ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan iQOO 12 5G, HP dengan Monster di Dalamnya!

Kelebihan dan Kekurangan iQOO 12 5G - Header

Gadgetren – Sebagai ponsel pertama yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, iQOO 12 yang telah saja diluncurkan tentu dapat menjadi pilihan tepat jika kita memerlukan perangkat berkinerja tinggi.

Ponsel monster ini apalagi juga dibanderol lumayan terjangkau ketimbang perangkat flagship pada umumnya. Kita bahkan secara khusus sudah bisa membawanya pulang ke rumah hanya dengan dana Rp10.999.000 di mana sudah termasuk berbagai macam bonus jika ikut sesi pre-order.

Di samping itu, iQOO 12 juga membawa berbagai macam keunggulan yang membuatnya semakin layak diperhitungkan. Hanya saja kita pun tetap perlu menyadari bahwa perangkat ini memang belum sempurna karena masih memiliki sejumlah kekurangan.

Kelebihan iQOO 12 5G

1. Bawa Chipset Paling Mutakhir

Hadir dengan Snapdragon 8 Gen 3, dapur pacu iQOO menjadi salah satu kelebihan utamanya. Chipset papan atas dari Qualcomm tersebut soalnya menjanjikan berbagai macam dukungan paling mutakhir khususnya ketika artikel diterbitkan.

Sedikit informasi, Snapdragon 8 Gen 3 merupakan chipset 4nm delapan inti yang dibangun berdasarkan arsitektur ARM Cortex-X4, Cortex-A720, dan Cortex-A520 dengan kecepatan maksimal 3,3GHz. Pemroses grafisnya pun sudah menggunakan Qualcomm Adreno 750 yang mendukung teknologi ray tracing.

Di atas kertas, chipset ini mempunyai kinerja inti 30 persen lebih baik dibandingkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang sebelumnya sudah sangat bertenaga. Diikuti juga kemampuan pemrosesan grafisnya yang mana mengalami peningkatan hingga 25 persen.

Berbekal Snapdragon 8 Gen 3, iQOO 12 bakalan cocok buat kita yang gemar bermain game berat. Perangkat satu ini apalagi juga dilengkapi dengan Custom Supercomputing Chip Q1 yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan gaming sebuah ponsel.

Custom Supercomputing Chip Q1 sendiri menawarkan berbagai fitur seperti Game Super Resolution, Game Super Frame Rate, Game Display Enhancement, hingga Game Super Touch Control. Adapun sebagian di antaranya berfungsi untuk meningkatkan kualitas grafis maupun kontrol.

Ditambah lagi untuk mengakomodasi kebutuhan bermain game, iQOO di sisi lain juga tercatat mengemas 6K Vapor Chamber Four-Zone Cooling System. Sistem pendingin baru tersebut menjanjikan kontrol suhu yang baik sehingga perangkat tidak cepat panas.

2. Konfigurasi Memori Sangat Besar

Konfigurasi memori yang diusung oleh iQOO 12 juga terlihat cukup menggoda. Selain sudah menggunakan RAM bertipe LPDDR5X dan penyimpanan UFS 4.0 yang tergolong paling baru, kapasitas yang ditawarkan juga terbilang sangat besar.

RAM yang digunakan oleh iQOO 12 sudah berkapasitas 16GB. Jika terasa masih kurang, kita pun memperluasnya dengan tambahan memori virtual hingga 16GB menggunakan fitur Extended RAM. Jadi bermain game berat atau mengerjakan banyak tugas sekaligus (multitasking) dengan perangkat ini bisa terus berjalan lancar.

Sementara untuk media internalnya, iQOO 12 membawa penyimpanan UFS 4.0 dengan kapasitas sebesar 512GB. Bakalan cukup untuk menampung banyak data mulai dari foto, video, hingga dokumen maupun memasang berbagai aplikasi dan game.

3. Baterai Besar Disokong Pengisian Super Cepat

Beraktivitas dengan menggunakan iQOO 12 baik itu bekerja, menikmati hiburan, hingga bermain game sekalipun bisa terasa lebih tenang. Kita tak perlu khawatir bakal cepat kehabisan daya karena perangkat ini hadir dengan baterai berkapasitas besar.

iQOO 12 tercatat membawa baterai sel ganda yang mempunyai ukuran ringkas tetapi berkapasitas setara dengan 5.000mAh. Dikombinasikan dengan Snapdragon 8 Gen 3 yang secara teknis mampu bekerja secara lebih efisien, perangkat ini bakalan mempunyai siklus pemakaian berdurasi panjang.

Sama seperti generasi sebelumnya, baterai iQOO 12 menariknya juga dilengkapi dengan dukungan pengisian daya hingga 120W. Perangkat ini makanya bisa terisi lebih cepat sehingga kita pun dapat segera memakainya untuk beraktivitas.

4. Layar Bakal Memanjakan Mata

Bagian layar juga menjadi salah satu keunggulan yang membuat iQOO 12 tak boleh kita lewatkan. Teknologi panel yang digunakan oleh perangkat ini soalnya siap memanjakan mata para pengguna dengan kemampuan terbaik dalam penayangan konten.

Secara khusus, iQOO 12 meluncur dengan membawa layar LTPO AMOLED yang membentang hingga seluas 6,78 inci. Panel tersebut unggul karena mempunyai tingkat kecerahan sangat tinggi di mana diklaim mampu menyentuh angka 3.000 nits.

Panel yang digunakan iQOO 12 di sisi lain juga mempunyai resolusi hingga 2800 × 1260 piksel sehingga bakalan mampu menayangkan gambar secara lebih tajam. Pengaturan refresh rate miliknya juga akan mampu mengikuti setelan tertinggi konten di masa sekarang karena mendukung sampai 144Hz.

Jangan dilupakan juga bahwa perangkat ini pun membawa sertifikasi dari SGS untuk tingkat paparan cahaya biru rendah. Jadi kita tidak perlu khawatir mata akan cepat lelah saat menatap layar iQOO 12 dalam durasi yang lumayan lama.

5. Didukung Konfigurasi Kamera Menarik

Selain menawarkan kinerja yang sangat mumpuni, iQOO 12 juga mempunyai konfigurasi kamera yang menarik. Perangkat ini dipersenjatai dengan lensa utama 50MP yang dikombinasikan bersama lensa ultrawide 50MP serta telefoto 64MP.

Lensa utamanya menggunakan sensor OmniVision OV50H berukuran 1/1,3 inch yang disebut Kamera Astrografi. Didampingi oleh teknologi PureCel Plus-S, OIS, dan EIS, kemampuannya pun sangat baik dalam menghasilkan foto maupun video.

Kamera ultrawide milik iQOO 12 pun mendukung pengambilan gambar dengan sudut pandang lebih luas, yaitu sampai 119 derajat. Sementara lensa telefotonya mampu diperbesar hingga 3 kali secara optik atau 100 kali secara digital mengandalkan Neural Image Computational Engine (NICE).

Kekurangan iQOO 12 5G

1. Pelindung Layar Dipertanyakan

Meskipun dibanderol dengan harga lebih dari Rp10 juta, keandalan proteksi layar dari iQOO 12 sangat perlu dipertanyakan. Anak perusahaan vivo ini mengembangkan tidak mengungkapkan teknologi lapisan pelindungnya.

Sebagai pembanding, kebanyakan ponsel yang dijual dengan rentang harga serupa umumnya sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung layar terpercaya. Sebagian di antaranya bahkan sudah ada yang menggunakan Corning Gorilla Glass Victus 2.

2. Tidak Mendukung Micro SD dan Jack Audio

Perangkat iQOO 12 juga dikembangkan mengikuti tren yang berkembang di masa sekarang. Selayaknya ponsel-ponsel yang menyasar kelas menengah ke atas secara umum, perangkat satu ini juga menghilangkan dukungan untuk Micro SD maupun jack audio.

Oleh karena itu, kita yang memerlukan penyimpanan yang lebih besar perlu mencari alternatif lain seperti berlangganan layanan awan. Kita yang mau mendengarkan musik, menonton video, atau bermain game dengan earphone pun harus membeli perangkat nirkabel atau kabel konverter.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar