ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan HP Otomatis Sesuai Jadwal yang Ditentukan

Cara Mematikan HP Otomatis Header

Gadgetren – Ponsel merupakan salah satu perangkat penting yang digunakan oleh banyak orang untuk menunjang aktivitas sehari-harinya.

Ada kalanya kamu tidak ingin ponsel selalu menyala pada saat sedang istirahat, namun agak malas untuk mematikan sendiri dengan tombol Power. Sebenarnya kamu dapat mematikan atau menyalakan ponsel secara otomatis dengan fitur Schedule power on/off.

Pada ponsel berbasis Android, umumnya fitur Schedule power on/off sudah disediakan secara otomatis pada aplikasi Settings sehingga kamu hanya perlu mengaktifkan fiturnya sesuai dengan jam yang ditentukan.

Cara Mematikan HP Otomatis

Menggunakan Schedule Power on/off

  • Buka kunci layar ponsel.
  • Akses aplikasi Settings.
  • Pada halaman Search, ketik kata kunci Schedule.
  • Pilih opsi Schedule Power on/off.
  • Selanjutnya, aktifkan opsi Auto Power-off.
  • Tentukan jam untuk mematikan ponsel.

Setelah opsi Auto Power-off aktif, maka secara otomatis ponsel akan dimatikan sesuai dengan jam yang telah ditentukan. Hal ini tentunya praktis agar perangkat dapat dimatikan dan disegarkan secara otomatis tanpa perlu kamu lakukan sendiri.

Sementara itu, kamu juga dapat menyalakan ponsel secara otomatis ketika mengaktifkan juga fitur Auto Power-on dan menentukan kapan waktu menyalanya. Biasanya fitur Auto Power-on akan berada di dekat Auto Power-off sehingga tidak perlu bingung mencarinya.

Kombinasi kedua fitur ini tentunya dapat membuat kamu lebih mudah untuk mengatur jadwal ponsel menyala atau mati. Menariknya lagi, ponsel Samsung memiliki fitur untuk restart ponsel secara otomatis untuk menjaga sistem tetap prima.

Aktifkan Fitur Restart Otomatis Samsung

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pilih menu Battery and device care.
  • Pilih opsi Auto optimization.
  • Tekan tombol toggle opsi Restart when needed ke posisi aktif.

Setelah fitur ini aktif, maka ponsel akan melakukan restart secara otomatis ketika sistem mendeteksi telah tidak digunakan beberapa lama. Dengan begitu tentunya akan membuat sistem pada ponsel Samsung menjadi lebih segar kembali.

Fitur ini pun dapat menghemat penggunaan tombol Power karena kamu tidak perlu menekannya sering-sering. Pasalnya tombol Power memiliki fungsi yang vital untuk berbagai kondisi seperti mematikan maupun menyalakan perangkat, memilih menu pada Recovery Mode, dan lainnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar