  5. Install aplikasi seperti Google Lens dari Google Play Store di handphone lain
  6. Pindai QR Code tersebut menggunakan aplikasi Google Lens
  7. Password dari nama jaringan WiFi yang tersambung pun akan terlihat
    Password Wifi Google Lens

Perlu dicatat bahwa cara ini bisa dilakukan hanya pada jaringan WiFi yang sebelumnya telah tersambung di handphone kamu. Sementara itu, untuk password dari jaringan WiFi yang belum pernah tersambung sama sekali sebaiknya kamu meminta izin terlebih dulu kepada pemilik.

Rata-rata aplikasi untuk melihat password WiFi yang tersedia di Google Play Store membutuhkan handphone yang sudah root karena bisa mengakses file dari sistem lebih leluasa, termasuk untuk melihat password dari WiFi yang sudah terhubung.

Root memungkinkan pengguna maupun aplikasi mendapatkan akses penuh terhadap sistem handphone Android. Namun itu berarti, resikonya handphone kamu akan mudah terserang malware karena akses sistem lebih terbukanya.

Untuk itulah kamu sebaiknya jangan melakukan root karena produsen handphone memang sengaja tidak memberikan akses penuh ke sistem agar tidak terjadi yang tidak diinginkan.

Dengan kata lain, kamu sebaiknya menggunakan metode pemindaian WiFi QR Code saja apabila ingin mengetahui password dari jaringan WiFi yang telah tersambung karena relatif lebih aman.

Namun apabila kamu memiliki cara lain untuk melihat password WiFi di handphone maupun perangkat lainnya, kamu dapat berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar di bawah.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar