ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Lenovo Rilis Laptop IdeaPad Pro 5i dengan Intel Core Ultra dan Teknologi AI

Lenovo Rilis Laptop IdeaPad Pro 5i dengan Intel Core Ultra dan Teknologi AI

Gadgetren – Pada pertengahan bulan Desember 2023, Lenovo telah merilis laptop terbarunya yang bernama IdeaPad Pro 5i dan dibanderol dengan harga mulai USD 1.149,99 atau sekitar Rp17,7 jutaan.

Menariknya, kali ini Lenovo memberikan penyegaran kepada IdeaPad Pro 5i dengan konfigurasi perangkat keras terbaru seperti Intel Core Ultra 9 yang turut dibekali teknologi Artificial Intelligence (AI).

Kehadiran fitur AI khusus pada IdeaPad Pro 5i dapat membantu pengguna lebih produktif dan mengerjakan tugas secara multitasking dengan cepat seperti untuk pengguna yang sering membuat konten untuk pengeditan foto, video, eskpor foto yang semakin cepat dan efisien.

Dengan dukungan akselerasi AI, IdeaPad Pro 5i juga memungkinkan pengguna dapat merasakan pengalaman menyelesaikan pekerjaan dan proyek mereka dengan bantuan asisten AI Copilot di Windows 11.

Prosesor IdeaPad Pro 5i juga dipadukan dengan kartu grafis Intel Arc dan hingga GeForce RTX 4050 yang disebut dapat menawarkan Thermal Design Power (TDP) hingga 115W.

Selain itu prosesor IdeaPad Pro 5i didukung dengan RAM LPDDR5X hingga 32GB dan penyimpanan SSD NVMe PCle Gen 4 berkapasitas hingga 1TB. Terdapat dukungan slot microSD untuk memperluas ruang penyimpanan beragam jenis file hingga 1TB.

Lenovo IdeaPad Pro 5i 16” 9

Laptop yang satu ini memiliki kapasitas baterai sebesar 84Whr yang dilengkapi Rapid Charge Express atau pengisian daya cepat melalui port Thunderbolt 4. Lewat port Thunderbolt 4 pengguna juga dapat melakukan transfer data yang lebih cepat untuk beragam file seperti foto, dokumen dan video yang berkapasitas besar.

IdeaPad Pro 5i mengusung dua ukuran layar yang mencakup 14 dan 16 inci. Layar tersebut menyediakan pilihan panel IPS dan juga OLED. Di atas layarnya terdapat webcam beresolusi Full HD dengan dukungan dua mikrofon untuk menunjang panggilan video.

Kamera webcam tersebut dilengkapi sensor IR untuk Windows Hello dan  Privacy Shutter. Sistem audio yang ditanam menggunakan dua speaker yang didukung Dolby Atmos untuk menghasilkan suara yang lebih hidup.

IdeaPad Pro 5i menyediakan koneksi port yang lengkap seperti  USB 3.2 Gen 1 Type C (Power Delivery dan DisplayPort), Thunderbolt 4, HDMI 2.1, 2x USB 3.2 Gen 1 Type A, pembaca SD Card, dan 3,5mm audio jack.

ThinkPad X1 Carbon 12th Gen

Selain IdeaPad Pro 5i, Lenovo juga turut menghadirkan dua laptop segmen bisnis meliputi ThinkPad X1 Carbon dan ThinkPad X1 2-in-1. Keduanya merupakan laptop Intel Evo yang ditenagai prosesor Intel Core Ultra dan kartu grafis Intel Arc.

Prosesor kedua laptop ThinkPad baru ini juga ditemani RAM LPDDR5X berkapasitas hingga 64GB dan penyimpanan SSD NVMe PCle Gen 4 berkapasitas hingga 2TB.

Layar keduanya berukuran 14 inci yang memiliki panel OLED bisa dioperasikan secara sentuhan serta mendukung resolusi 2,8K, refresh rate 120Hz, tingkat kecerahan hingga 400nit, dan HDR500 True Black.

Adapun ThinkPad X1 Carbon Gen 12 sudah tersedia dalam konfigurasi terbatas dengan harga mulai USD 2.989 atau sekitar Rp46,1 jutaan. Sedangkan ThinkPad X1 2-in-1 Gen 9 akan tersedia mulai bulan Maret 2024 mendatang dengan harga mulai USD 2.639 atau sekitar Rp40,7 jutaan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar