ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone

Ini 8 Kelebihan dan Kekurangan realme C67, HP Murah Berkamera 108MP

Kelebihan dan Kekurangan realme C67 - Header

Gadgetren – realme C67 akhirnya resmi diluncurkan. Tersedia mulai dari Rp2.599.000, perangkat tersebut dapat menjadi pilihan menarik bagi kita yang sedang mencari ponsel baru dengan harga terjangkau.

Perangkat menengah ke bawah dari realme tersebut membawa spesifikasi lumayan menggoda untuk sebuah ponsel yang dipasarkan di rentang harga Rp2 jutaan. Terdapat beberapa hal baru yang bahkan menjadi sebagian dari keunggulannya.

Namun jika masih ragu-ragu untuk meminangnya, kita pun bisa mencoba mengenal perangkat tersebut terlebih dulu. Kita dalam hal ini secara praktis dapat melakukannya dengan melirik mulai dari kelebihan dan kekurangan realme C67.

Kelebihan realme C67

1. Desain Cantik dan Tahan Banting

Hadir dalam dua varian warna yang mana meliputi Sunny Oasis dan Black Rock, realme C67 mencoba menggoda para pengguna dengan desain yang terlihat cantik. Penutup belakangnya dibuat dengan tekstur bergaris yang akan menciptakan efek kilauan saat dilihat dari sudut pandang berbeda.

Sisi-sisi samping dari bodi realme C67 juga sudah mengikuti tren yang berkembang di mana menggunakan desain datar. Namun tak perlu khawatir, perangkat tersebut masih nyaman untuk digenggam karena sudut-sudutnya dibuat sedikit melengkung dengan bingkai plastik yang juga dihilangkan.

Kelebihan dan Kekurangan realme C67 - Desain

Ukuran bodi realme C67 apalagi memang pas untuk digenggam di tangan. Perangkat tersebut mempunyai ketebalan yang sangat tipis bahkan lebih ramping jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel sekelasnya. Bahkan dalam datanya hanya sekitar 7,59mm.

Uniknya untuk memberikan keandalan pemakaian yang lebih baik, realme menyematkan dukungan tahan percikan air dan debu ke dalam perangkat tersebut. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya sertifikasi IP54 yang ikut memastikan bahwa realme C67 bisa dipakai di lebih banyak kondisi.

2. Kamera Juara

Jargon “108MP Camera, New Champion” yang diusung oleh realme C67 menunjukkan bahwa perangkat tersebut juga unggul di sektor fotografi. Sepengetahuan kami, baru pertama kali ini ada ponsel yang mau membawa kamera beresolusi 108MP ke rentang harga Rp2 juta.

Kamera realme C67 secara khusus menggunakan Samsung ISOCELL HM6 di mana sebelumnya hanya hadir di perangkat-perangkat buatan realme yang lebih tinggi. Menemani sensor ini, terdapat lensa B&W atau kedalaman yang mempunyai resolusi 2MP. Sementara kamera depannya menggunakan lensa 8MP.

Kelebihan dan Kekurangan realme C67 - Kamera

Tim Gadgetren sendiri sudah menjajal kemampuan dari kamera realme C67. Menurut kami, hasil foto dari lensa utamanya sudah tajam dan mempunyai produksi warna yang terlihat seperti aslinya. Bahkan proses pengambilan gambarnya bisa sangat cepat meskipun untuk pengaturan dengan resolusi maksimal.

Untuk foto-foto yang diambil dengan resolusi maksimal, kualitasnya juga sangat baik. Gambarnya masih dapat terlihat tajam meskipun dipotong dengan bagian sangat kecil meskipun sebagai ganti ukuran berkasnya akan membengkak dalam penyimpanan.

3. Performa Mumpuni

Guna mengimbangi kemampuan kameranya, realme C67 meluncur dengan sokongan Qualcomm Snapdragon 685 (6nm) yang mampu dikebut hingga 2,8GHz. Hal ini juga menjadi pertama kalinya untuk perangkat di rentang harga Rp2 jutaan.

Snapdragon 685 sendiri tergolong salah satu chipset menengah yang tangguh. Berkatnya, perangkat realme C67 mampu menghadirkan kinerja yang lancar untuk pemakaian sehari-hari mulai dari sekadar berkomunikasi hingga bermain game sekalipun.

Kelebihan dan Kekurangan realme C67 - Kinerja

Berdasarkan uji sintetis yang pernah dilakukan oleh Tim Gadgetren, realme C67 dengan menggunakan Snapdragon 685 bahkan bisa menembus skor 310.458 di aplikasi AnTuTu. Perangkat tersebut juga mendapatkan skor 471 untuk inti tunggal dan 1.336 untuk inti jamak di Geekbench.

Saat digunakan untuk bermain game Mobile Legends, ponsel keluaran realme tersebut juga dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Padahal Kami menggunakan pengaturan grafis Ultra dengan refresh rate High untuk memakainya.

4. Disokong Memori yang Besar

Di sisi lain, kinerja mumpuni yang ditawarkan realme C67 sebenarnya tak hanya berasal dari pemakaian Snapdragon 685 sebagai dapur pacu. Perangkat tersebut mampu menghadirkan performa tinggi karena juga disokong oleh konfigurasi memori yang baik.

Bagi kamu yang belum tahu, realme C67 meluncur dengan dukungan RAM LPDDR4x berkapasitas hingga 8GB. Kita makanya sudah dapat menggunakan perangkat tersebut untuk mengerjakan berbagai aktivitas bahkan secara multitasking dengan lancar.

Apabila dirasa masih merasa kurang lancar, perangkat tersebut mempunyai dukungan Dynamic RAM Expansion (DRE). Teknologi ini memungkinkan realme C67 mendapatkan tambahan memori virtual hingga RAM-nya akan diperluas menjadi 16GB.

Selain RAM yang besar, realme C67 juga mempunyai media internal yang luas. Perangkat tersebut menawarkan penyimpanan berkapasitas mulai dari 128GB untuk varian terendahnya atau 256GB untuk model tertingginya.

Kapasitas penyimpanan dari realme C67 secara teknis sudah cukup untuk pemakaian di masa sekarang. Namun jika masih memerlukan ruang yang lebih besar, perangkat tersebut juga menyediakan slot kartu Micro SD yang mendukung hingga sebesar 2TB.

5. Baterai dan Pengisian Daya Unggulan

Memakai realme C67 untuk mengerjakan rutinitas harian juga akan terasa lebih tenang karena perangkat tersebut sudah mengemas baterai berkapasitas 5.000mAh. Bahkan dalam uji coba pemakaian yang Kami lakukan, screen on time-nya dapat menembus hingga 6 jam 31 menit.

Pengujian ketahanan daya untuk realme C67 dengan PCMark 8 juga termasuk tinggi. Dengan setelan kecerahan 50 persen dan refresh rate yang diatur ke mode auto, perangkat tersebut mampu menembus 18 jam dan 34 menit dari baterai berkapasitas penuh.

Sebagai penunjang di sektor daya, realme C67 juga mengusung pengisian 33W SuperVOOC yang diklaim mampu mengisi baterai hingga 50 persen selama 26 menit. Pengujian Kami pun menunjukkan bahwa perangkat tersebut memerlukan waktu 1 jam 24 menit untuk 10 hingga 100 persen.

6. Layar Memuaskan dengan Mini Capsule yang Semakin Sempurna

Bagian layar dari realme C67 juga tak boleh dikesampingkan. Perangkat tersebut soalnya sudah menggunakan panel LCD yang mendukung tingkat kecerahan hingga 950 nit. Artinya, kita dapat tetap melihat konten dengan jelas meskipun di bawah terik matahari.

Layar yang digunakan apalagi sudah membentang seluas 6,72 inci dengan resolusi gambar hingga Full HD+ (1080×2400 piksel). Kita yang gemar bermain game atau menonton video juga akan dimanjakan dengan animasi yang mulus karena panel realme C67 mendukung refresh rate hingga 90Hz.

Kelebihan dan Kekurangan realme C67 - Layar

Yang tak kalah menarik, layar realme C67 juga mempunyai dukungan Mini Capsule 2.0 yang semakin sempurna sebagai salah satu peningkatannya. Kita kini pun dapat berinteraksi dengan notifikasi-notifikasi yang ditampilkan secara lebih interaktif.

7. Dukungan Komplit

Mengemas berbagai macam keunggulan di sisi kinerja, kamera, hingga daya, realme C67 menariknya tidak melupakan fitur-fitur penunjangnya. Perangkat tersebut masih membawa dukungan yang lumayan komplit.

Tak hanya hadir dengan dukungan seperti sensor pemindai sidik jari, akselerometer, giroskop, dan jack audio 3,5mm. Perangkat tersebut juga tercatat membawa beberapa fitur tambahan yang sangat menarik untuk rentang harganya seperti NFC maupun speaker stereo.

Kekurangan realme C67

1. Sektor Kamera Masih Kalah Lengkap

Sayang meskipun membawa dukungan kamera yang tergolong terbaik di kelasnya, konfigurasi lensa realme C67 masih kalah jika dibandingkan dengan pesaingnya. Perangkat tersebut hanya mengandalkan tambahan berupa sensor kedalaman saja.

Padahal jika melihat beberapa ponsel yang meluncur di rentang harganya, sudah banyak yang mengganti sensor ini dengan lensa makro di mana menurut Saya pribadi bakal lebih berguna. Bahkan sebagian di antaranya sudah ada yang menggunakan lensa ultrawide.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar