Smartphone

Peningkatan Terbesar di Sektor Fotografi, Ini Hasil Jepretan Kamera 108MP realme C67

realme C67

realme C67 yang baru-baru ini diumumkan oleh realme tergolong unik karena handphone ini perdana rilis di Indonesia sebelum negara lain.

Handphone yang satu ini digadang-gadang menyajikan peningkatan yang terbesar di segmennya terutama di sektor fotografi berkat kehadiran kamera 108MP. Menarik melihat handphone di kelas ini sekarang menyajikan kamera yang semakin canggih, berbeda dibandingkan tahun-tahun terdahulu.

Resolusi kamera yang mencapai 108MP tentu tergolong sangat besar apalagi melihat biasanya realme menjual produk seri C dengan harga yang terjangkau. Sensor yang digunakan pun bukan sembarangan yakni ISOCELL HM6, sensor yang pernah realme gunakan di seri yang lebih atas.

Nah tim Gadgetren berkesempatan untuk memegang langsung handphone realme C67 dan menjajal kemampuan kameranya. Hasil jepretan foto kamera utamanya terlihat tajam dan mampu merekam warna seperti aslinya.

realme C67 - Hasil Kamera

realme C67 - Hasil Kamera

Menariknya kamera realme C67 mengusung teknologi 3x In-sensor Zoom di mana hasilnya disebut-sebut lebih baik dibandingkan dengan zoom digital biasa. Sederhananya cara kerja teknologi ini adalah memanfaatkan 12 juta piksel pada bagian tengah dari sensor 108MP yang diusung oleh handphone ini.

Berkat ini kamera realme C67 dapat menghasilkan foto dengan tiga kali lossless zoom di mana tidak mengorbankan kualitas gambar maupun sudut pandang ketika melakukan pembesaran foto.

realme C67 - Hasil Kamera

Pembesaran 1x

realme C67 - Hasil Kamera

Pembesaran 3x

Ketika tim Gadgetren coba, hasil dari pembesaran 3x dari kamera realme C67 terlihat memuaskan hasilnya. Pada foto di atas, tekstur bulu rusa tetap terlihat dengan jelas padahal dijepret dengan jarak terpisah sekitar 10 meter dari handphonenya.

Selain dapat melakukan pembesaran tersebut, realme C67 juga mampu menghasilkan foto dengan resolusi penuh 108MP. Dengan mode ini, foto pun dapat terlihat tetap tajam bahkan ketika dikrop sebesar 50%.

Tentunya ini dengan efek samping ukuran file foto akan menjadi lebih besar dibandingkan dengan mode biasa. Menariknya realme C67 mampu memproses foto berukuran besar tersebut dengan waktu yang tergolong cukup cepat dibandingkan dengan smartphone lain di kelas harganya.

realme C67 - Hasil Kamera 108MP

108MP

realme C67 - Hasil Kamera 108MP

108MP – Crop 50%

Kecanggihan kamera dari realme C67 tentu tidak hanya karena sensor yang diusungnya melainkan juga berkat kombinasi chipset Snapdragon 685 berteknologi Qualcomm Spectra 12-bit ISP untuk pemrosesan gambar yang lebih baik. Chipset ini pun tergolong masih baru karena dirilis pada Maret 2023 lalu.

Sejauh ini selama tim Gadgetren gunakan, hasil foto dan pengalaman menggunakan kamera realme C67 terasa memuaskan apalagi melihat handphone ini kemungkinan besar berada di rentang harga yang ramah dompet. Belum banyak spesifikasi yang diungkapkan oleh realme. Namun melihat kemampuan fotografi yang dibawa oleh smartphone ini, layak untuk menantikan fitur lain apa yang akan dibawa yang digadang oleh realme sebagai peningkatan terbesar di seri C nya ini.

realme C67 sendiri baru akan diluncurkan pada tanggal 19 Desember 2023 mendatang pukul 14:00 WIB. Acara peluncuran ini akan dilakukan melalui live streaming di kanal YouTube resmi realme Indonesia.

Tinggalkan Komentar