ASUS TUF Gaming FX507
Berita Wearable

Terbuat dari Sampah Daur Ulang, Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Bisa Dibawa Selam Hingga 100M

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition, Smartwatch Diving yang Terbuat dari Sampah Daur Ulang

Gadgetren – Setelah menghadirkan smartwatch edisi selam pada tahun 2022 silam melalui Descent G1 Solar dan Descent G1 standar, kini Garmin melengkapi dengan keluarga baru yakni Descent G1 Solar Ocean Edition.

Model ketiga dalam seri Descent G1 ini disebut sebagai jam tangan pintar yang mengusung konsep ramah lingkungan karena terbuat dari plastik daur ulang dan mengandalkan pengisian daya dari tenaga surya. Descent G1 Solar Ocean Edition sudah bisa dipesan di Indonesia sampai tanggal 20 Desember 2023 mendatang dengan harga banderol Rp10.799.000.

Pembeli bisa memesan jam tangan pintar selam ini di toko Garmin Brand Store Pondok Indah Mall (PIM) Jakarta dan Garmin Brand Store Teuku Umar Bali. Lebih jauh, Rian Krisna selaku Country Manager Garmin Indonesia menyebutkan bahwa Descent G1 Solar Ocean Edition secara khusus dibuat dari sampah yang terbuang di dalam laut.

Kemudian sampah-sampah tersebut diambil dan melalui beberapa proses tahapan pembuatan mulai dari klasifikasi, dibersihkan dan dikeringkan, dibentuk menjadi persegi empat, pewarnaan, pengolahan di pabrik, hingga menjadi bahan untuk pembuatan jam Descent G1 Solar Ocean Edition.

Bahan-bahan tersebut selanjutnya digunakan untuk membuat perangkat bodi Descent G1 Solar Ocean Edition, untuk bingkai dan tombolnya. Dibandingkan dengan seri Descent G1 sebelumnya, sebenarnya Ocean Edition tidak jauh berbeda dengan hardware dan fitur-fitur yang sama. Hanya saja bahan konstruksi materialnya berbeda dengan mengandalkan 100% plastik daur ulang.

Selain konstruksinya yang ramah lingkungan, Descent G1 Solar Ocean Edition dilengkapi dengan pengisian daya dari matahari sehingga memungkinkan penyelam dapat menjelajah lebih lama yang diklaim memiliki masa pakai baterai hingga 25 jam dalam mode selam dan hingga 124 hari dalam mode jam tangan pintar saat pengisian daya tenaga surya.

Rian menjelaskan untuk pengisian daya tenaga surya sendiri berbeda-beda tergantung dari tingkat paparan matahari pada wilayahnya sehingga wilayah satu dan lainnya pun akan berbeda.

Kemudian pengisian daya tenaga surya akan bekerja ketika pengguna berada di atas permukaan air laut sedangkan di dalam laut pengisian tidak bekerja karena terhalang air laut maupun benda maupun makhluk hidup lainnya.

 Garmin-Descent-G1-Solar-Ocean-Edition-Daur-Ulang.

Rian menambahkan pengisian daya tenaga surya dengan pengisian utama juga tidak bisa disamakan karena penyelam harus tetap membutuhkan sumber daya listrik untuk pengisian daya agar lebih optimal sehingga disebutkan bahwa tenaga surya hanya menjadi pengisian daya alternatif untuk penggunaan lebih lama.

Secara fisik, Descent G1 Solar Ocean Edition dilengkapi casing polimer yang kokoh dengan ukuran dimensi 45mm. Layarnya dilindungi lensa safir anti gores dan mengusung layar monokrom berukuran 1,28″ yang mudah dibaca di bawah sinar matahari.

Jam tangan pintar ini diklaim bisa diajak menyelam dengan kedalaman hingga 100 meter  dan telah teruji sesuai standar militer MIL-STD-810 untuk ketahanan termal, guncangan, dan air. Selain itu strap-nya mempunyai ukuran tipis sekitar 22mm yang mudah dilepas pasang.

Kehadiran Descent G1 Solar Ocean Edition juga turut menyederhanakan bantuan alat penyelam yang menggunakan komputer secara terpisah karena jam tangan ini sudah menyertakan fitur selam ala Garmin untuk membantu pengguna bisa memaksimalkan pengalaman menyelam mereka.

Ditambah lagi dukungan fitur cerdas berupa pemantau kesehatan dan olahraga dan cerdas untuk melengkapi aktivitas pengguna di luar air. Adapun untuk mode penyelaman single dan multiple gas yang disediakan mencakup nitrox dan trimix, gauge, apnea, apnea hunter, dan closed-circuit rebreather.

Garmin-Descent-G1-Solar-Ocean-Edition-Daur-Ulang-1

Descent G1 Solar Ocean Edition juga dapat melacak titik masuk dan keluar penyelaman di permukaan laut dengan menggunakan GPS Multi-Band GNSS dan Garmin SatIQ. Pengguna pun dapat menyimpan dan meninjau data penyimpanan yang  mana jam ini bisa menampung hingga 200 aktivitas penyelaman dan bisa membagikannya ke aplikasi Garmin Dive.

Kegiatan penyelaman di dalam air dapat dengan mudah dilakukan dengan panduan navigasi kompas selam 3 sumbu yang secara bawaan sudah dibenamkan ke dalam bodinya. Untuk keamanan penyelaman, layar Descent G1 Solar Ocean Edition dapat menampilkan kondisi pasang surut air laut terdekat sehingga penyelam dapat mempersiapkan untuk menghindari area berbahaya.

Ada lebih dari 30 aplikasi olahraga bawaan yang mendukung Descent G1 Solar Ocean Edition sehingga pengguna tak hanya dapat mengajak jam tangan ini menyelam di ari tetapi juga berolahraga di darat seperti naik gunung, lari, sepeda, golf, yoga, gym, dan masih banyak lagi.

Fitur-fitur untuk menemani pengguna latihan seperti recovery time advisor atau penasihat waktu pemulihan, training status atau status latihan, pelacakan pernapasan sepanjang hari, dan saran olahraga harian telah diberikan.

Pengguna juga dapat menerima notifikasi cerdas, menikmati fitur deteksi insiden kecelakaan, skor tidur dan pemantauan tidur tingkat lanjut, deteksi detak jantung, pemantauan energi Body Battery, pelacakan hidrasi, hingga pembayaran non tunai menggunakan Garmin Pay.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar