ASUS TUF Gaming FX507
Berita Wearable

Hands-On Garmin MARQ Gen 2 Carbon Collection: Smartwatch Mewah Bertabur Fitur Menarik

Hands-On Garmin MARQ Gen 2 Carbon Collection: Smarwatch Mewah Bertabur Fitur Menarik

Gadgetren – Baru-baru ini saya berkesempatan untuk mencoba langsung Garmin MARQ Gen 2 Carbon Collection. Smartwatch ini hadir di Indonesia dengan dua versi yang terdiri dari MARQ Golfer Gen 2 – Carbon Edition seharga Rp52.999.000 dan MARQ Athlete Gen 2 – Carbon Edition seharga Rp49.999.000.

Dari dus penjualannya sudah langsung terlihat eksklusif karena berbahan logam sehingga membuatnya paket penjualan terlihat premium. Di dalam dus MARQ Golfer Gen 2 – Carbon Edition terdapat 1 unit smartwatch, 3 unit Approach CT10, tambahan strap atau strap silikon berwarna hitam, kabel charger USB Type-C / magnetik, dan buku panduan.

Sementara di dalam dus MARQ Athlete Gen 2 – Carbon Edition terdapat 1 unit smartwatch, HRM-Pro Plus Heart Rate Monitor, kabel charger USB Type-C / magnetik, dan buku panduan.

Garmin MARQ Golfer Gen 2 - Carbon Edition

Approach CT10 sendiri dapat disematkan pada bagian atas gagang stik Golf sehingga dapat memantau permainan Golf penggunanya sehingga nantinya akan diberikan informasi statistik dan diberikan sugesti untuk meningkatkan akurasi pukulan ketika bermain Golf menjadi lebih baik.

Nantinya Approach CT10 ini dapat terhubung dengan MARQ Golfer Gen 2 – Carbon Edition menggunakan kombinasi Bluetooth sehingga data saat kamu menggunakan stik Golf yang ditampilkan pada layar jam dengan akurat.

Selanjutnya, HRM-Pro Plus Heart Rate Monitor dapat diikat di bawah dada pengguna untuk bisa mendapatkan data mengenai detak jantung secara real-time, langkah, kalori yang terbakar, menit intensitas, dan banyak lagi.

Garmin MARQ Athlete Gen 2 - Carbon Edition

Bagi kamu yang hobi berolahraga maupun profesional, tentunya HRM-Pro Plus Heart Reat Monitor ini cocok untuk menjaga kebugaran dan performa selama beraktivitas. Untuk mendapatkan data yang akurat, tentunya perangkat ini dapat dihubungkan ke MARQ Athlete Gen 2 – Carbon Edition.

Secara desain, tampilan kedua smartwatch MARQ Gen 2 Carbon Collection ini mempunyai memiliki bezel dan rangka memiliki bahan yang terbuat dari 130 lapisan Fused Carbon Fiber sehingga membuatnya terlihat memiliki pola garis-garis yang menarik.

Meskipun begitu rangka belakang dari semua smartwatch seri ini menggunakan bahwa Titanium Grade 5 yang kokoh dan ringan. Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 1,2 inci dengan teknologi AMOLED dan resolusi 390 x 390 piksel yang mampu menampilkan konten berwarna secara terang serta jernih.

Garmin MARQ Athlete Gen 2 Carbon Edition - Watch Face

Pada saat menyematkannya dalam pergelangan tangan saya, MARQ Gen 2 Carbon Collection terasa masih ringan walaupun secara kasat mata bodinya terlihat agak tebal. Saya pun secara nyaman dapat melihat konten yang ditampilkan pada layar semua smartwatch ini.

Adapun untuk navigasi perpindahan dan pemilihan menu, dapat saya lakukan dengan menggunakan sentuhan jari. Sementara terdapat tiga tombol di sebelah kiri dan dua tombol di sebelah kanan yang memiliki fungsi berbeda-beda pada MARQ Gen 2 Carbon Collection.

Meskipun memiliki desain yang sama, namun saya dapat membedakan kedua versi smartwatch ini karena MARQ Golfer Gen 2 – Carbon Edition memiliki garis hijau di sebelah tombol Start / Stop yang berada di bagian kanan atas. Sedangkan MARQ Athlete Gen 2 – Carbon Edition mempunyai garis berwarna kuning di bagian tersebut.

Perlu dicatat bahwa semua versi MARQ Gen 2 Carbon Collection sudah dilengkapi dengan lensa kaca safir berkubah yang tahan terhadap goresan sehingga dapat melindungi layarnya dan tentunya tampilan konten dapat terlihat dengan jernih.

Menurut saya, desain yang dibawa oleh MARQ Gen 2 Carbon Collection ini tampak stylish dan gagah ketika sudah dipakai di pergelangan tangan.

Tali bawaan dari MARQ Golfer Gen 2 – Carbon Edition ini menggunakan bahan kulit di bagian luar dan FKM (Fluorine Kautschuk Material) Rubber di bagian dalamnya. Hal ini dimaksudkan agar penggunaannya terlihat stylish, namun nyaman ketika menyentuh kulit pergelangan tangan pengguna.

Namun apabila pengguna tidak suka dengan tali bawaannya, maka dapat menggunakan tali tambahan yang tersedia dalam dus penjualan yang menggunakan bahan silikon untuk di bagian luar dan dalamnya.

Sedangkan untuk tali bawaan MARQ Athlete Gen 2 – Carbon Edition sudah menggunakan bahan silikon untuk bagian luar dan dalamnya sehingga membuat jam ini terasa ringan ketika disematkan pada pergelangan tangan.

Menariknya semua smartwatch ini sudah memiliki beragam aplikasi untuk olahraga yang lengkap dan rinci, mulai dari aktivitas berjalan, berlari, berenang, bersepeda, mendayung, mendaki gunung, ski, berselancar, memanjat tebing, dan masih banyak lagi.

Untuk mendukung aktivitas olahraga tingkat lanjut yang lebih imersif dan intens, semua MARQ Gen 2 Carbon Collection ini sudah dilengkapi dengan GPS multi-band dengan teknologi SatIQ, peta TopoActive, resor ski, navigasi point-to-point, mode UltraTrac, Tracback, ClimbPro Ascent Planner, dan Outdoor Maps+ (perlu berlangganan).

Sementara data kebugaran dan kesehatan menjadi lebih terperinci karena hadirnya fitur Morning Report, pemantauan tingkat tidur lanjut, Sleep Score, pelacakan stress sepanjang hari, Pulse Ox, jetlag adviser, VO2 Max, Nexfork Map Guide, dan pemantauan energi Body Battery.

Garmin MARQ Golfer Gen 2 Carbon Edition - Golf Feature

MARQ Golfer Gen 2 – Carbon Edition mempunyai fitur unggulan untuk membantu para pegolf bersiap menghadapi round terbaik setiap mereka bertanding persahabatan maupun turnamen profesional.

Bahkan pada fitur Golf MARQ Golfer Gen 2 – Carbon Edition sudah dilengkapi dengan lebih dari 43.000 peta lapangan golf dari seluruh dunia. Terdapat Virtual Caddy memberi pemain rekomendasi club berdasarkan data angin, ketinggian, dan ayunan mereka.

Sementara shot dispersion chart baru pada fitur Golf dengan cepat dapat menunjukkan hazard yang mungkin terjadi tergantung pada stik Golf yang dipilih. Memanfaatkan fitur PlaysLike Distance yang ditingkatkan memungkinkan pegolf mengetahui seberapa jauh setiap pukulan dengan jarak yard yang disesuaikan dengan perubahan ketinggian dan kondisi lingkungan.

MARQ Gen 2 Carbon Collection dapat terhubung dengan handphone melalui koneksi Bluetooth. Saya pun turut mengunduh aplikasi Garmin Connect agar semua data aktivitas kebugaran dan kesehatan dari smartwatch dapat dilihat secara rinci serta akurat di handphone.

Pihak Garmin mengklaim bahwa semua versi MARQ Gen 2 Carbon Collection ini dapat bertahan selama 20 jam ketika mode Multi Band + All Satellite Systems, 32 jam mode All Satellite Systems, 42 jam mode GPS saja, 16 hari mode smartwatch, atau 21 hari mode hemat baterai.

Garmin MARQ Gen 2 Carbon Collection - Back

MARQ Golfer Gen 2 dan MarQ Athlete Gen 2 – Carbon Edition diklaim mampu tahan di dalam air hingga kedalaman 10 ATM atau 100 meter. Terdapat juga fitur yang dapat mendeteksi insiden terhadap pengguna dan dapat memberikan pertolongan dengan menghubungi nomor kontak darurat yang telah diatur sebelumnya.

Menurut saya, smartwatch MARQ Gen 2 Carbon Collection ini cocok digunakan oleh kamu yang hobi olahraga maupun profesional untuk menunjang aktivitas olahraga dengan intens. Apalagi MARQ Golfer Gen 2 – Carbon Edition mempunyai fitur Golf yang sangat lengkap dan rinci untuk meningkatkan performa bermain golf dari waktu ke waktu.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar