ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi Handphone

6 HP Gaming Rp4 Jutaan Biar Main Bisa Maksimal

HP Gaming 4 Jutaan - Header

Gadgetren – Bermain game seluler memang sudah menjadi makanan sehari-hari bagi sebagian orang, baik untuk sekadar menghabiskan waktu senggang, mencari hiburan, atau berusaha menambah pendapatan.

Namun apa pun tujuannya, kita tentu memerlukan perangkat yang mumpuni supaya pengalaman bermain bisa terasa lebih menyenangkan. Setidaknya supaya judul-judul game yang dimainkan bisa berjalan dengan lebih lancar tanpa hambatan.

Ponsel yang mumpuni untuk bermain game kabar baiknya kini semakin banyak di pasaran. Tak hanya menyasar kelas atas, kita juga dapat menemukannya di pasar menengah ke bawah. Adapun di antaranya juga tersedia di rentang harga Rp4 jutaan.

1. Infinix Zero 30 5G

HP Gaming 4 Jutaan - Infinix Zero 30 5G

Dibanderol dengan harga normal Rp4.299.000 (link Tokopedia), Infinix Zero 30 5G termasuk salah satu salah satunya. Ponsel ini bisa menjadi pilihan pas bagi kita yang memerlukan perangkat untuk bermain game karena membawa spesifikasi lumayan tinggi.

Dapur pacu dari ponsel ini misalnya sudah menggunakan MediaTek Dimensity 8020 (6nm) yang bisa berjalan dengan kecepatan hingga 2,6GHz. Oleh karena itu, kemampuannya secara teknis dapat disetarakan dengan ponsel yang mengemas chipset flagship seperti Qualcomm Snapdragon 865, Snapdragon 870, Snapdragon 888, maupun Google Tensor G2.

Belum lagi pada Infinix Zero 30 5G, terdapat RAM sebesar 12GB sebagai penunjang. Kita pun dapat mengekspansi dukungannya dengan fitur Extended RAM supaya kapasitasnya meningkat menjadi 21GB jika terasa masih kurang.

Panel layar AMOLED yang dipakainya pun tak hanya tampil menawan dengan sisi-sisi dibuat melengkung selayaknya ponsel flagship. Spesifikasinya lumayan menarik di mana sudah membentang hingga seluas 6,78 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate hingga 144Hz. Terdapat juga lapisan Corning Gorilla Glass 5 sebagai pelindung.

Bermain game dengan Infinix Zero 30 5G juga bisa bebas rasa khawatir karena sudah dilengkapi baterai berkapasitas 5.000mAh. Di sisi lain, perangkat ini juga mendukung teknologi pengisian daya 68W yang hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi hingga 80 persen.

2. TECNO CAMON 20 Pro 5G

HP Gaming 4 Jutaan - TECNO CAMON 20 Pro 5G

Saudara jauh Infinix Zero 30 5G di bawah naungan Transsion Holdings yang bernama TECNO CAMON 20 Pro 5G juga dapat menjadi opsi pas saat kita membutuhkan ponsel untuk bermain game. Perangkat ini apalagi juga dibanderol dengan harga normal Rp4.299.000 (link Tokopedia).

TECNO CAMON 20 Pro 5G mempunyai spesifikasi yang tak kalah mumpuni dari saudaranya di atas. Perangkat ini soalnya sudah membawa MediaTek Dimensity 8050 (6nm) berkecepatan 3GHz yang notabene di atas kertas lebih kencang.

Dalam mendorong kemampuan chipset tersebut, TECNO Mobile apalagi membenamkan RAM sebesar 8GB. Terdapat juga opsi Extended RAM yang bisa dipakai untuk menambah kapasitasnya dengan memori virtual hingga 8GB supaya semakin lancar.

Di sisi lain, TECNO Mobile juga menyematkan dukungan sistem pendingin dari Large Graphene dan High Polymer Gel yang akan membantu menekan suhu agar ponsel tetap berjalan dengan baik. Perlu diingat bahwa bermain game umumnya akan diikuti dengan produksi panas dari chipset.

Layar TECNO CAMON 20 Pro 5G juga sudah menggunakan panel AMOLED beresolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) yang membentang hingga seluas 6,67 inci. Pengaturan refresh rate yang dibawanya pun mendukung animasi hingga 120Hz.

Untuk baterainya, perangkat ini membawa kapasitas penyimpanan daya sebesar 5.000mAh. TECNO Mobile melengkapinya bersama teknologi pengisian 33W Super Charge dan AI Smart Charge yang dapat bekerja secara cepat dan aman.

3. vivo V29e 5G

HP Gaming 4 Jutaan - vivo V29e

Alternatif selanjutnya, ada vivo V29e 5G yang dibanderol dengan harga Rp4.399.000 (link Tokopedia). Perangkat satu ini juga mempunyai dukungan dan spesifikasi yang tak kalah bertenaga untuk memainkan berbagai macam game kesukaan.

Berbeda dari perangkat-perangkat sebelumnya, vivo V29e 5G secara khusus mengandalkan chipset besutan Qualcomm yang disebut Qualcomm Snapdragon 695. Chipset 6nm yang mampu berjalan hingga 2,2GHz tersebut mampu menghasilkan kinerja yang lumayan tinggi.

Tim Gadgetren pun pernah menjajal kemampuan dari perangkat ini. Lewat uji coba benchmark, vivo V29e 5G tercatat mampu menghasilkan skor 451.669 poin pada AnTuTu versi 10 serta 872 poin untuk inti tunggal dan 1.907 poin untuk inti jamak pada Geekbench 6.

Diuji untuk memain beberapa game popular seperti Call of Duty Mobile, Mobile Legends, Pokemon Unite, Arena of Valor, dan Metal Slug: Awakening, perangkat ini juga bisa berjalan lancar. Animasi yang dihasilkan juga menawan karena vivo V29e 5G di sisi lain mempunyai layar dengan refresh rate hingga 120Hz.

Meskipun hanya dilengkapi dengan baterai 4.800mAh yang lebih rendah ketimbang kebanyakan perangkat sekelasnya, vivo V29e 5G pun tetap nyaman untuk melakukan aktivitas apa saja di mana termasuk bermain game. Perangkat ini apalagi mendukung 44W FlashCharge yang bisa mengisi dari 10 hingga 100 persen dalam waktu 72 menit.

4. Redmi Note 12 Pro 5G

HP Gaming 4 Jutaan - Redmi Note 12 Pro 5G

Opsi yang tak kalah menarik juga lahir dari lini keluarga ponsel buatan Xiaomi. Melalui sub merek mereka, terdapat perangkat bernama Redmi Note 12 Pro 5G yang mempunyai spesifikasi bertenaga untuk memainkan game-game populer di masa sekarang.

Perangkat yang dibanderol dengan harga normal Rp4.499.000 (link Tokopedia) ini menawarkan MediaTek Dimensity 1080. Chipset 6nm berkecepatan hingga 2,6GHz tersebut mempunyai kemampuan setara Qualcomm Snapdragon 855 atau Qualcomm Snapdragon 778G.

Berbekal chipset tersebut, Redmi Note 12 Pro 5G bakalan mampu menangani berbagai macam tugas berat seperti bermain game. Perangkat ini terlebih lagi juga sudah menggunakan RAM berkapasitas 8GB dan lapisan pendingin graphene berukuran 2.000mm².

Panel P-OLED yang digunakan pada layar Redmi Note 12 Pro 5G pastinya akan memanjakan mata kita saat bermain game. Selain mempunyai ukuran yang luas karena membentang hingga 6,67 inci dan beresolusi Full HD+, refresh rate-nya pun mendukung pengaturan animasi hingga 120Hz.

Sebagai penunjang, Redmi Note 12 Pro 5G juga mendukung fitur multimedia yang bakal menambah kenyamanan dalam memainkan berbagai macam game. Adapun di antaranya termasuk Dolby Vision untuk peningkatan kualitas gambar HDR maupun Dolby Atmos untuk produksi suaranya.

5. POCO F5

HP Gaming 4 Jutaan - POCO F5

Selain dari sub merek Redmi, Xiaomi juga mempunyai alternatif lain lewat keluarga POCO yang sejak awal diperkenalkan menjanjikan perangkat-perangkat bertenaga. Kita dalam hal ini dapat mempertimbangkan POCO F5 jika mempunyai dana Rp4 jutaan.

POCO F5 merupakan ponsel Xiaomi yang dibanderol dengan harga normal mulai dari Rp4.999.000. Kita dapat meminangnya dari berbagai macam saluran penjualan di mana termasuk Tokopedia atau platform ecommerce lainnya.

Secara khusus, perangkat satu ini sudah dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 di mana merupakan chipset menengah yang sangat bertenaga. Uji AnTuTu versi 9 dari chipset tersebut bahkan dapat menembus skor 969.903 poin.

Kinerja yang ditawarkan oleh POCO F5 makanya dapat melahap aplikasi maupun game berat sekalipun. Di sisi lain, perangkat ini juga mempunyai fitur-fitur penunjang yang dapat meningkatkan kemampuannya seperti Game Booster maupun pendingin LiquidCool Technology 2.0.

Pengalaman bermain game juga bisa semakin terasa menyenangkan karena POCO F5 sudah memakai layar AMOLED Full HD+ 6,67 inci yang mendukung refresh rate hingga 120Hz. Perangkat ini pun ditunjang dengan teknologi Dolby Atmos maupun Dolby Vision.

Sama seperti Redmi Note 12 Pro 5G, perangkat ini juga membawa teknologi 67W Turbo Charge untuk melengkapi baterai berkapasitas 5.000mAh yang dibawanya. Jadi pengisian daya bisa berjalan semakin singkat di mana diklaim hanya memerlukan sekitar 46 menit saja untuk mengisi hingga 100 persen.

6. Samsung Galaxy A34 5G

HP Gaming 4 Jutaan - Samsung Galaxy A34 5G

Meskipun sebelum-sebelumnya tercatat sebagai merek yang hanya menjual nama besar saja, Samsung pun mulai memperbaiki citranya dengan menghadirkan perangkat-perangkat bertenaga di kelas menengah ke bawah. Mereka di antaranya mempunyai Samsung Galaxy A34 5G yang juga pas jika kita memerlukan perangkat harian yang bisa diajak bermain game.

Dilabeli dengan harga normal Rp4.999.000 (link Tokopedia), perangkat ini juga sudah memboyong Mediatek Dimensity 1080 sebagai dapur pacu. Jadi secara teknis dapat digunakan untuk melakukan aktivitas apa pun yang mana termasuk bermain game.

Terlebih lagi, Galaxy A34 5G memang dilengkapi dengan RAM berkapasitas 8GB. Kita pun dapat menambahnya dengan memanfaatkan fitur RAM Plus yang memungkinkan perangkat mengubah ruang kosong penyimpanan internal menjadi memori virtual hingga sebesar 8 GB.

Berdasarkan uji coba pemakaian yang Kami lakukan, Galaxy A34 5G bisa memperoleh skor 469.634 poin di AnTuTu serta 1.031 poin untuk inti tunggal dan 2.529 poin untuk inti jamak di Geekbench. Perangkat ini pun sudah dapat diajak memainkan game berat seperti Genshin Impact.

Kita juga akan dimanjakan oleh tampilan gambar dari konten game karena perangkat ini mendukung layar berteknologi Super AMOLED yang membentang hingga 6,6 inci. Resolusinya pun sudah Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dengan refresh rate hingga 120Hz.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar