ASUS Zenbook DUO UX8406
Rekomendasi

6 MiFi Telkomsel Terbaik Biar Akses Internet Lebih Fleksibel

Mifi Telkomsel Terbaik - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Dengan hadirnya berbagai model MiFi, kita yang mempunyai mobilitas tinggi kini dapat lebih mudah memperoleh koneksi internet untuk mengerjakan rutinitas harian di mana dan kapan saja.

MiFi memungkinkan kita terhubung ke internet tanpa terus bergantung kepada sambungan WiFi. Prinsip kerjanya mirip berbagi jaringan seluler melalui tethering tetapi tersedia dalam bentuk perangkat khusus sehingga tidak akan membebani ponsel, tablet, atau laptop yang menggunakannya.

Di sisi lain, ada banyak perangkat yang kini tersedia di pasaran. Sebagian model bahkan sudah secara khusus dibundel atau dipasarkan bersama produk-produk dari operator seluler. Adapun di antaranya termasuk deretan MiFi Telkomsel terbaik berikut.

1. HUAWEI E5576

Mifi Telkomsel Terbaik - HUAWEI E5576

HUAWEI E5576 menjadi salah perangkat yang bisa dipertimbangkan. Perangkat MiFi ini apalagi juga tersedia dalam bundel penjualan khusus dari Telkomsel Orbit, yaitu produk layanan internet rumah berbasis jaringan seluler dari Telkomsel.

Disebut juga sebagai Orbit Mifi H1, HUAWEI E5576 dapat dibeli dengan harga mulai dari kisaran Rp699.000 untuk bundelnya di Tokopedia. MiFi ini juga tersedia dalam versi unlock yang mana mendukung layanan dari operator selain Telkomsel Orbit.

Perangkat ini sudah menggunakan teknologi WiFi 802.11 b/g/n dengan antena 1×1 MIMO yang mendukung pita jaringan 2,4GHz. Di atas kertas, kita pun dapat menggunakannya untuk menyediakan koneksi internet untuk 16 perangkat sekaligus.

Untuk kecepatan aksesnya, HUAWEI E5576 sudah mendukung LTE Category 4. Jadi perangkat MiFi satu ini secara teknis bakalan mampu bekerja dengan bandwidth hingga 150Mbps untuk download atau 50Mbps untuk upload.

Selain mempunyai bodi yang berukuran ringkas di mana hanya berdimensi 100mm x 58,2mm x 14mm, perangkat ini juga dilengkapi dengan baterai 1.500mAh. Kita pun dapat memakainya dengan bebas tanpa terhubung ke pengisi daya hingga selama 6 jam.

2. HKM M21

Mifi Telkomsel Terbaik - HKM M21

Turut tersedia sebagai pilihan modem yang ditawarkan dalam layanan Telkomsel Orbit, HKM M21 juga termasuk salah satu MiFi terbaik untuk mengakses jaringan internet secara fleksibel. Kita pun dapat meminangnya di Tokopedia dengan harga bundel kisaran Rp609.000.

MiFi yang mempunyai nama lain Orbit Mifi N1 ini juga mendukung WiFi 802.11 b/g/n dengan pita jaringan 2.4GHz dan LTE Category 4. Kita pun dapat menggunakan HKM M21 untuk membagikan koneksi internet secara nirkabel ke 10 perangkat sekaligus.

Yang cukup menarik, perangkat ini mempunyai baterai dengan kapasitas penyimpanan daya 2.050mAh yang mana lebih besar daripada HUAWEI E5576. Jadi secara teknis bakalan mampu bertahan lebih lama saat pemakaian sehari-hari.

Sama seperti HUAWEI E5576, perangkat ini juga mempunyai versi unlock yang mendukung lebih banyak layanan. Sementara kita yang membelinya bersama bundel dari Telkomsel Orbit berkesempatan untuk memperoleh bonus kuota sebesar 15GB selama 60 hari.

3. HKM M22

MiFi Telkomsel Terbaik - HKM M22

HKM M22 yang menjadi upgrade dari HKM M21 juga patut dipertimbangkan saat kita memerlukan perangkat MiFi. Hanya saja kita memang perlu mengeluarkan dana lebih banyak karena perangkat ini dibanderol dengan kisaran harga Rp659.000 di Tokopedia.

Hanya saja dengan banderol harga yang lebih mahal, perangkat yang disebut juga dengan Orbit Mifi N2 ini menawarkan tambahan sebuah panel LCD interaktif. Jadi kita bisa dengan mudah untuk mengecek berbagai macam indikator.

Di samping penambahan layar interaktif tersebut, spesifikasi yang ditawarkan oleh perangkat ini tidak jauh berbeda dengan HKM M21. HKM M22 dalam hal ini juga masih mendukung WiFi 802.11 b/g/n, pita jaringan 2.4GHz, maupun LTE Category 4.

Baterai yang diusung oleh HKM M22 juga mempunyai penyimpanan daya berkapasitas sebesar 2.050mAh. Kita selain itu pun dapat memakainya untuk menghubungkan hingga 10 perangkat sekaligus ke layanan internet.

4. ZTE MF920US

MiFi Telkomsel Terbaik - ZTE MF920US

Opsi MiFi Telkomsel terbaik berikutnya adalah ZTE MF920US. Perangkat ini juga dijual dalam bundel Telkomsel Orbit dengan nama Orbit Mifi Z1. Kita secara khusus dapat meminangnya dari Tokopedia dengan kisaran harga Rp699.000.

Salah satu keunggulan dari MiFi ini terletak dari jumlah pengguna yang didukungnya. Berbeda dari perangkat-perangkat sebelumnya yang hanya mendukung pemakaian sampai 16 atau 20 perangkat, ZTE MF920US dapat mengakomodasi hingga 32 perangkat.

Kita juga dapat mempertimbangkannya karena perangkat ini juga menggabungkan beberapa keunggulan dari MiFi yang sebelum-sebelumnya. Termasuk di antaranya seperti hadir dengan layar LCD maupun baterai berkapasitas daya sebesar 2.050mAh.

Ditunjang dengan WiFi 802.11 b/g/n, pita jaringan 2.4GHz, maupun LTE Category 4, dan antena 2×2 MIMO LTE, perangkat satu ini juga mendukung bandwidth hingga 150Mbps untuk download dan 50Mbps untuk upload. Terdapat juga bonus kuota sebesar 15GB untuk 60 Hari jika membelinya lewat bundel penjualan Telkomsel.

5. Prolink PRT7011L

MiFi Telkomsel Terbaik - Prolink PRT7011L

Alternatif lain, kita juga dapat mempertimbangkan Prolink PRT7011L. Hanya saja kita tidak dapat menjumpainya dalam bundel dari Telkomsel. MiFi satu ini tersedia dalam versi unlock sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam operator.

Prolink PRT7011L dapat dipinang melalui Tokopedia dengan kisaran harga Rp700.000. Kita dapat meminang perangkat ini untuk dipasangkan bersama dengan kartu layanan dari Telkomsel atau operator seluler Indonesia yang lain.

Tidak jauh berbeda dari kebanyakan MiFi sebelumnya, perangkat ini juga mendukung kecepatan akses dengan bandwidth hingga 150Mbps untuk download. Prolink PRT7011L di sisi lain juga mendukung pemakaian hingga 16 perangkat secara bersamaan.

Membawa dukungan baterai dengan kapasitas penyimpanan daya hingga 2.000mAh, Prolink PRT7011L dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet dalam durasi lama. Prolink secara khusus mengklaim bahwa perangkat ini bahkan bisa bertahan hingga 10 jam pemakaian.

6. ADVAN iPocket MF01

MiFi Telkomsel Terbaik - ADVAN iPocket MF01

Sebagai opsi yang paling terjangkau, kita pun dapat melirik ADVAN iPocket MF01 jika memerlukan MiFi untuk beraktivitas. Kita secara khusus sudah dapat meminang perangkat ini melalui halaman Tokopedia dengan harga kisaran Rp499.000.

Perangkat ini mirip seperti Prolink PRT7011L karena tidak tersedia dalam bundel khusus Telkomsel melainkan hadir dengan versi unlock untuk semua operator. Meskipun begitu pada beberapa paket penjualannya, ADVAN iPocket MF01 juga menawarkan bonus kartu by.U.

ADVAN iPocket MF01 di sisi lain juga membawa dukungan yang hampir sama dengan beberapa MiFi sebelumnya meskipun harga lebih murah. Perangkat ini di antaranya sudah menggunakan WiFi 802.11 b/g/, antena MIMO 2×2, maupun pita jaringan 2.4GHz.

Secara khusus, perangkat ini menariknya membawa baterai berkapasitas 2.500mAh yang mana lebih besar dari berbagai MiFi sebelumnya. ADVAN iPocket MF01 juga mendukung teknologi LTE Category 4 yang menawarkan bandwidth hingga 150Mbps untuk download dan 50Mbps untuk upload.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar