ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Wearable

Dengan Descent G1 Solar Ocean Edition, Garmin Adakan Aksi Bersih-Bersih Pantai

Dengan Descent G1 Solar Ocean Edition, Garmin Adakan Aksi Bersih-Bersih Pantai

Gadgetren – Setelah merilis perangkat wearable terbarunya yang bernama Descent G1 Solar Ocean Edition, kini Garmin Indonesia memberikan aksi nyata kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar dengan melakukan bersih-bersih pantai di Pulau Pramuka.

Kegiatan bersih-bersih pantai tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2023 mulai jam 09.00 pagi hingga jam 11.00 WIB siang dengan melibatkan beberapa organisasi lingkungan seperti Divers Clean Action (DCA) dan Mortier. Selain itu, DCA juga turut mengajak volunteer atau relawan lingkungan yang menyediakan diri dalam aktivitas ini.

Ada sebanyak 58 relawan yang mengikuti acara bersih-bersih pantai atau Beach Clean Up ini. Tak ketinggalan hadir pula Vebby Hananto selaku penyelam profesional yang telah mendapatkan PADI certificate scuba diver. Dalam bersih-bersih pantai, Vebby juga ditemani oleh surfer dan penyelam perempuan yakni Gemala Hanafiah.

Bersama dengan organisasi dan relawan, kedua penyelam perempuan ini turut membantu membersihkan sampah di sekitar pantai Pulau Pramuka yang mana melalui proses mulai dari mengumpulkan, memilah dan mengolah sampah.

Para peserta termasuk mereka pun kebagian tugas masing-masing untuk mengumpulkan jenis sampah berbeda yang terdiri dari Plastik Daur Ulang, Plastik Sekali Pakai, Karet, Tekstil, Kayu Olahan, Logam, Kaca, Keramik, dan B3. DCA kemudian memilahnya dan terkumpul total ada 67,8 kg sampah tersebut.

Untuk jenis sampah yang dapat didaur ulang selanjutnya diserahkan kepada organisasi Mortier untuk kemudian diolah menjadi barang yang dapat digunakan.Sedangkan sampah lainnya diberikan ke PJLP Lingkungan Hidup Pulau Pramuka untuk kemudian dikelola sesuai jenisnya.

Tak hanya di bibir pantai saja, bersih-bersih sampah juga dilakukan di dalam lautan yang dilakukan oleh 9 penyelam relawan sehingga pembersihan juga tak hanya di daratan saja tetapi yang terpenting di dalam lautan yang dapat membawa dampak terhadap kerusakan ekosistem laut.

Sementara kesembilan penyelam tersebut telah berhasil mengumpulkan sampah seberat 22,4 kg yang berisi beragam jenis sampah yang disebut sebelumnya. Pihak DCA menyebutkan bahwa salah satu sampah yang paling banyak ditemui ialah jaring ikan.

 Garmin-Descent-G1-Solar-Ocean-Edition-Beach-Clean-Pulau-Pramuka-1

Limbah jaring ikan yang terbengkalai ini disebut dapat bertahan hingga ratusan tahun dan dapat berpotensi membahayakan ekosistem laut. Garmin juga mengungkap data menarik berupa persentase masing-masing jenis sampah yang telah ditemui di pantai maupun di dalam lautan.

Di pantai, plastik sekali pakai memiliki persentase tertinggi sebesar 31,08% dilanjutkan sampah B3 22,9%, kayu olahan 19,3%, plastik daur ulang 15,4%, karet 4%, kaca 3,3%, tekstil 1,4%, keramik 1%, dan logam 0,6%. Sedangkan di dalam lautan, tekstil atau jaring ikan sebanyak 38,8%, plastik sekali pakai 24,6%, kaca 13,8%, B3 11,6%, dan logam 11,2%.

Selain dengan tindakan nyata, Garmin melalui smartwatch Descent G1 Solar Ocean Edition juga dirancang menggunakan bahan daur ulang dan menggunakan energi atau daya dari tenaga surya atau panel solar charging.

Perangkat ini juga didukung ketahanan yang menjadikan tangguh di segala medan berkat sertifikasi Mil-STD 810 berkat proses pengujian suhu, guncangan, dan tekanan air.

Beragam mode selam seperti penyelaman gas tunggal dan multi-gas termasuk nitrox dan trimix, gauge, apnea, apnea hunt, dan penyelaman rebreathe sirkuit tertutup (CCR) juga telah dibenamkan ke dalam bodi Descent G1 Solar Ocean Edition. Kemudian jam tangan ini juga dapat melacak titik masuk dan keluar penyelaman di permukaan air dengan konektivitas satelit GNSS.

Garmin-Descent-G1-Solar-Ocean-Edition

Baterainya diklaim bisa bertahan hingga 124 hari dalam mode smartwatch dengan pengisian tenaga surya. Sedangkan dalam mode selam disebut dapat bertahan hingga 25 jam yang mana cukup untuk 33 kali sesi menyelam dengan perkiraan 45 menit untuk satu kali penyelaman. Bahkan jam tangan ini disebut dapat diajak menyelam hingga kedalaman 100 meter.

Saat ini Descent G1 Solar Ocean Edition masih membuka program pre order di Garmin Brand Store Pondok Indah Mall (PIM) Jakarta dan Garmin Brand Store Teuku Umar Bali dengan harga banderol Rp10.799.000.

Selama masa pre order hingga tanggal 20 Desember 2023, pembeli akan mendapatkan Dry Bag Special Edition Garmin dan berkesempatan memenangkan undian Freediving Certification Level 1.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar